Hacking Template Toko Online Blogspot EasyCart

Blogger dengan Template Toko Online

Membuat toko online dengan blogspot bukanlah sebuah solusi yang ideal bagi seorang pemilik bisnis. Pengalaman saya membuktikan hal tersebut.


Meski terbilang murah, toko online dengan blogspot menyisakan banyak hal yang masih harus diperbaiki. Salah satunya yang paling saya rasakan adalah tidak mudahnya mengatur pembayaran dimana didalamnya terdapat rincian diskon dan biaya pengiriman (belum untuk pajak, kalau ternyata aturan pemerintah terbaru juga menyasar pada pedagang kecil seperti saya).


Toko Buku Online yang baru saja saya mulai menggunakan template toko online dari Sora Templates. Template toko online tersebut menggunakan jquery simplecart sebagai basis kode untuk menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan sebuah toko.


Fitur-fitur yang saya maksud antara lain:

  • Foto produk
  • Harga Produk
  • Laman Keranjang Belanja
  • Laman Checkout

Untuk laman checkout yang jika kita menggunakan wordpress + woocommerce pelanggan bisa langsung memilih kurir, memberikan diskon untuk pembelanjaan tertentu dan juga membebankan pajak kepada pembeli dan disertai dengan pengiriman invoice ke email pelanggan.


Sedangkan untuk toko online dengan blogger, apalagi menggunakan easy cart tanpa modifikasi, pilihan pembayarannya adalah dengan menggunakan paypal.


Pilihan pembayaran atau metode checkout bawaan template easycart membuat saya mencari solusi terbaik bagi calon pembeli. Apakah cocok penggunaan metode pembayaran dengan paypal di toko buku online saya?


Jika saya seorang pembeli, pilihan ini akan membuat saya tidak jadi melakukan pembelian. Kenapa? Saya tidak memiliki kartu kredit maupun kartu debit untuk melakukan transaksi. Pilihan saya sendiri adalah menggunakan transaksi tunai seperti transfer antar bank.


Untuk membuat transaksi kepada calon pembeli saya pun akhirnya menggunakan cara lama penjual online: Membuat form pemesanan yang akan diisi oleh pembeli. Meski tidak praktis seperti yang berlaku di marketplace, setidaknya solusi ini yang paling mungkin untuk saya lakukan bagi pembeli yang target demografinya di Indonesia.


Ada pilihan lain yang bisa dilakukan. Yaitu dengan menggunakan aplikasi pesan instant seperti facebook messenger, whatsapp, atau telegram. Hanya saja ketika saya mencoba untuk mengaplikasikan url link whatsapp, hal ini mesti dilakukan oleh calon pembeli yang mengakses toko dengan smartphone mereka.


Saya mencoba mengakses link whatsapp melalui komputer hasilnya tidak bagus. Saya diarahkan ke halaman browser yang menginformasikan link (URL) yang dituju tidak tersedia atau tidak bisa diakses. Meskipun saya sudah mengakses whatsapp web dengan browser yang sama (dan tab berbeda).


Selain merubah settingan pembayaran bawaan dari template buatan Sora, perubahan lain yang saya lakukan adalah mengubah schema markup template hingga setidaknya sesuai dengan tujuan. Pada template bawaan schema markupnya masih BlogPosting sedangkan tujuan pembuatan web baru adalah toko online. Meski tidak sempurna markupnya, masih kalah dengan viotoko milik mas Sugeng, saya berharap minimal laman produk di toko buku online saya sudah dipahami oleh google sebagai laman produk.


Teman-teman berminat dengan template easycart yang sudah saya modifikasi?


Fitur EASY CART:

  • Responsive
  • SEO Ready
  • Fast Loading
  • Support Fitur Desainer Tema Blogger

Saya menambahkan Schema Markup Product, dan menambahkan mata uang Rupiah untuk transaksi lokal.

Post a Comment

0 Comments