Skip to main content

Panduan Webmaster Google

Panduan webmaster dari google harus sangat diperhatikan bagi setiap webmaster (pengelola website/blog). Dengan mengikuti panduan yang diberikan oleh search engine seperti google dan bing, website anda tidak hanya akan mudah ditemukan oleh end user (pengunjung yang berasal dari mesin pencari) tapi juga akan meningkatkan pendapatan anda (jika anda memonitisasi blog dengan adsense).

Apa saja panduan dari google agar website anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengunjung yang berasal dari mesin pencari?

Saya mencoba untuk meringkas artikel panjang mengenai panduan webmaster dari google dari link Bantuan Search Console.

Ada tiga pedoman yang harus diikuti oleh setiap webmaster atau blogger agar situs yang mereka kelola dapat rangking yang bagus dari Google atau search engine. Pedoman tersebut adalah
  1. Pedoman desain dan konten
  2. Pedoman teknis
  3. Pedoman kualitas
Mari kita sama-sama belajar untuk mengaplikasikan pedoman tersebut diatas.

Pedoman Desain dan Konten – Panduan Webmaster Google

  1. Hirarki situs harus jelas. Contoh blog harus jelas mana yang Homepage, Kategori, Postingan, Laman Statis (About, Contact, etc).

  2. Buat peta situs untuk pengunjung. Peta situs itu ada dua macam menurut saya, satu untuk mesin pencari dan yang lain untuk end user alias pengunjung yang berasal dari google. Untuk mesin pencari peta situs yang dipersiapkan adalah sitemap.xml, sedangkan untuk pengguna harus dibuat secara manual.

  3. Jumlah tautan dalam laman harus masuk akal. Hindari memberikan banyak tautan tapi tidak relevan dengan konten yang terdapat didalamnya.

  4. Situs kaya dengan informasi dan mengambarkan konten yang tepat

  5. Selalu gunakan teks untuk nama, konten, atau tautan yang penting. Jika harus menggunakan gambar gunakan tag

  6. Elemen dan harus bersifat deskriptif dan akurat

  7. Periksa tautan yang rusak (broken link) dan perbaiki struktur HTML (validasi w3)

Pedoman Teknis – Panduan Webmaster Google


  1. Pastikan semua aset situs dapat dirayapi oleh mesin crawler google. Untuk memastikan semua aset situs dapat dirayapi oleh mesin pencari gunakan fitur ambil sebagai google dan uji di alat penguji robot.txt di google search console.
  2. Izinkan mesin penelusur merayapi situs tanpa ID sesi agar mesin pencari seperti google bot dapat melacak tingkah laku pengguna individu.
  3. Pastikan server web mendukung header HTTP if-Modified-Since yang memungkinkan server memberi informasi kepada google bahwa konten anda telah diubah sejak terakhir kali google bot datang.
  4. Gunakan file robot.txt dalam web. File ini akan memberi perintah kepada google bot mana yang boleh dirayapi mana yang enggak. Bagi pengguna wordpress.com file ini tidak bisa diutak-atik karena pengguna wordpress yang gratis tidak diberi akses ke hosting, sebaliknya pengguna self hosted wordpress harus memperhatikan hal ini begitupun pengguna blogger.com.
  5. Lakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin telusur.
  6. Gunakan robot.txt untuk mencegah merayapi laman hasil penelusuran atau laman yang dibuat secara otomatis yang tidak menambahkan nilai guna untuk visitor yang datang dari mesin pencari.
  7. Uji situs agar bisa tampil dengan baik di browser yang lain.
  8. Pantau kinerja dan optimalkan waktu loading agar pengguna mendapatkan hasil yang relevan dengan yang dicari dan juga pengalaman browsing yang memuaskan.

Pedoman Kualitas – Panduan Webmaster Google

Umumnya google sangat tidak menganjurkan prilaku yang manipulatif dan menyesatkan. Webmaster atau blogger yang memberikan pengalaman dan informasi yang berkualitas untuk pembacanya akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Pedoman Kualitas dasar


  1. Buat konten untuk orang bukan untuk mesin pencari
  2. Jangan menipu orang yang datang ke website anda melalui mesin pencari. Menipu disini adalah informasi/konten yang terdapat disitus anda ternyata tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna
  3. Buat situs anda menjadi unik, menarik (intinya stand out of the crowd)

Pedoman Kualitas Spesifik


  1. Hindari membuat konten secara otomatis atau yang lebih dikenal dengan auto generated content (AGC). Teknik ini mungkin berhasil meraup ribuan dolar di masa lalu tetapi dengan penerapan kualitas oleh google website anda mungkin akan dicampakkan oleh google begitu terdeteksi anda melakukan agc.
  2. Berpartisipasi dalam link scheme. Jangan ikuti textlinkads jika anda sayang website atau blog yang telah anda rawat selama ini.
  3. Membuat website atau blog yang hampir seluruh kontennya berupa tiruan (aka copas) dari situs/blog lain.
  4. Cloaking
  5. Redirect
  6. Teks atau tautan yang disembunyikan
  7. Laman Doorway
  8. Menyalin konten dari situs lain.
  9. Berpartisipasi dalam program afiliasi tanpa menambahkan nilai yang memadai
  10. Memuat laman dengan kata kunci tidak relevan
  11. Membuat laman dengan prilaku berbahaya seperti phising, memasang virus, trojan dan lain-lain.
  12. Menyalahgunakan markup rich snippet
  13. Mengirim kueri otomatis ke google
okay ternyata saya hanya menyalin ulang dari google. tunggu bentar yak saya persiapkan dulu semua paparan dengan jelas, karena saya mesti kembali membaca hal-hal tersebut diatas. Tidak mudah untuk memberikan sebuah perbedaan antara tulisan asli dan yang kita kopi.

Comments