Skip to main content

DOMAIN GRATIS UNTUK BLOG: Catatan Buat Pemburu Gratisan

Siapa sih yang mencari domain gratis untuk blog? Rata-rata yang mencari domain gratis untuk blog adalah anak-anak muda yang sedang berusaha mendapatkan penghasilan dari internet dengan membuat blog dan mengikuti program Google Adsense.

Anak-anak muda ini rata-rata adalah pelajar sekolah menengah di Indonesia. Baik itu dari Sekolah Kejuruan maupun Sekolah Umum. Motivasi mereka membuat blog adalah mendapatkan penghasilan sendiri.

Sikap ini (baca: mendapatkan penghasilan sendiri dan berusaha lebih mandiri) bagus dan patut didukung hanya saja ada beberapa catatan dari saya perihal mendapatkan domain gratis untuk blog yang teman-teman kelola.

Pertama mencari penyedia domain .com gratis itu tidak mudah, jika kamu mencari domain dengan TLD tersebut. Alasannya tidak lain masalah uang bagi perusahaan sendiri. Karena untuk menjadi pemegang hak untuk mendaftarkan domain .com tersebut sebuah organisasi harus mengeluarkan uang lebih besar kepada perusahaan yang telah memiliki hak menjual domain .COM tersebut.
domain gratis untuk blog saya www.kandra.id
Ilustrasi. Foto: t2conline.com
Mirip seperti kamu yang membeli domain .com atau ekstensi domain yang lain. Perusahaan web hosting yang ada di Indonesia dan juga diseluruh dunia harus membeli hak pemakaian domain .com kepada perusahaan yang bernama VERISIGN. Sepanjang yang saya telusuri perihal sejarah penggunaan domain .com, perusahaan inilah yang diberikan hak eksklusif untuk menjual ekstensi .com dan .net ke setiap orang di seluruh dunia.

Jika kita membeli domain di perusahaan seperti exabytes atau rumah web, pada dasarnya kita dibantu untuk mendaftarkan nama domain .com yang akan kita gunakan kepada verisign.

Jadi apakah mungkin ada domain gratis 2018 ini?

Kedua terima aturan yang diberikan oleh penyedia domain gratis untuk blog kamu. Namanya juga orang yang butuh dan meminta bantuan kalau mendapatkan bantuan dari seseorang normalnya kita akan mengikuti apa yang diinginkan orang yang membantu tersebut.

Jadi mendapatkan domain gratis .com untuk blog kamu bukan hal yang mustahil di tahun 2018. Kamu hanya perlu mengikuti aturan yang diberikan sembari fokus mengembangkan blog yang kamu miliki hingga pada akhir periode domain gratis tersebut jatuh, kamu tidak lagi khawatir bagaimana cara mempertahankan alamat website yang telah menjadi trademark.

Sejauh pengalaman saya memburu domain gratis untuk blog selama ini, setiap penawaran domain gratis selamanya diikuti dengan penawaran untuk membeli hosting yang ditawarkan oleh salah satu web host di Indonesia. Paling tidak domain gratis selamanya memiliki arti menggunakan alamat komputer dengan periode yang cukup panjang dan akan berakhir ketika pengguna berhenti menggunakan layanan hosting atau menggunakan nama domain yang telah didaftarkan.

Seperti halnya anak-anak muda yang memang tidak memiliki kebebasan finansialnya, saya pun sering mencari informasi domain gratis 2017 yang lalu. Dengan banyaknya perusahaan web hosting Indonesia yang sudah mulai bersaing dengan perusahaan web hosting dunia, saya berpikir strategi marketing (pemasaran) exabytes indonesia cukup menarik. Setidaknya dua program marketing mereka membuat nama exabytes mulai banyak dikenali dan dibicarakan di grup-grup maupun forum-forum blogger.

Exabytes merupakan penyedia domain gratis terbaik yang saya temui di tahun 2017 menurut saya. Ini penilaian pribadi. Alasan saya menyebutkan perusahaan ini sebagai penyedia domain gratis terbaik paling tidak ada di dua faktor.

