Skip to main content

[Seri Pengoptimalan Blog] Jangan Cuma Lihat Statistik Visitor, Jelajahi Data Yang Diberikan oleh Google Analytics Untuk Optimisasi Blog/Web Agan

Pengoptimalan Mesin Telusur dengan web optimization atau dalam bahasa orang Indonesia SEO Optimisation dapat dilakukan secara mandiri oleh webmaster atau admin sebuah website atau blog. Sebelum dilakukan pengoptimalan pada website atau blog tentunya admin harus mengetahui bagian mana yang harus ditambah atau dibuang. 

Alat untuk membantu pengoptimalan mesin telusur yang dapat langsung digunakan secara gratis adalah google analytic. Dengan menggunakan fitur ini, seorang blogger bisa membuat blog yang ia miliki dapat langsung ditemui oleh pengunjung. Jika sebuah website atau blog mudah ditemui oleh pengunjung maka ada kemungkinan yang sangat besar blog tersebut akan bisa dimonetisasi.

Sebelumnya google mempunyai situs yang bernama Google Web Optimizer (saya kurang yakin dengan namanya, nanti akan saya cek lagi) namun entah kapan tepatnya google memutuskan untuk menonaktifkan layanan produk ini Melihat kelebihan, popularitas dan juga kegunaan produk ini di kalangan blogger, google mengintegrasikan fitur pengoptimalan mesin telusur pada Google Web Optimizer (sebutan ini dipakai dulu hingga saya konfirmasi nama produk google tersebut) dengan google analytic.

Kebetulan saya mendownload ebook dari niaga hoster, perusahaan layanan hosting dan domain di Indonesia, dan menemukan rekomendasi penggunaan Google Web Optimizer kepada para pembacanya. Jika melihat kekinian maka konten ebook niagahoster menjadi tidak relevan lagi. Tim copywriting dari situs penyedia layanan hosting dan domain di Indonesia ini harus mengupdate ebook yang mereka jadikan sebagai "bonus" visitor yang datang ke web mereka.
ringkasan geografis google analytic pengoptimalan mesin telusur
contoh analisa web untuk optimisasi

Fitur pengoptimalan mesin telusur dari google ini memiliki tiga menu; Kueri, Halaman Landas, dan Ringkasan Geografis. Jika anda klik menu Kueri maka anda akan menemukan jumlah kueri kata kunci yang membuat website atau blog anda muncul di mesin telusur. Sedangkan untuk Halaman Landas adalah halaman postingan yang muncul dalam hasil pencarian mesin telusur. Dan terakhir Ringkasan Geografis adalah laporan dari mana saja visitor datang ke situs/blog anda.

Setelah memahami data-data yang diberikan oleh google analytic, maka pengoptimalan mesin telusur pun baru bisa dilakukan. (Bersambung)

Comments