Skip to main content

Cara Mendapatkan Domain COM Gratis Selamanya Dengan Exabytes

Cara mendapatkan domain .com gratis selamanya bagaimana ya?

Tulisan saya kali ini akan mencoba menjawab pertanyaan diatas, sekaligus berbagi informasi penting perihal memiliki alamat pribadi di dunia digital.

Langkah-langkah mendapatkan domain .COM gratis yang akan saya bagikan dibawah merupakan cara paling pasti untuk mendapatkan alamat website .COM untuk bisnis teman-teman.

Kalau bisa HINDARI godaan menggunakan layanan domain gratis dari Freenom. Untuk bisnis online teman-teman efeknya tidak akan bagus.

Maaf saya kesannya menggurui. Sekarang kita lanjutkan lagi membahas cara mendapatkan domain .COM-nya.

Memiliki pertimbangan untuk menggunakan domain .com merupakan keputusan terbaik yang teman-teman lakukan.

Kenapa?

Karena umumnya website di dunia menggunakan generic Top Level Domain (gTLD) tersebut sebagai alamat website mereka.

Menurut situs verisign pendaftaran domain .COM sudah mencapai 120 juta sejak domain tersebut pertama kali diperkenalkan tahun 1985 kepada publik.

Saking banyaknya yang menggunakan gTLD tersebut mungkin saja kalau teman-teman mendaftarkan nama domain yang menjadi brand bisnis di internet hasilnya nama domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain.

Oleh karena tonggak penting dari bisnis digital yang harus teman-teman miliki adalah sebuah domain.

Domain tidak hanya merupakan alamat website/blog dimana orang lain akan mengunjungi konten-konten yang kita terbitkan atau bisnis yang kita jalani...

... tetapi domain juga merupakan identitas kita di dunia maya.

Jadi pesan saya pada teman-teman:

Saat membuat domain .com untuk blog atau website jangan sampai nama domain tersebut keduluan orang lain.

Bagaimana kalau nama domain yang kita inginkan keduluan didaftarkan orang lain?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

  1. mengganti pilihan .COM menjadi .NET/.BIZ/.ID

  2. menunggu masa kadaluarsa pemakaian nama domain tersebut (kesempatannya kecil)

  3. menghubungi pemilik nama domain yang sudah didaftarkan tersebut dan meminta harga yang harus kita bayarkan untuk mengalihkan kepemilikan domain yang kita incar

Dari tiga pilihan diatas saya menyarankan agar teman-teman memilih opsi pertama.

Alasannya: Praktis dan tidak mahal.

Oke sebelum saya menjelaskan lebih lanjut untuk teman-teman, saya ingin berbagi sebuah kisah yang merupakan pengalaman saya pribadi dalam mencari domain yang cocok untuk blog-blog yang saya kelola.

Mungkin teman-teman pernah membaca kalau memilih nama domain untuk digunakan di blog atau website itu mesti hati-hati.

Sebelum saya memiliki ide untuk menggunakan alamat www.buatblogger.net, saya awalnya memilih untuk menggunakan nama sendiri untuk alamat blog.

Keren juga rasanya kalau bisa menggunakan alamat kandra.com.

Tetapi ternyata kandra.com itu sudah didaftarkan oleh pekerja seni asal amerika yang kebetulan miliki nama yang sama dengan saya.

Setelah itu saya lanjut mencoba mendaftarkan domain .net.

Sayang, seseorang juga sudah mendaftarkan domain kandra.net di internet.

Alhasil saya pun menggunakan nama panjang untuk domain blog saya pertama kali.

Padahal kalau menurut saran dari internet marketer baik lokal maupun bule, nama domain dengan panjang karakter lima sampai enam lebih baik digunakan dibandingkan nama lengkap saya.

Sampai akhirnya PANDI berdiri dan mengelola pendaftaran nama domain untuk Indonesia. Saya akhirnya mendapatkan alamat blog yang sesuai dengan keinginan saya, kandra.id.

Kejadian yang sama saya rasakan saat mempunyai ide domain untuk blog yang saat ini teman-teman kunjungi.

Awalnya saat saya iseng-iseng menggunakan search analytics (menu di google search console) saya menemukan kata kunci dengan tingkat pencarian hingga seribu per bulan.

Bagi saya ini merupakan rejeki.

Saya bisa membuat blog baru dengan kata kunci yang sangat banyak pencariannya dan juga dengan niche blogging (yang katanya memiliki BPK adsense tinggi).

Ketika saya coba cek di exabytes domain yang beralamatkan buatblogger.com tersebut ternyata sudah didaftarkan oleh orang lain, dan jika saya ingin menggunakan domain tersebut saya harus memberikan mahar sebesar 2,195 USD.

Gilak.

Mana saya punya duit segitu.

Akhirnya dibulan Agustus 2017, ketika mencari promo domain murah, saya menemukan penawaran dari web hosting bernama Exabytes Indonesia berupa domain .NET plus Email Hosting.

