Mengapa Kulit Anda Perlu Untuk Bernafas?

wanita kulit hitam berwajah ceria melakukan presentasi kepada pria berjas dan wanita

Manusia itu bernafas dengan hidung. Kita menghirup oksigen dari udara melalui hidung yang kemudian dikirim ke paru-paru. Oksigen kemudian diedarkan melalui pembuluh darah keseluruh tubuh. Tapi akhir-akhir ini ada iklan kosmetik yang menyampaikan pesan kalau kulit kita perlu bernafas. Maksudnya apa?


Lisa Chipps, seorang dermatologis yang dikutip oleh nadiladara (editorial.femaledaily.com), menjelaskan kalau sel kulit mendapatkan oksigen dari pembuluh darah di dalam tubuh. Lapisan terluar dari kulit manusia adalah sel kulit mati dan hanya sel kulit yang sehat yang bekerja setiap hari.


Kulit yang sehat tidak hanya membuat seseorang menjadi menarik tetapi juga bisa melawan radikal bebas.


Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya. Jika kita terserang radikal bebas maka kita dapat terkena penyakit seperti kanker dan penuaan.


Penuaan terjadi karena regenerasi kulit tidak berproses dengan semestinya. Sel-sel kulit yang mati tidak terangkat sehingga menutupi sel-sel kulit baru. Karena itu kulit yang terlihat kusam. Jika seseorang menegur dan menyampaikan kulit kita terlihat kusam maka waspadalah. Kulit kusam merupakan tanda bahwa kulit kekurangan kesempatan untuk bernafas sehingga regenerasi kulit tidak berjalan.


Saat ini baik pria maupun wanita berusaha agar tidak terlihat tua. Apalagi mereka yang bertugas sebagai marketer di sebuah perusahaan. Memiliki wajah yang menarik menjadi sebuah hal wajib yang dilakukan.


Salah satu cara untuk membuat wajah menarik dan tidak terlihat adanya tanda-tanda penuaan adalah dengan menggunakan kosmetik. Bagi wanita yang berprofesi sebagai tenaga pemasaran di sebuah perusahaan menemui klien dengan wajah yang full makeup seperti sebuah keharusan.


Ada ungkapan do not judge the book by it’s cover, jangan nilai buku hanya dari sampulnya. Tapi realitanya orang akan lebih menerima pemaparan atau edukasi produk dari mereka yang memiliki wajah yang cerah dibandingkan dengan mereka yang berwajah kusam dan berjerawat.


Rekan-rekan wanita di kantor saya sendiri setidaknya memoleskan beberapa jenis kosmetik setelah sampai dikantor. Foundation, bedak, lipstik, maskara dan berbagai bentuk dan jenis alat kecantikan sudah tersedia di atas meja. Terkadang mereka saling meminjamkan alat kosmetik jika salah seorang kehabisan atau ketinggalan alat yang dibutuhkan. Dan ini tidak hanya dilakukan oleh teman-teman wanita yang bertugas sebagai marketing.


Mereka yang bertugas sebagai marketing bahkan lebih sering memoles wajah dengan kuas dan lipstik. Polesan pertama ketika baru sampai kantor, seperti teman-teman lainnya. Polesan kedua ketika akan berangkat menuju tempat klien. Sebelum berangkat berkaca dulu melihat ada yang kurang dari makeup yang telah dilakukan. Kalau kurang tinggal “touch up”. Polesan ketiga ketika sampai ke tempat klien sebelum presentasi. Dan polesan keempat ketika melaporkan hasil kepada top management (jika diperlukan progress hari itu juga).


Ribet jadi wanita karir, pikir saya.


Soalnya kalau urusan muka, teman-teman marketer pria saya lihat cuma membutuhkan sabun muka, sisir, dan pome atau krim rambut.


Karena begitu detailnya wanita dalam menjaga penampilan dengan beragam alat kosmetik yang mereka butuhkan tidak jarang teman-teman saya mendapatkan wajah mereka berjerawat.


Penyebab jerawat yang banyak disampaikan oleh pakar kulit ataupun iklan produk kesehatan / kosmetik adalah pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran maupun radikal bebas. Makeup dan paparan asap rokok merupakan dua penyebab tersumbatnya pori-pori kulit kita. Oleh karena itu kita harus mencegahnya.


Berusaha menjaga wudhu setiap waktu, seperti yang dinasehatkan oleh ustadz-ustadz kondang, merupakan salah satu cara untuk membersihkan pori-pori kulit. Sayangnya untuk teman-teman wanita kosmetik yang telah mereka gunakan tidak terangkat sepenuhnya dengan air. Maka cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan wajah adalah menggunakan Nivea MicellAIR skinbreath.

wanita sedang mencuci muka dengan air

Nivea MicellAIR merupakan cleanser wajah yang dapat digunakan dengan praktis. Teman-teman bisa simak ulasan dan cara penggunaan produk pembersih wajah tersebut melalui link https://www.nivea.co.id/article/beri-kesempatan-kulit-bernafas.


Sudahkah kita memberikan kesempatan kulit bernafas hari ini?

Post a Comment

0 Comments