Domain 10 Ribu Rupiah? Ada. Begini Cara Mendapatkannya

Domain 10 ribu bayar via pulsa hubungi [user facebook]. Rekomend.

Pernah menemukan iklan diatas di timeline facebook? Kalau saya sering banget nemuin promo seperti itu di grup facebook khusus blogger atau publisher adsense yang saya ikuti.

Kalau teman-teman berada di grup facebook yang sama dengan saya tentu teman-teman pernah membaca promosi diatas dalam timeline grup atau timeline pribadi. Saya yakin banyak yang tertarik dengan penawaran dari penjual domain 10 ribu via pulsa tersebut namun.

Ada hal yang mengganjal ketika saya memperhitungkan biaya untuk beli domain yang kita inginkan dengan harga yang sangat murah tersebut. Saya tidak percaya domain tld mulai dari .com, .tech, .me, dan lain-lain bisa didapat dengan harga yang terlalu murah. Soalnya setahu saya harga domain .com, .tech, dan .me tersebut sepanjang yang saya amati tidak mungkin bisa semurah itu.

Kecuali kalau perusahaan yang memberikan penawaran pembelian domain murah 10 ribu tersebut.

Oke mungkin saya sedikit iri soalnya selama ngeblog dari tahun 2008 baru kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk bisa beli domain dengan harga yang sangat terjangkau dan cara yang sangat mudah.

Tapi balik lagi. Berdasarkan pengalaman saya yang singkat di dunia blogging yang dinamis ini, saya harap teman-teman bisa berhati-hati dengan pengguna facebook yang menawarkan domain murah tersebut.

Mungkin teman-teman bertanya-tanya kenapa saya ragu dengan penawaran domain murah dari penjual domain yang ada di grup facebook khusus blogger tersebut? Setidaknya ada 5 alasan saya

Pertama. Soal harga domain yang ditawarkan. Apa itu tidak terlalu murah? Bukan apa-apa, harga paling murah yang saya temukan adalah domain dengan ekstensi xyz dari rumah web (11 ribu) dengan catatan kalau saya menggunakan domain yang sama tahun depan, harga domain kembali normal. Itu dari perusahaan yang mereka pastinya sudah menghitung berapa jumlah domain yang bisa mereka daftarkan dengan harga awal yang murah dan berapa domain yang tidak akan diperpanjang di tahun berikutnya agar mereka (perusahaan tadi) masih mendapatkan keuntungan.

Kedua. Domain itu seperti produk lainnya dipasaran. Kalau permintaannya banyak maka harga jual domain bisa ditekan dengan harapan bisa mendapatkan selisih dari penjualan tersebut. Kalau permintaannya sedikit harga jual domain tersebut tidak mungkin dipatok 10 ribu. Karena biaya maintainance dari server untuk mengelola domain itu sendiri tidak murah. Sebagai contoh kita ambil domain xyz. Domain XYZ merupakan domain Level Atas yang baru saja muncul. Agar penjualan domain tersebut semakin banyak (dan tentunya agar domain tersebut banyak yang menggunakan) perusahaan yang memiliki hak mendaftarkan domain XYZ membutuhkan bantuan dari endorser.  Domain XYZ ini diendorse oleh ALPHABET (perusahaan induk google) menggunakan ekstensi tersebut untuk website resmi mereka. Coba saja perhatikan alamatnya abc.xyz. Wikipedia mencatat sejak diumumkan kepada publik di tahun 2014 Gen.XYZ sudah mendapatkan mendaftarkan 1,5 juta nama sejak google menggunakan TLD tersebut.

Ketiga. Saya pribadi ragu dengan tawaran full control domain yang ditawarkan dengan harga domain 10 ribu tersebut. Seperti yang saya sampaikan di artikel berjudul domain gratis selamanya tanpa syarat: harapan palsu utk blogger Indonesia, pemeliharaan domain itu mahal harganya. Kita harus menyediakan setidaknya dedicated hosting untuk menginstal operating sistem dan juga BIND (Barkeley Internet Number D something). Hosting ini dikhususkan untuk akan mengatur lalu lintas dari pengunjung website kita maupun lalu lintas email.

