KENAPA TV LED CEPAT RUSAK? 6 ALASAN YANG TIDAK ANDA SADARI

gambar tv led rusak
Ilustrasi. Sumber gambar: pcbservis.blogspot.com
Sebelum membeli barang mahal seperti tv led pertanyaan yang sering muncul dibenak calon pembeli adalah:
Apakah TV LED cepat rusak?
TV LED Anda cepat rusak padahal belum lama dipakai. Bahkan anda pernah bertanya kenapa TV tabung lebih awet digunakan dibandingkan TV LED. Mungkin anda sempat menyesali kenapa anda sampai ikut-ikutan mengganti tv tabung lama dengan TV LED yang banyak dipromosikan saat ini.

Penyebab tv cepat rusak menurut praktisi elektronik profesional yang saya baca dalam Montirbox adalah karena kelalaian kita sendiri sebagai pemilik.

  • Usia panel tv led / layar memang lebih pendek dibandingkan dengan tv tabung (crt). Tips untuk menjaga agar tv led dapat tahan lama adalah menggunakannya dengan sebijak mungkin. Berikan tv istirahat setidaknya selama setengah jam jika tv led digunakan untuk menonton seharian ketika anda sedang rehat dari rutinitas kantor. Jika pada suatu waktu tiba-tiba sinyal yang didapat oleh antena blank dan menyebabkan gambar statis, segera matikan tv anda. Membiarkan tv tetap hidup selama beberapa jam dengan gambar statis akan menimbulkan jejak / bekas pada layar.
  • Lampu LED yang rawan putus. Sebab kedua yang menyebabkan tv led cepat rusak dikarenakan lampu led yang memberikan cahaya untuk layar/panel gampang putus atau mati. Sebaiknya usahakan tidak menggunakan lampu latar / backlight hingga batas maksimum.  Usahakan cukup mengatur pencahayaan setengah atau ¾ dari setingan maksimum.
  • Coba cek tv led anda apakah sudah dibekali dengan pendingin atau belum. Komponen IC yang tidak dilengkapi dengan peredam panas akan memperpendek usia IC.
  • Jalur menuju layar membutuhkan supply yang cukup tinggi sedangkan jalur PCB yang digunakan sangat halus.
  • TV LED sangat peka dengan naik turunnya arus listrik. Maka sebaiknya anda menggunakan stabilizer untuk menjaga agar lonjakan arus listrik yang tiba-tiba tidak membuat firmware tv led menjadi error. 
  • Jangan sampai layar tv led terkena benturan karena benturan itu akan merusak piksel pada layar. Jika hal ini terjadi maka tv led anda akan mati dan anda harus mengganti satu set panel dengan lengkap. Harga satu panel komplit tv led sangat mahal.
Selain dari usia pemakaian, penyebab tv led cepat rusak yang umum adalah dari kelalaian penggunanya sendiri dalam memelihara tv tersebut. Bahkan kita harus berhati-hati dengan benturan karena merupakan penyebab panel tv led rusak dan mengakibatkan biaya perbaikannya sama saja dengan membeli tv baru.
Semoga tulisan singkat ini bisa menjawab pertanyaan Anda mengapa tv led cepat rusak.