Mengelola Wordpress Self Host Bikin Pusing

Dua hari ini saya mencoba untuk mengutak-atik blog wordpress self host yang saya saya beli di niagahoster. Saya membeli hosting dengan paket personal untuk satu tahun sebesar 466 ribu dengan tambahan domain gratis untuk satu tahun beberapa bulan lalu. Lama juga paket ini tidak saya gunakan karena saya tipikal untuk belajar dulu untuk menggunakan baru melakukan. 

Saya menggunakan aplikasi softaculus yang terdapat di cpanel untuk menginstal CMS Wordpress di blog baru ini. Setelah terinstal saya mencoba untuk membuat tampilan dashboard sama dengan tampilan dashboard wordpress.com.

Untuk menampilkan tampilan dashboard yang hampir sama dengan fungsi dashboard di wordpress.com saya menggunakan plugin Jetpack. Dan untuk plugin SEO saya memakai All in One SEO dari semperplugins.com. Sebelumnya saya menggunakan plugin YOAST untuk mengoptimasi postingan, tapi belakangan saya merasakan kesulitan karena saya tidak biasa menggunakan Yoast.

Saya sendiri mencatat beberapa hal yang harus saya pelajari dalam mengelola website selfhosted wordpress tersebut:
  1. Plugins wordpress yang harus digunakan. Ada banyak plugins untuk membuat website dengan CMS Wordpress tampil lebih prima dan lebih menarik. Saya harus belajar bagaimana memaksimalkan fungsi plugin tersebut.
  2. Salah satu plugin yang saya instal WP Rush seharusnya bisa memperkecil gambar yang terdapat dalam blog. Gambar yang kecil ini berguna agar website tidak mendapatkan loading yang berat ketika diakses oleh visitor. Tapi saya melihat bahwa beberapa gambar di situs saya ada yang muncul dan ada yang tidak. Apakah ini pengaruh dari WP Rush itu?
  3. Saya melihat beberapa website dengan CMS Wordpress seperti juragan cipir dan dapur uang milik moderator komunitas publisher adsense indonesia, dan saya bertanya-tanya bagaimana cara mereka mengelola website personal tersebut hingga mendapat ribuan UV dalam sehari. 
  4. Saya meniatkan website yang dibuat dengan CMS Wordpress ini menjadi website seperti John Chow. Website internet marketer John Chow ini menggunakan namanya sendiri sebagai domain tapi ia bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa dengan menjual produk-produk affiliate. 
Sekian dulu laporan saya dua hari ini, semoga di postingan selanjutnya saya bisa memberikan update penggunaan wordpress selfhost yang lebih berguna bagi orang lain atau silahkan menuju http://sutanmudo.com untuk mengetahui kelanjutannya.