Skip to main content

Pandangan Masyarakat Terhadap Paytren

Fatwa MUI tentang paytren sudah jelas, boleh. Kalau MUI berpendapat paytren termasuk pada muamalah yang diharamkan tentu sertifikat halal yang diterima oleh paytren tidak akan keluar.

Sayangnya paytren dan Yusuf Mansur sering diserang oleh kalangan muslim sendiri. Konsep bisnis yang seperti multi level marketing menjadi titik serang yang paling banyak digunakan.

MLM memang sebuah bisnis yang zalim menurut saya. Tapi kalau orang yang ikut Multi Level Marketing bisa lepas dari stigma buruk yang kadung melekat tidak mungkin kalau sebuah komunitas bisa sukses bersama. Mengubah pandangan masyarakat terhadap dunia bisnis yang menggunakan MLM sebagai titik masuk memang tidak mudah.

Yang membuat orang antipati pada MLM adalah sistem sebaran kekayaan yang terjadi. Perintis akan mendapatkan keuntungan passive dari downline yang bekerja keras.

Apakah salah kalau seseorang bergabung dengan sebuah bisnis karena undangan orang lain lalu orang yang mengundang diberikan komisi?

Bagi saya tidak.

Praktek itu cukup lazim saya temukan saat mengikuti program referal seperti member get member-nya Bukalapak.

Di dunia nyata pun begitu.

Banyak orang ingin jadi pengusaha tetapi bingung mulai dari mana. MLM menyediakan ruang tersebut. Ajakan untuk menjual barang atau produk dari anggota yang sudah mulai lancar bisnisnya tentu akan menjadi pengenalan yang baik.

Kalau sudah dibantu dikasih jalan agar bisnis jalan, secara tidak langsung ada orang yang memberikan imbalan kepada orang yang membantunya. Tapi bukan soal korupsi loh ya.

Kadang begitu mendengar konsep MLM kita langsung jadi anti, bersikap defensif. Padahal secara konsep sudah diinformasikan berulang-ulang kalau siapapun yang ikut paytren tapi tidak serius mengembangkan bisnisnya maka ia tidak akan berhasil.

Berhasil dalam konteks ini adalah menjadi seorang wirausaha yang sukses.

Berhasil dalam konteks bisnis yang dijalankan oleh paytren dan juga bisnis lainnya adalah mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut.

Saya sendiri berharap kalau bisnis yang dikembangkan boleh seorang yang hafidz Qur'an akan berhasil. Setidaknya akan menjadi contoh yang sangat baik untuk umat muslim lainnya kalau perekonomian bukan milik segelintir masyarakat.

Bagaimana pandangan teman terhadap bisnis paytren?

Comments


  1. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsSaya nggak tahu apa-apa tentang paytren. Tapi klo ada unsur mlmnya saya lebih baik tidak. Soalnya permainannya masuk ke sistem bayar sekian, maka gimana caranya bisa memasukkan orang atau downline sekian agar untung. Biasanya disertai unsur penipuan dan mengatakan hal berlebihan ketika memprospek calon korbannya. 😀

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Viral

Panasonic Merek TV Terbaik yang Paling Mutakhir

TV merupakan salah satu media hiburan dan sarana informasi yang bisa diakses oleh siapa saja di seluruh penjuru dunia. Dengan melalui Televisi Anda tentu bisa mendapatkan informasi tentang segala sesuatu yang terjadi di luar negeri dan dalam negeri dengan mudah. Untuk itu memiliki televisi ini seakan sudah wajib sekali hukumnya bagi setiap rumah tangga.
Televisi sendiri terdapat beberapa jenis, perkembangannya selalu dipengaruhi dari waktu ke waktu. Kalau kita dulu hanya mengenal TV tabung yang hitam putih maka kita sekarang sudah bisa menikmati jenis tv yang lebih modern yakni tv led terbaik yang memiliki varian warna yang beragam dan memiliki desain yang tipis sehingga terlihat sangat elegan.
Sejak awal kemunculannya hingga sekarang, TV LED mengalami perkembangan yang cukup pesat.
Awalnya ada sebuah merek TV LED pertama di Indonesia yang mengenalkan TV LED nya dengan desain yang sangat tipis serta memiliki teknologi canggih masa kini. Sehingga tak lama kemudian banyak produsen T…

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

Tempat Magang Sastra Inggris Yang Paling Ideal, No.1 Paling Favorit

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.

Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.

Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)

Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Dala…