Gila! 20 Orang Menggawangi Sebuah Pabrik

Pabrik identik dengan tenaga kerja kasar yang berjumlah ribuan yang menghasilkan barang jadi atau semi barang jadi. Beda dengan konotasi diatas pabrik yang satu ini justru hanya memiliki 20 orang saja untuk mengeluarkan produk yang dikonsumsi masyarakat.

Pabrik itu bernama Pabrik Ide Kreatif Uya Kuya. Usaha yang dijalankan oleh mantan vokalis Tofu ini sekarang banyak bekerjasama dengan ini house production televisi nasional. Terlepas dari pro dan kontra mutu acara, si pemilik membuktikan jika  ia memang memiliki kemampuan yang sanggup membuat televisi bekerja sama.

Salah satu kunci sukses Uya Kuya dalam membuat sebuah program acara adalah data. Tidak sembarang data yang ia berikan kepada stasiun televisi. Data yang ia berikan sangat detail hingga membuat para pemilik kebijakan di stasiun-stasiun televisi berdecak kagum dan memutuskan untuk bekerjasama dengan pemilik nama asli Surya Utama tersebut.

Kepada portal Swa Uya bahkan mengakui ia tidak hanya mempresentasikan data dari tim Pabrik Ide Kreatif Uya Kuya tetapi juga mengolah data yang dikumpulkan oleh timnya.

Google pun dalam beberapa artikelnya menekankan arti penting data bagi para webmaster. Dengan memahami data yang dikumpulkan dengan baik website yang kita kelola bisa melejit atau dalam bahasa sederhananya menjadi terkenal dan menguntungkan. Makanya dua produk google berikut sangat penting bagi digital marketer.

Pastinya blogger atau webmaster yang sudah berpengalaman tahu dua produk yang saya maksud. Produk itu adalah google search console dan juga google analytics. Bagi perusahaan yang mulai go digital dua tools ini sangat penting untuk memahami bagaimana produk (barang atau layanan) mereka diterima oleh masyarakat atau konsumen. Seperti misalnya untuk produk jasa keuangan seperti asuransi.

Salah seorang trainer ukm, Dewa Eka Prayoga, mengatakan: "Buatlah produk yang dibutuhkan orang". Produk yang dibutuhkan akan memastikan bisnis berjalan dibandingkan produk yang berasal dari ide sendiri tetapi belum diterima oleh masyarakat. Ujung dari usaha yang kita jalani adalah cukupnya kebutuhan untuk bertahan hidup dan membantu orang lain. Jika produk yang kita buat tidak diterima masyarakat maka dipastikan produk itu akan masuk kategori produk gagal dan efeknya akan membebani keuangan kita sendiri.

Jadi data di era digital sekarang merupakan hal yang penting. Smart memanfaatkan data yang dikumpulkan akan membuat pabrik ide Anda akan semakin menguntungkan.