Kategori
Uncategorized

BLOGSPOT ATAU WORDPRESS UNTUK ADSENSE?

Bagus mana, pakai Blogspot atau WordPress Untuk Adsense?

Pertanyaan ini akan menjadi sebuah diskusi yang menarik jika diutarakan dalam sebuah forum dimana para anggotanya adalah publisher adsense. Saya sendiri masih bingung memilih salah satu diantara dua platform blogging populer ini. Hampir semua blogger yang saya kenal di forum publisher adsense baik di facebook maupun di komunitas Gplus (dulu) sudah menghasilkan uang dari blog via adsense dengan menggunakan platform blogger ataupun wordpress.

Saking saya penasaran untuk menentukan platform blogging mana yang lebih baik saya pribadi malah menggunakan keduanya sekaligus. Jadi tulisan ini akan menjadi sedikit ulasan dan berbagi pengalaman menggunakan kedua platform tersebut.

Amplop yang dinantikan agar bisa gajian dari Adsense

Hingga saat tulisan ini terbit saya sudah dua kali mendapatkan penghasilan dari jaringan Adsense. Bukan prestasi yang WAH. Tapi membanggakan bagi saya pribadi. Mission Accomplished.

Berdasarkan pengalaman tersebut saya akhirnya bisa memberikan jawaban atas pertanyaan sejuta umat. Blogspot atau WordPress untuk Adsense.

Pengalaman merupakan guru yang terbaik. Dari pengalaman saya semoga Anda yang membaca bisa mempertimbangkan strategi apa yang paling baik untuk digunakan dalam mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda kelola.

Blogspot vs WordPress

Topik WordPress vs Blogger sudah menjadi bahan diskusi yang menyenangkan bagi para blogger. Masing-masing mempunyai alasannya sendiri memilih platform yang digunakan. Tak jarang bahan diskusi ini pun menjadi sangat panas dengan komentar-komentar nyeleneh dari masing-masing pengguna platform yang membela platform masing-masing.

PS: Kalau Anda menemukan perdebatan di grup atau komunitas, hindari. Jangan ikut-ikutan komentar. Bahkan untuk sekedar click bait sekalipun.

Agar tidak ambigu saya ingin menegaskan jika wordpress yang saya maksud dalam tulisan ini adalah perangkat lunak Content Management System yang diberikan oleh Automattic dan dapat digunakan oleh khalayak umum. Menggunakan platform ini berarti kita harus mengeluarkan modal diawal untuk membeli hosting dan juga domain. Jadi platform wordpress yang saya maksud dalam tulisan ini bukan blog yang berada di situs wordpress.com. Jika Anda saat ini mencoba mendaftar di Google Adsense dengan menggunakan blog yang berada di situs wordpress.com, saya sarankan BATALKAN pengajuan Anda. Alasannya?

Mudah saja. Blog yang terdaftar di situs wordpress.com tidak akan bisa menyematkan kode adsense. Kode adsense yang disematkan dalam situs yang kita kelola memiliki dua fungsi menurut saya.

  1. Pertama, untuk menampilkan iklan yang cocok untuk konten yang ada di blog
  2. Kedua, untuk validitas bisnis bahwa Anda benar-benar rekan kerja dari Google yang memiliki website (baca: alamat website) yang didaftarkan

Cuplikan kode adsense yang akan menjalankan dua fungsi diatas, diletakkan pada kode sumber blog. Tahap ini yang tidak bisa dilewati oleh para pengguna wordpress melalui wordpress.com, baik yang menggunakan layanan Personal APALAGI yang menggunakan layanan Gratis.

Jadi sekali lagi. Anda tidak bisa menghasilkan uang melalui adsense melalui blog yang didaftarkan di situs wordpress.com.

Oke kita lanjut yak.

