Skip to main content

Responsive Web Design, Tampilan Web Untuk Segala Gadget

Kali ini saya ingin menginformasikan sebuah model baru dari teknologi berbasis data. Pada tulisan saya yang lalu saya telah menyampaikan bahwa anda bisa mempunyai sebuah website hanya dengan mendaftar di situs wordpress.com. Anda bisa mendaftar bahkan melalui telpon pintar yang anda punyai asal ada jarigan dan paket data.

Sebuah website adalah metode penjualan yang tidak baru di beberapa tahun belakangan ini. Sebuah prediksi dari https://id.techinasia.com/transaksi-belanja-online-indonesia-2015/ menyebutkan bahwa di tahun 2015 transaksi online di Indonesia akan mencapai Rp. 50 Trilyun. Bisakah kita mendapatkan share minimal 1% dari prediksi tersebut? Tidak hanya itu saja website menjadi media public relation yang cukup efektif karena informasi yang akan disampaikan adalah informasi resmi. Tulisan kali ini berlatar belakang pada perbedaan tampilan antara website resmi megainsurance dan portal megainsurance.

Sebagai sebuah channel penjualan website megainsurance bisa dikatakan sama sekali tidak menjual. Kenapa? Pada saat ini teknologi website sedang berkembang kepada responsive web design. Dengan menggunakan teknologi ini sebuah situs akan dapat diakses di semua gadget, mulai dari pc, smartphone, ataupun tablet.

Bagaimana cara mengetahui sebuah website responsive atau tidak? Simple saja. Ketik alamat megainsurance.co.id di address bar dan perhatikan tampilan websitenya. Berikut tampilan website megainsurance yang diakses melalui pc atau komputer



Ketika pelanggan mengakses website untuk mencari informasi yang lebih lengkap melalui smartphone yang dimiliki maka pelanggan tersebut akan melihat tampilan website seperti berikut



Sekarang bandingkan dengan website internal kita, portal.megainsurance.co.id.



Lihat tampilan web internal kita dengan smartphone,



Anda bisa melihat perbedaannya?

Di website resmi megainsurance, jika seseorang mengakses melalui gadget yang dimiliki maka ia akan menemukan kesulitan untuk mengaksesnya. Pertama ia harus mengetuk dua kali di daerah tempat informasi yang ia cari berada. Kedua ia harus melakukan scroll ke arah kanan atau ke arah kiri untuk menemukan informasi yang terdapat di website.

Bandingkan dengan web internal portal.megainsurance.co.id. Anda dapat mencari informasi mengenai apa yang dibutuhkan tanpa harus repot-repot melakukan ketukan pada layar maupun melakukan scroll kiri atau kanan.

Teknologi website yang digunakan oleh portal megainsurance dikenal dengan istilah responsive web design. Sederhananya website akan terlihat sama jika diakses dari gadget manapun apakah itu dari smartphone, tablet, atau bahkan pc. Teknologi responsive web design ini bahkan disebut-sebut akan menghemat beban loading ketika seseorang mengakses website tersebut.

Sudah banyak website besar yang menggunakan teknologi ini, coba anda akses detik.com baik di komputer maupun di smartphone. Pastinya anda akan menemui hal yang sama yaitu tampilan yang tak jauh beda antara pengguna mengakses melalui komputer maupun menggunakan gadget.

Penerapan teknologi Responsive Web Design sendiri tidak memerlukan tambahan alat khusus jika kita memahami kode pembentuk dari website. Dengan tambahan kode CSS yang dimodifikasi dari W-3 CSS website megainsurance akan tampil dengan baik di semua gadget. Dengan kemampuan akses website di segala gadget maka tentunya website yang dimiliki akan mampu untuk lebih dekat kepada pelanggan dan lebih mendengar kebutuhan-kebutuhan mereka.

Semoga tulisan tentang responsive web design ini bermanfaat. Terima kasih.

Comments