Kategori
sponsor

Manfaatkan Kartu Prakerja untuk Menambah Skill dan Peluang Kerja Kamu

Generasi muda milenial untuk saat ini dapat mewujudkan impiannya untuk bisa menguasai dunia kerja dengan memanfaatkan kartu prakerja yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Kartu prakerja adalah kartu yang bisa digunakan penduduk Indonesia yang sesuai dengan usia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Program kartu prakerja dapat dimanfaatkan untuk menambah skill yang dibutuhkan untuk beberapa pekerjaan nantinya.

Pemerintah sudah mempersiapkan dana kurang lebih 56 trilyun rupiah untuk menunjang pelatihan bagi para warga negara indonesia yang berumur 18 tahun tadi agar menemukan kompetensi masing-masing individu di dunia industri Indonesia.

Berita Kompas mengenai anggaran program kartu prakerja

Meskipun ada pro dan kontra di tengah masyarakat perihal peluncuran program unggulan, yang juga merupakan bagian dari janji kampanye Presiden dan Wakil Presiden – Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, ditengah maraknya kabar mengenai Pemutusan Hubungan Kerja dari beberapa perusahaan, kamu yang sudah lulus pendidikan formal (SMA/SMK/Universitas) sangat disarankan untuk mengikuti program pemerintah berupa kartu prakerja tersebut.

Setidaknya program kartu pra kerja yang dijalankan oleh pemerintah memiliki tujuan yang sangat baik seperti :

  1. Mencegah Angka Pengangguran yang Semakin Meningkat
    2019 angka pengangguran di Indonesia mencapai 7,05 juta dan diprediksi meningkat karena wabah covid-19 yang belum usai hingga saat ini.

    Tujuan diberlakukan kartu prakerja yaitu untuk melakukan pencegahan pada angka pengangguran yang semakin meningkat. Oleh karena itu pada saat seseorang belum mendapatkan pekerjaan maka bisa mengasah kemampuan yang ingin dimiliki supaya meningkatkan nilai jual di pasar tenaga kerja. Dengan menambahkan keahlian baru untuk melengkapi kemampuan yang dimiliki saat ini harapannya Anda akan menjadi kandidat yang sesuai dengan kebutuhan industri.

  2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Yang Masih Digunakan dalam Industri

    Jenis pelatihan yang hendak Anda pilih sebenarnya bebas. Mulai dari meningkatkan kemampuan Bahasa hingga membuat pempek palembang untuk dijual. Pelatihan yang diadakan pun banyak dilakukan secara online. Saran saya jika Anda memiliki kesempatan untuk menjadi pemegang kartu prakerja, jangan lupakan untuk mengikuti pelatihan EF Adults prakerja. EF merupakan lembaga pelatihan Bahasa Inggris yang sangat prestisius dengan tenaga pengajar yang berkualitas. Bahkan beberapa tenaga pengajar adalah native speaker yang akan membantu Anda untuk berkomunikasi layaknya orang bule asli.

  3. Tiga kelas kursus Bahasa Inggris Secara Online dari lembaga English First (EF) di program bantuan biaya pelatihan pemerintah

  4. Pemegang Kartu Prakerja dan Insentif Pelatihan

    Sebagai modal dan gaji kerja selama mengikuti pelatihan prakerja, maka pemerintah akan memberikan uang insentif yang akan diberikan pasca pelatihan. Tentunya hal ini tidak akan membuat Anda merasa khawatir meskipun sedang tidak bekerja dan sedang mengikuti pelatihan karena masihtetap bisa mendapatkan uang tambahan.

  5. Upskilling dan Re-Skilling

    Beruntunglah bagi Anda yang sudah mengembangkan skill melalui prakerja karena ketika memasuki dunia kerja sudah mempunyai skill sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan. Saat ini perusahaan mementingkan dan memprioritaskan calon pegawai yang mempunyai skill sesuai kebutuhan industri dibandingkan dengan calon karyawan yang tidak mempunyai skill.

Kartu prakerja tidak hanya dapat digunakan bagi diri seseorang yang berstatus pengangguran atau sedang mencari pekerjaan saja. Akan tetapi untuk Anda sebagai buruh, pegawai, maupun karyawan masih tetap bisa mengikuti kartu prakerja dari pemerintah tersebut. Oleh karena itu bersiap-siaplah untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja supaya lebih mudah dalam mencari pekerjaan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *