Mengenang Website Gratis co.cc

In Memoriam Website Gratis co.cc

Saat saya belajar menggunakan selfhosted wordpress untuk ngeblog, saya menggunakan website gratis co.cc yang digabung dengan 000webhost.com.

Belajar memang butuh biaya dan biaya yang bisa saya keluarkan adalah biaya untuk sewa komputer plus jaringan internet di warung internet. Saya masih belum mampu untuk membeli domain TLD dan juga hosting sendiri. Maka dari itu saya bersyukur pernah menggunakan layanan website gratis co.cc dan 000webhost.

Sebuah website atau blog yang biasa disambangi berasal dari dua unsur yaitu domain dan hosting. Website gratis co.cc sebagai domain TLD dan 000webhost sebagai tempat hostingnya.

Sebelum adanya website gratis co.cc, saya tidak mengenal apa itu dns, cname, txt, dan istilah-istilah management domain lainnya. Biasanya saya hanya menggunakan domain yang langsung ditawarkan oleh 000webhost. Anda mungkin pernah sekali waktu muncul di website/blog dengan ekstensi .pe.hu atau domain lain. Setelah mengetahui adanya website gratis co.cc mulailah saya mengenal istilah-istilah management domain.

Belajar Custom Domain di blogger dengan website gratis co.cc

Biasanya seseorang yang membuka akun di wordpress atau blogger pasti mendapatkan alamat seperti kandrawilko.blogspot.com. Domain .blogspot merupakan sub domain dari blogger dan penggunanya dapat merubah sub domain tersebut menjadi top level domain. Nama atau alamat website/blog yang di kustom kemudian akan menjadi kandrawilko.co.cc, jika menggunakan website gratis co.cc.

Dengan website gratis co.cc itu saya belajar merubah sub-domain menjadi domain TLD.

Sayang sekali website gratis co.cc kini sudah hilang. Saya juga kurang tahu kenapa website yang memberikan saya banyak pelajaran ini hilang. Salah satu alasan yang kemudian dipublish oleh seorang blogger menyebutkan kalau website gratis co.cc pada dasarnya bukanlah registrar resmi dan pengelola website co.cc ternyata telah melanggar peraturan yang diberikan oleh registrarnya sendiri.

Karena banyak manfaat yang saya terima dari website co.cc, itulah kenapa saya nyatakan website gratis co.cc patut dikenang.