Seperti yang tadi saya sampaikan, untuk menggunakan software cms wordpress kita harus menyediakan hosting dan domain sendiri. Artinya kita harus mengeluarkan modal dulu untuk membuat blog. Ini beda jika kita menggunakan wordpress.com atau blogger.com sebagai platform blog. Sebagaimana kita tahu, menggunakan wordpress.com maupun blogger.com untuk membuat website pribadi kita tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli domain atau hosting. Kita akan “dipinjami” alamat dan hosting oleh kedua layanan blogging tersebut. Bagi yang menggunakan blogger.com nanti alamatnya menjadi *.blogspot.com dan yang menggunakan wordpress.com nanti akan menjadi *.wordpress.com.

Karena situs yang digunakan di wordpress.com tidak bisa ditempeli iklan adsense, maka banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan dengan menggunakan blog memilih menggunakan blogger.com.

Dengan menggunakan layanan blogging yang disediakan oleh Google, Blogger.com, kita cukup mengeluarkan modal untuk mengisi kuota internet. Kita juga tidak harus pusing dengan settingan server dan lainnya karena Tim Blogger sudah memberikan kapasitas yang mumpuni agar blog kita bisa dikunjungi dan tidak mengalami masalah ketika pada suatu hari kunjungan yang didapat tiba-tiba melonjak diluar kebiasaan.

Kesimpulannya dalam biaya operasional menggunakan platform Blogger lebih murah dibandingkan dengan WordPress.

Karena dapat digunakan tanpa harus memberikan biaya apapun kepada Google, pengguna Blogger harus tunduk pada peraturan yang ditetapkan oleh Blogger.com. Salah satu diantara beberapa poin peraturan yang diberikan oleh Blogger untuk penggunanya adalah tidak menjadikan platform mereka sebagai ajang penyebaran informasi bohong atau hoax. Jika pengguna kedapatan menyebarkan informasi bohong maka blog yang didaftarkan di Blogger akan dihapus secara sepihak.

Pengguna platform WordPress lebih flexibel. Meskipun dengan perusahaan penyedia hosting juga terdapat beberapa peraturan yang ketat mengenai layanan penggunaan, aturannya lebih fokus kepada banyaknya bandwith yang dipakai pengguna dibandingkan peraturan yang harus ditaati oleh penyewa hosting. Ringkasnya: jika website Anda menggunakan wordpress maka yang harus diperhatikan adalah besar bandwith yang digunakan website ketika mendapatkan kunjungan puncak. Sebuah website populer yang selalu dikunjungi oleh penggemarnya akan memiliki bandwith lebih tinggi yang mengakibatkan website lain yang terdapat di hosting yang sama akan mengalami penurunan performa.

Tapi kondisi diatas tergantung pada jenis hosting yang kita gunakan. Situasi yang saya bicarakan tadi jika kita menggunakan layanan shared hosting, dimana satu ruangan digunakan oleh beberapa orang. Ibaratnya sebuah rumah yang dijadikan kos-kosan, didalam rumah yang besar dibagi menjadi beberapa ruangan untuk kamar sehingga penyewa hanya mendapatkan space kecil. Agar kos-kosan tadi nyaman maka diberikan aturan tidak boleh membawa tamu melebihi kapasitas kamar kos, dan tidak boleh menyimpan barang melebihi kapasitas kamar kos.

Kalau kita mau lebih lega mau tidak mau kita harus pindah dari kos-kosan ke rumah kontrakan. Dalam layanan hosting, layanan Virtual Private Server atau VPS diibaratkan dengan rumah kontrakan. Ruangannya kita bisa taruh bermacam barang dan tamu yang datang boleh kapan saja dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan rumah kos-kosan tadi.

Untuk flexibilitas aturan penggunaan WordPress lebih unggul daripada Blogger. Namun bergantung lagi pada kebijakan masing-masing penyedia layanan hosting.

Lebih lengkap berikut perbandingan penggunaan blogspot dan wordpress yang saya kutip dari situs klikmania.net.