Keempat. Saya bertanya-tanya sebenarnya. Apakah harga perpanjangan domain tetap sama? atau malah sama dengan program blogger exabytes yang dikhawatirkan orang.

Kelima. Soal legalitas domain tersebut. Dari pengalaman saya dengan anak-anak muda yang melek teknologi informasi, bisa jadi domain yang ditawarkan merupakan domain yang didapat dari hasil carding. Jika domain tersebut didapat dari hasil carding, efeknya sangat buruk untuk perkembangan bisnis ke depan. Beberapa orang yang beli domain murah dari salah seorang anggota facebook pernah memposting kalau tiba-tiba blognya tidak bisa diakses dan setelah saya bantu cek ternyata domain tersebut tidak terdaftar ICANN.

Tidak hanya itu.

Beberapa kali juga saya menemukan domain 10 ribu yang ditawarkan bisa dikontrol penuh oleh pembelinya. Mungkin teman-teman yang baru ngeblog masih bingung dengan maksud full control domain ini, jadi saya coba bantu berdasarkan pemahaman saya dalam mengontrol domain yang kita miliki dan maksud dari full kontrol tersebut.

Full control (kontrol penuh) terhadap domain merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk memberi gambaran domain yang kita punya bisa diatur semau kita. Contoh: saya perhatikan di dasboard blogger maupun di analytics kalau saya mendapatkan kunjungan dari negara Amerika Serikat. Maka saya ingin membuat sebuah artikel bahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari artikel bahasa Indonesia yang dikunjungi oleh orang Amerika tersebut.

Karena saya punya kontrol penuh terhadap domain yang saya miliki, buatblogger.net maka saya memutuskan untuk membuat blog berbahasa Inggris yang khusus untuk visitor dari luar negeri.
Saya membuat subdomain dengan judul en.buatblogger.net. Kalau teman-teman punya kontrol penuh terhadap domain yang digunakan sekarang cara membuat subdomain yang saya lakukan bisa teman-teman ikuti.
  1. Langkah pertama tentunya masuk ke akun registrar miliki teman-teman (kalau saya exabytes)
  2. Selanjutnya saya menuju ke Domain Management. Teman-teman mesti tanya ke customer service registrar masing-masing untuk masuk ke fitur tersebut.
  3. Kemudian saya pilih domain yang akan saya buatkan subdomain tersebut. (Dalam konteks ini domain yang akan saya gunakan adalah buatblogger.net)
  4. Untuk hosting saya masih memilih menggunakan blogger.com. (Note: Kalau teman-teman pernah mendapatkan hosting gratis yang diberikan setelah melakukan review produk hosting, ini saatnya untuk menggunakan hosting tersebut)
  5. Pada A record saya memberikan name en dengan pointing ke masing-masing alamat IP google: 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21. Pada Cname record yang pointing ke ghs.google.com saya pun memberikan nama yang sama.
  6. Setelah itu saya menyimpan perubahan yang saya lakukan di DNS Management buatblogger.net yang terdapat di exabytes.
Setelah itu saya membuat blog baru di blogger.com dengan menggunakan template yang sama dengan buatblogger.net yang mempunyai bahasa pengantar dalam bahasa Indonesia.

Untuk tahap awal saya menggunakan template yang sama dengan asumsi pengunjung bule saya akan nyaman karena blog atau artikel yang mereka temui tidak jauh beda dengan yang asli. Menggunakan template blog yang berbeda bisa saja dilakukan tetapi sebaiknya kita melakukan perubahan berdasarkan data yang kita temukan di search console dan juga di analytics.