Saya coba daftarkan alamat blogspot di program tersebut dan mengajukan nama domain yang saya inginkan.

Alhamdulilah pengajuan domain buatblogger.net yang saya kirimkan diterima oleh perusahaan web hosting indonesia tersebut.

Jadilah saya menggunakan domain .net gratis ini selama tahun 2017/2018.

Jadi tak ada akar rotan pun jadi.

Maksudnya kalau domain .com yang teman-teman incar sudah dimiliki orang lain, gunakan ekstensi atau akhiran alamat website yang lain seperti keputusan saya menggunakan domain .NET.

Atau...

Kalau website yang dibuat mengincar pengunjung dari Indonesia gunakan domain .id.

Dari segi pemasaran mesin pencari, website anda akan lebih mudah untuk bersaing di kompetisi lokal (Indonesia) dibanding internasional.

Selain itu pendaftar di ccTLD Indonesia masih sedikit yang menggunakannya.

Oleh karena itu nama domain yang anda inginkan akan lebih mudah didapatkan.

Saya cukupkan curhat soal kegagalan saya mendapatkan domain .com untuk blog yang saya kelola.

Sekarang bagi teman-teman yang siap untuk #GoDigital Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan domain gratis dari Exabytes.

  1. Daftar di situs exabytes.co.id

  2. Klik icon orang di sudut kanan atas pada situs tersebut

  3. Tekan daftar

  4. Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang valid

  5. Pada kolom Tambahan Informasi, pilih Blog. Lalu isi nomor telpon yang dapat dihubungi

  6. Pada pertanyaan How did you find us, pilih other

  7. Isi kolom password yang akan digunakan

  8. Beri tanda centang pada Syarat dan Layanan jika teman-teman sudah membaca persyaratan penggunaan layanan exabytes. Lalu cek kembali data diri yang telah diberikan pada kolom informasi pribadi diatas.

  9. Klik tombol register

  10. Setelah itu teman-teman cek email konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan oleh situs exabytes. (Saran: Jika tidak ditemukan di INBOX, coba cari di folder SPAM).

  11. Klik link konfirmasi yang diberikan oleh exabytes.co.id di email yang telah teman-teman terima.

  12. Kemudian Login dengan menggunakan email yang sudah didaftarkan dan juga password yang sudah ditetapkan sebelumnya.

  13. Di member area exabytes.co.id, pilih tombol menu > web hosting > hosting pribadi & usaha kecil

  14. Pilih paket hosting yang akan digunakan. Email hosting (GROW) atau Hosting Ebiz. (Saya memilih menggunakan paket ebiz plus di exabytes untuk ternak blog yang disisipi kode adsense.)

  15. Setelah memilih paket hosting yang diinginkan tekan tombol pesan sekarang.

  16. Pilih register domain baru dan cek ketersediaan domain lalu tekan tombol continue.

  17. Pilih durasi tagihan untuk hosting. (Saya pribadi memilih 1 tahun)

  18. Lalu klik tombol continue. Kalau teman-teman memesan hosting exabytes sekarang teman-teman bisa mendapatkan domain .com gratis dan juga potongan harga hosting 50% melalui link yang saya berikan diatas.

  19. Lakukan pembayaran dengan metode yang teman-teman inginkan. Exabytes Indonesia memiliki beragam cara pembayaran mulai dari virtual account, pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, pembayaran lewat alfamart grup (pilihan saya saat beli domain .com untuk anak), Doku Wallet dan ipay88. Rekomendasi dari exabytes agar domain langsung aktif beserta hostingnya adalah menggunakan virtual account atau membayar dengan kartu kredit.

  20. Setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi dengan mengirimkan bukti pembayaran ke email billing@exabytes.co.id

Nilai investasi dari membeli domain .com dan juga hosting untuk website dan juga email yang agan ANGGAP MAHAL itu lebih besar manfaatnya dibandingkan hanya memembeli domain saja.

Coba lihat harga jual domain buatblogger.com yang dijual oleh Huge Domain. 2195 USD !! Kalau kurs dolar sekarang 14 ribu, maka kita (yang punya domain .com buatblogger) bisa mendapatkan kurang lebih 30 juta rupiah.

Harga diatas lebih besar lagi jika domain yang agan gunakan menjadi populer dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai macam metode mulai dari menanyangkan iklan adsense, menjualan produk barang/layanan, sebagai portofolio dan lain sebagainya.

Tidak percaya?

Coba saja teman-teman berkunjung ke situs jual beli domain / website di flippa.com atau situs jual beli domain lain.



Satu pesan penting lagi sebelum teman-teman mengkonfirmasi pembayaran di exabytes. Gunakan fitur webmail cpanel untuk membuat alamat email bisnis.

Email dengan menggunakan domain sendiri jauh lebih dipercaya oleh calon pelanggan dibandingkan dengan menggunakan email gratis seperti gmail, yahoo, dan lain sebagainya.

Segera dapatkan domain .com gratis dengan membeli EBIZ Gold hosting di exabytes.co.id

Comments