Kelebihan Menggunakan Platform Blogspot

  1. Tidak memikirkan biaya hosting
  2. Terintegrasi dengan Google Account, gmail dan Gplus (termasuk google webmaster dan google analytic)
  3. Mudah dalam penggunaan, fleksibel
  4. Panel Kontrol sederhana dan mudah dipahami
  5. Tersedia banyak pilihan widget
  6. Navigasi layout yang mudah
  7. Banyak pilihan template yang bisa di gunakan (Ribuan)
  8. Bisa edit template dengan mudah
  9. Bisa memiliki banyak blog dalam satu akun
  10. Bisa di custom domain/menggunakan nama domain sendiri
  11. Integrasi SEO mudah (meta tag & keyword)
  12. Mudah di temukan di mesin pencari google
  13. Terintegrasi dalam bahasa indonesia
  14. Keamanan terjamin karena di hosting di google
  15. Bisa di pasang script iklan Adsense

Kekurangan dari menggunakan blogspot

  1. Harus mengikuti peraturan dan ketentuan dari google
  2. Masih sedikit pengembang dan desainer blogger di banding dengan wordpress

Kelebihan Menggunakan WordPress

  1. Mempunyai kontrol dan akses penuh terhadap blog.
  2. Tidak terikat dengan peraturan wordpress.
  3. Bebas menggunakan berbagai macam theme.
  4. Bebas memasang plugins sesuai keinginan.
  5. Bisa di pasangi bermacam iklan termasuk iklan google adsense.
  6. Pengaturan SEO yang mudah dengan plugins.
  7. Navigasi dan widget yang mudah dengan plugins.
  8. Lebih fleksibel untuk blo e-commerce/toko online
  9. Lebih terlihat profesional.
  10. Banyak pengembang dan desainer blog untuk platform wordpress.

Kekurangan Menggunakan WordPress

  1. Harus menyediakan dana untuk membeli domain dan sewa hosting.
  2. Masalah dengan server atau gangguan dari pihak hosting.
  3. Dari segi keamanan, sangat rentan di serang hacker.
  4. Tidak begitu mudah di pahami untuk seorang pemula.

Dari perbandingan antara dua platform diatas menurut anda mana yang lebih mudah mendapatkan penghasilan Adsense?

Jawabannya adalah wordpress

Sistem manajemen konten yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg memiliki keunggulan untuk lebih mudah bersaing di laman hasil pencarian Google dengan bantuan plugin. Ada dua plugin yang banyak digunakan oleh pengguna wordpress yaitu: Yoast dan All in One Seo. Anda tinggal pilih mana yang paling mudah untuk digunakan menurut Anda sendiri.

Selain dari menggunakan plugin SEO yang tadi sudah saya sebutkan ada lagi plugin yang menurut saya menjadi kunci dalam mendapatkan penghasilan Adsense. Plugin ini bernama AMP WordPress. Plugin ini dikembangkan oleh Automattic, Google, dan pengembang lainnya. AMP merupakan teknologi yang direkomendasikan oleh Google karena akan memberikan peningkatan dalam menampilkan web kepada pengunjung.

Untuk pengguna blogger.com, kedua plugin ini tidak bisa digunakan. Karena sifat pengguna yang menggunakan blogger adalah menumpang yang dibatasi akses ke hostingnya sendiri. Solusinya adalah dengan banyak belajar mengenai source code blogger, bahasa pemograman web dasar seperti html, css, dan javascript agar bisa bersaing dengan web yang menggunakan wordpress. Selain itu pengguna blogger juga harus membuat tulisan dengan kualitas tinggi agar pengunjung organik (pengunjung yang berasal dari Google, Bing, dan mesin pencari lainnya) menjadi pengunjung loyal. Trik ini yang digunakan oleh beberapa pengembang Tema Blogger.com yang sudah merilis tema AMP. Contohnya mas Adhy Suryadi pengelola blog kompiajaib.com dengan dan juga mas Sugeng dengan template viomagz.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan kedua platform hasilnya wordpress lebih unggul dibandingkan blogger. Blog yang saya buat dengan menggunakan platform wordpress sudah dua kali mendapatkan pembayaran. Sedangkan untuk blog dengan blogspot, saya baru berhasil mendapatkan surat pin dari adsense.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *