Web Hosting Murah Domain Indonesia

Web Hosting Murah Domain Indonesia

Mencari web hosting dan domain murah di Indonesia adalah pekerjaan yang sangat mudah. Tinggal anda ketik kata kunci harga domain atau harga hosting maka anda akan menemui puluhan situs penjual domain dan hosting.

Dalam mengambil keputusan untuk membuat blog atau website dengan lebih leluasa memiliki hosting sendiri tentu akan lebih baik. Tapi sebaiknya anda pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini:

Cari registrar Domain yang telah berpengalaman

domain .id
Ada banyak penyedia domain di Indonesia, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Tentunya untuk lebih terlihat profesional anda perlu untuk membeli domain sendiri. Jangan seperti pencaricerah2.blogspot.com yang masih berupa subdomain dari situs blogger.com.

Pilihan pertama anda mungkin adalah harga domain yang ditawarkan oleh registrar. Domain murah seperti barang-barang lain di dunia nyata. Jika anda tidak hati-hati dan hanya asal murah maka anda akan menemui banyak cacat dalam penyedia domain tersebut.

Secara personal saya sedang menimbang-nimbang registrar niagahoster.co.id. Pertimbangan saya adalah harga yang ditawarkan untuk domain dengan ekstensi .com yang cukup rasional. Bukan 75 ribu (murah) tapi diujung bermasalah. Ingat domain anda adalah brand anda sendiri.

Perhatikan server tempat hosting! 

list harga hosting niagahoster.co.id


Pertama, Anda harus pertimbangan server hosting yang akan anda gunakan. Untuk blogger yang mencari penghasilan dari internet marketing memilih hosting yang berlokasi di region United States atau Amerika Serikat baiknya menjadi sebuah prioritas. Hal ini disebabkan reputasi server yang berada di Amerika atau negara eropa akan lebih tinggi daripada server hosting yang berlokasi di Indonesia. 

Jadi disini bukan masalah anda seorang yang nasionalis atau tidak tapi lebih kepada nilai finansial yang sedang anda dapatkan. Jika anda memang menargetkan visitors dari Indonesia atau blog yang akan anda buat itu blog pribadi, maka memilih hosting dalam negeri tentu lebih baik karena anda akan mudah menemukan kantor layanannya dan kedua anda tidak dibebani dengan nilai kurs mata uang asing seperti dolar yang selalu berfluktuasi.

Dalam memilih hosting anda juga perlu mempertimbangkan kualitas layanan penyedia hosting. Anda tentu tidak ingin dikecewakan oleh layanan web host. Jangan hanya karena harganya lebih murah malah anda malah tersiksa dengan berbagai masalah yang didapat dari berbagai macam persoalan teknis yang ditemui di tempat hosting.

Layanan prima tentu menjadi sebuah pertimbangan agar saat uang yang anda keluarkan untuk membeli hosting bernilai investasi. Artinya beban sewa hosting yang anda keluarkan akan menjadi terasa ringan jika penyedia layanan hosting dapat membantu anda dalam memecahkan setiap permasalahan yang anda temui. Jika anda mengelola sebuah blog atau website dengan hosting sendiri ada kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihannya adalah anda bebas berkreasi dengan banyak script untuk memaksimalkan layanan atau informasi yang anda bagi kepada pengunjung. Kerugiannya dipihak lain, jika anda mempunyai web atau blog yang populer dan anda tidak terlalu paham dengan sistem keamanan web maka anda harus bekerja keras untuk menjaga web atau blog anda diacak-acak oleh tangan-tangan jahil crackers. 

Ini harus menjadi pertimbangan anda selanjutnya setelah dua pertimbangan diatas tadi. Beda antara selfhosted blog/website dengan blog gratisan yang dikelola oleh blogger.com atau wordpress.com adalah anda tidak perlu pusing memikirkan sistem keamanan situs anda. Para karyawan yang bekerja pada wordpress dan blogger telah melakukan pekerjaannya dengan baik. Hingga saat ini saya belum pernah mendengar ada pengguna blog di blogger dan wordpress yang komplain tentang masalah keamanan blog/website mereka.

Setelah tiga hal diatas yang patut anda pertimbangkan juga adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Apakah penyedia hosting mempunyai spesifikasi yang anda butuhkan untuk instalasi web yang anda inginkan atau tidak. Jika anda menggunakan CMS wordpress atau joomla maka pada saat sekarang periksa dulu apakah program php dan database mysql telah memenuhi standar yang diinginkan oleh CMS tersebut. Jika sudah maka anda lanjut pada step terakhir.

Langkah terakhir dalam memutuskan membeli/menyewa hosting adalah seberapa besar beban sewa yang akan anda tanggung untuk mengembangkan situs anda. Tentunya ada mempunyai ekspektasi tersendiri dalam hal ini. Jika anda membuat blog/website pribadi tentu anda telah mengambil resiko untuk dibebani biaya sewa hosting perbulan tanpa mengharapkan uang yang telah anda keluarkan untuk kembali. Jika anda bertujuan untuk lebih profesional dalam memberikan informasi lewat blog atau website tentu anda beranggapan bahwa anda sedang berinvestasi dalam menyewa hosting.

Semoga informasi tentang webhosting murah domain indonesia ini bisa bermanfaat bagi anda. Dan semoga anda bisa mencapai tujuan dari aktivitas blogging anda.