Setelah blog baru dibuat langkah selanjutnya adalah merubah alamat blog baru tersebut dari subdomain blogspot ke subdomain buatblogger.net. Jika custom domain biasanya pada alamat yang diminta adalah http://www.buatblogger.net, maka untuk blog khusus bahasa inggris kita memasukkan alamat http://en.buatblogger.net.

Pertanyaannya? Apakah penjual domain 10 ribu via pulsa tersebut memiliki pengertian full control dns yang sama dengan saya?

Bagi teman-teman yang punya pengalaman membeli domain di facebook dengan harga 10 ribu ini, bisa menjawab melalui form komentar disqus dibawah atau kalau terlalu ribet, gunakan form kontak.
Bagi penjual domain yang merasa perlu memberikan klarifikasi atas beberapa keraguan yang saya miliki juga bisa melakukan konfirmasi di form komentar disqus ataupun melalui formulir kontak yang tersedia.

Jika dns full control dari domain yang dijual benar dan dari segi legalitas juga aman tentunya teman-teman harus memanfaatkan penawaran tersebut segera. Karena jika teman-teman tidak klaim domain untuk blog cepat-cepat bisa jadi teman-teman harus menunggu hingga 10 tahun untuk mendapatkan domain yang sesuai dengan keinginan.

Saya sendiri belum pernah membeli domain murah dari member grup facebook blogger. Tetapi saya pernah beli domain 10 ribu melalui program blogger exabytes. Mungkin saya termasuk dalam daftar 200 blogger yang mendapatkan domain .COM murah dari exabytes.

Biaya perpanjangannya kan mahal om? 179 ribu.

Sekilas memang mahal sih. Tetapi saya yakin bisa memenuhi biaya perpanjangan domain .com yang saya dapatkan dari exabytes dengan strategi monetisasi yang saya lakukan saat ini. Kenapa saya begitu yakin?

Karena saya pernah seperti teman-teman, cuma fokus di satu cara menghasilkan uang lewat blog padahal pintu untuk mendapatkan uang dari konten blog itu banyak. Coba jawab selama ini apa teman-teman cuma mengandalkan adsense saja?

… atau mengandalkan referal saja?

Pernah mengunjungi iblogmarket? Rahasia kita saja nih, tiga job review dari situs tersebut cukup untuk memperpanjang domain yang anda dapatkan dari exabytes.

Cara Mendapatkan Domain .COM 10 Ribu dari Exabytes.co.id

  1. Tulis artikel tentang tutorial, review teknologi, wirausaha atau bisnis, tips dan trik dan di dalam salah satu paragraf di tulisan teman-teman tadi berikan backlink ke halaman exabytes. Bisa dengan anchor text web hosting indonesia, domain murah, atau yang lain.
  2. Pastikan panjang artikel teman-teman minimum 400 kata dan ORIGINAL (hasil karya sendiri).
  3. Setelah artikel tersebut diterbitkan (pastikan panjang minimum artikel 400 kata dan sudah memberikan backlink ke salah satu halaman exabytes), isi formulir yang terdapat di laman program blogger
  4. Daftar client area exabytes untuk memudahkan proses pemesanan domain .com lebih cepat.
Exabytes sendiri membatasi tawaran menarik ini dengan 1 domain .com murah bisa didapat oleh 1 website dan 1 artikel. Bagaimana jika sudah mempunyai 5 domain tld dan masing-masing sudah membuat artikel yang memberikan backlink ke exabytes?

Bottom Line

Memulai ngeblog dan bisnis online dengan domain 10 ribu dari program blogger exabytes merupakan cara yang paling tepat. Harga perpanjangan domain 179 ribu mungkin terasa menakutkan. Namun dengan strategi monetisasi yang tepat harga tersebut sangat kecil dibandingkan pendapatan yang sudah diterima.

Segera mendaftar di program blogger jika teman-teman tidak mempunyai kenalan yang benar-benar dipercaya di grup facebook untuk mendapatkan domain 10 ribu rupiah.