Yuk Pelaku UKM Mulai Miliki Toko Online Sendiri


Pernah tidak Anda mendengar saran dari Jaya Setiabudi yang mengatakan, pemilik bisnis UKM jangan terlalu mengandalkan marketplace untuk menjual produk? Lebih tegas lagi mentor UKM di Indonesia menyarankan agar pebisnis UKM agar memiliki toko online-nya sendiri.

Kira-kira kenapa founder Yubi.id tersebut berpendapat demikian?

Ternyata ada rahasia-rahasia gelap yang tidak banyak diketahui oleh pebisnis UKM yang dilakukan oleh marketplace.

Rahasia-rahasia gelap marketplace ini diungkapkan oleh Mas J, begitu panggilannya, di kanal youtube miliknya. Dalam salah satu video beliau menyebutkan bahwa situs marketplace memiliki alat yang bernama algoritma dan database yang digunakan untuk mengeksploitasi penggunanya termasuk penjual.

Apa itu Algoritma?

Dikutip dari situs wikipedia, pengertian algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi rumit yang digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu.

Sedangkan database atau basis data atau pangkalan data adalah kumpulan data yang terorganisir yang umumnya bisa disimpan dan diakses secara elektronik melalui suatu sistem komputer.

Masalahnya marketplace tidak diberikan hak akses ke database untuk Anda sebagai pemilik produk.

Contoh kasus marketplace oren yang pernah diduga melakukan pembunuhan terhadap UKM di Indonesia. Marketplace oren mengumpulkan data produk, karakter pembeli, dan data penjual untuk digunakan menciptakan produk yang hampir sama dengan harga jual lebih murah dibandingkan produk UKM Indonesia lainnya.

Akibatnya akan terjadi perang harga di jenis produk yang sama, dan yang diuntungkan adalah pemilik marketplace. Karena transaksi di marketplace akan meningkat tetapi di sisi lain pemilik produk UKM laris akan dipaksa untuk memangkas margin harga jual.

Perang harga yang berlangsung di marketplace akan berdampak buruk bagi kelangsungan bisnis UKM.

Untuk menghindari perang harga dan kelangsungan bisnis UKM, Mas J menganjurkan para pemilik UKM untuk memiliki situs toko online sendiri.

Pada awal pendirian website sendiri, marketplace tidak harus ditinggalkan. Lebih lanjut, mentor yang kadang dipanggil Juragan ini, memberikan jalan sebagai berikut

Pemilik produk bisa tetap menggunakan marketplace dalam penetrasi pasar namun disarankan hanya digunakan untuk strategi jangka pendek. Untuk strategi jangka panjang pemilik UKM harus mengembangkan online store sendiri.

Caranya setiap penjualan terjadi di marketplace atau medsos, selipkan vocer diskon untuk pembelian produk di toko online sendiri. Sehingga tidak hanya toko online menjadi dikenal tetapi juga siap untuk meninggalkan marketplace.

Nah, bagaimana caranya memiliki website toko sendiri seperti yang disarankan oleh Mas J?

Ada banyak cara untuk memiliki website toko online sendiri karena saat ini untuk membuat website sederhana tidak lagi memerlukan pengetahuan teknologi informasi atau komputer.

Setidaknya ada beberapa platform yang memberikan kemudahan untuk membuat website toko online sendiri, beberapa diantaranya adalah

  1. Google Sites
  2. Google Business
  3. Wix
  4. Wordpress.com
  5. Blogger.com
  6. Cardd
  7. Webly
  8. Yubi

dan masih banyak lagi.

Masing-masing platform memiliki kemudahan penggunaan maupun kelemahannya sendiri dalam menggunakan dan mengembangkan bisnis UKM.

Pada artikel kali ini saya mencoba membahas satu platform yang menurut saya lebih mudah digunakan oleh pemula dalam membuat website dengan kategori toko online yaitu wordpress.com.

Kenapa saya merekomendasikan membuat website toko online di wordpress.com?

Platform wordpress merupakan platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website di dunia. Menurut data Automattic, perusahaan pemilik layanan wordpress.com, hampir 43% website yang kita temui di intenet menggunakan wordpress, baik itu website pemerintah, organisasi nirlaba, website personal, maupun website bisnis.

Kemudahan penggunaan dan pemeliharaan website merupakan salah satu daya tarik platform ini banyak digunakan oleh orang-orang di dunia. Selain kemudahan penggunaan, situs wordpress yang kita miliki bisa ditambahkan fitur-fitur khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh jika kita ingin membuat toko online sendiri, maka kita bisa menggunakan plugin wordpress bernama woocommerce.

Plugin ini dapat langsung diaktifkan melalui dashboard akun wordpress Anda. Syarat penggunaan plugin woocommerce di wordpress.com adalah Anda harus mendaftar di wordpress hosting bisnis.

Dengan mengambil plan wordpress bisnis, kita tidak repot mengelola server atau peladen. Wordpress.com sebagai penyedia layanan telah memberikan semua kemudahan dalam pemeliharaan ruang server dan database. Istilahnya sekarang adalah managed wordpress hosting atau hosting wordpress yang terkelola.

Sederhananya untuk urusan teknis pemeliharaan website serahkan ke tim wordpress.com, Anda sebagai pelaku bisnis cukup fokus membuat konten edukasi produk maupun informasi relevan lainnya kepada pelanggan atau calon pembeli serta melayani penjualan dan distribusi produk.

Kita tadi membicarakan database pelanggan yang menjadi milik sendiri, bagaimana dengan database di wordpress.com? Apakah bisa kita dapatkan akses kesana?

Tentu saja. Hanya saja ketika mendaftar kita harus memilih wordpress bisnis, bukan personal, profesional apalagi gratis.

Berapa harga plan wordpress bisnis? harga plan wordpress business

Yup. Tiga juta lebih.

Menurut saya harga plan ini terlalu mahal dibandingkan plan yang hampir serupa yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan web hosting yang saat ini saya gunakan, idcloudhost.com.

Namun dari pengalaman saya harga plan bisnis dari wp.com lebih masuk akal dibandingkan dengan plan dari idcloudhost.

Bukan saya memandang sebelah mata perusahaan hosting lokal, karena saya percaya kemampuan anak-anak negeri yang jauh dari berita arus utama. Tapi wp.com memiliki karyawan yang benar-benar fokus pada pelayanan web berbasis wordpress.

Idcloudhost meskipun memiliki layanan yang hampir sama namun mereka tidak fokus pada satu platform, yaitu wordpress. Perusahaan web hos ini harus berbagi layanan dengan platform-platform lain yang pastinya memiliki treatment berbeda dengan kebutuhan wordpress sendiri.

Saya juga pernah membaca artikel bahwa ada sebagian kecil dari anak-anak Indonesia yang bekerja sambilan sebagai happy engineer, istilah teknisi dan pelayanan pelanggan, disana.

Kekurangannya jika kita harus mengambil plan bisnis di wp.com selain harga yang cukup mahal tadi adalah anda harus bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Yup.

Bahasa Inggris tetap menjadi bahasa pengantar bagi pelanggan di wp.com, meskipun pengguna wordpress di Indonesia merupakan pengguna terbanyak kedua di dunia. Yah orang Indonesia pada umumnya lebih memilih menggunakan layanan gratis wordpress dibandingkan harus meningkatkan keanggotaan ke bisnis atau profesional.

Padahal banyak fitur yang bisa dimanfaatkan jika meningkatkan keanggotaan mereka. (Catat: Bagi yang sudah menghasilkan uang dari konten di blog wp.com tentunya)


Share my story