Pertama program GROW dan program Blogger yang mereka khususkan agar seseorang atau sebuah perusahaan memberikan apa yang saya inginkan.

Ada dua domain yang saya daftarkan melalui perusahaan web hosting baru ini. Pertama sebuah domain .NET yang bernama buatblogger, dan yang kedua domain murah sepuluh ribuan yang bernama rantizi.com.

Kedua program pemasaran dari perusahaan yang berkantor di Cyber Park 2 itu benar-benar memberikan domain gratis dan domain murah kepada saya. Salah satu program yang saya sukai adalah mereka menyediakan domain gratis indonesia, DOT ID, melalui program pemasaran yang bernama GROW. Sayang ketika saya mendaftar program pembagian domain gratis indonesia yang disertai email hosting sebesar 5 Giga sudah habis. Saya kebagian jatah domain dengan ekstensi .NET (dot net) dengan email hosting 5 Gigabytes.

Beberapa blogger mungkin tidak terlalu suka dengan program GROW (domain gratis .NET dan email hosting) dengan beranggapan kalau email hosting tidak banyak membantu untuk mengembangkan blog. Kalau diberikan hosting gratis yang bisa diinstal aplikasi website seperti wordpress, joomla, atau drupal mungkin kebanyakan blogger akan senang. Itu dari sisi kita sebagai pengguna yang menyukai sesuatu yang free.

Kalau dari sisi perusahaan, tentu mereka akan menghitung dari sekian juta domain gratis dan domain murah yang telah diberikan berapa banyak pengguna yang dapat menjadi pelanggan? Saya rasa teman-teman tahu jawabannya. Tidak mungkin sebuah perusahaan (atau dalam hal ini cabang) akan bertahan tanpa ada pemasukan (yang berasal dari pelanggan yang membeli layanan email hosting atau web hosting yang ditawarkan exabytes).

Cara mendapatkan domain .com gratis selamanya bisa saja teman-teman dapatkan jika teman-teman mau membeli layanan hosting yang ditawarkan oleh penyedia domain gratis tersebut. Cek saja semua web hosting yang teman-teman temukan melalui google, bing atau mesin pencarian lainnya. Rata-rata hampir semua hosting akan memberikan domain gratis ketika teman-teman membeli layanan hosting yang mereka tawarkan.

Jadi Untuk Mempersingkat:

Domain gratis untuk blog bisa teman-teman dapatkan. Usaha yang harus teman-teman lakukan adalah mencari penyedia domain gratis tersebut kemudian membaca aturan yang diberikan oleh web hosting bersangkutan. Setelah itu teman-teman mendaftar dan mengelola blog dengan baik agar tahun depannya domain gratis terbaik yang teman-teman miliki bisa dipertahankan.

Kalau bisa hindari freenom. Memang situs yang katanya berdomisili di Belanda tersebut memberikan domain gratis untuk blog teman-teman, hanya saja domain yang berakhiran .tk, .ml, .gq, .ga tersebut hanya pinjaman yang bisa diambil oleh freenom kapan pun mereka mau tanpa diberikan informasi kepada pengguna domain tersebut. Maksudnya anggaplah saya mendaftarkan anak-it.tk ke freenom, saya bukan pemilik domain anak-it.tk tersebut, melainkan hanya pengguna yang dipinjami domain .tk bernama anak-it dari freenome. Jadi suatu hari ketika domain tersebut sukses, freenome dapat mengambil domain tersebut kembali tanpa memberitahukan kita kenapa domain tersebut mereka ambil.

Silahkan baca terms dan condition yang mereka miliki dengan seksama. Terakhir saya download syarat dan ketentuan yang ada di situs mereka, klausula tersebut masih ada di bagian penggunaan domain gratis dari freenom.

Makanya saya lebih menyarankan agar teman-teman mencari penyedia domain gratis 2018 dengan jangka penggunaan satu tahun, dan juga memiliki strategi yang siap untuk dijalankan agar blog yang teman-teman pertahankan bisa mendulang dolar atau bitcoin.

Demikian catatan saya mengenai domain gratis untuk blog, semoga bermanfaat.

Comments