Skip to main content

CARA MENGHITUNG PREMI ASURANSI MOBIL

Cara menghitung premi asuransi mobil di Indonesia itu sebenarnya mudah. Apalagi sekarang regulator yang membawahi lembaga keuangan non bank yang bernama OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah menetapkan standar bagi rate asuransi kendaraan.
Bagi perusahaan asuransi yang memiliki portfolio penutupan asuransi kendaraan baik roda empat maupun roda dua, mungkin standarisasi rate asuransi kendaraan ini akan merugikan. Tapi untuk asuransi yang portofolio bisnis asuransi kendaraannya kecil aturan OJK tersebut akan sangat membantu untuk meningkatkan persaingan dengan perusahaan yang mapan.
Menghitung premi asuransi kendaraan roda empat atau mobil itu kalau menurut saya paling mudah untuk dilakukan. Rumusnya hanya mengalikan harga kendaraan dengan rate asuransi beserta jangka waktu asuransi yang diinginkan. Untuk total pembayaran premi, kita tinggal menambahkan biaya administrasi yang ditetapkan perusahaan asuransi dan juga bea materai yang digunakan.

Gambarannya seperti ini premi murni = (tsi x rate x periode asuransi) + bea admin + bea materai.
Jadi misalnya harga kendaraan saat ini adalah 750 juta rupiah, rate yang dikenakan untuk kendaraan dengan harga tersebut adalah 2% untuk jangka waktu asuransi 1 tahun. Maka hitungannya jadi 750 juta x 2% x 1 maka didapat premi 15 juta rupiah. Ini baru premi murni sebelum menjadi polis.
Ketika seseorang mengkonfirmasi atau menyetujui akan membayar premi asuransi dengan nilai 15 juta tersebut, maka biaya tambahan akan dimasukkan yaitu bea administrasi dan bea materai. Kedua bea yang ditambahkan belakangan ini bervariasi untuk setiap perusahaan dan dalam skrip yang saya coba kembangan dibawah setidaknya saya berhasil membuat kode itu berjalan sesuai dengan yang saya inginkan sementara, yaitu menghasilkan total premi yang harus dibayarkan calon peserta asuransi kepada perusahaan.
Masih banyak parameter atau faktor lain yang ingin saya tambahkan. Seperti jenis asuransinya (all risk atau TLO), jenis kendaraannya (roda dua atau roda empat) dan juga untuk menghasilkan short period insurance. Tapi yang paling dekat yang harus saya tambahkan adalah format kalkulator penghitung premi asuransi mobil ini.



Cara menggunakan aplikasi sederhana ini sebagai berikut:
1. Isi harga kendaraan sesuai dengan harga kendaraan Anda saat ini
2. Isi rate asuransi yang anda inginkan (Saya lagi belajar membuat rate otomatis muncul agar yang menggunakan aplikasi tidak repot-repot menginput ratenya)
3. Untuk periode asuransi, saya mencoba mengakomodir teman-teman marketing leasing, diler maupun bank. Jadi tinggal diinput saja berapa lama tenornya.
4. setelah semua kolom yang dibutuhkan tersebut diisi, Anda tinggal menekan tombol submit dan hasilnya premi asuransi mobil yang dibutuhkan akan muncul.
5. Jika ada saran silahkan gunakan kolom komentar atau gunakan formulir kontak yang tersedia.

Comments