Skip to main content

Match Content, Related Post Dari Adsense

Untuk memudahkan visitor dalam melakukan navigasi, banyak blogger yang memasang kode untuk Related Post dibawah postingan. Tujuannya agar visitor yang datang ke website atau blog dapat berkunjung lebih lama. Nah, saya baru tau kalau ternyata adsense memberikan "related post" yang bisa digunakan dengan mengintegrasikan kode adsense yang mereka punya di dalam website sendiri.

Saya melihat website moderator juragan cipir yang dikelola mbak Indri. Coba perhatikan screenshot yang saya dapatkan dari juragancipir.com. Di skrinsut dibawah dapat dilihat bahwa Matched Content yang memperlihatkan isi dari postingan yang terkait dengan google adsense.
matched content google
contoh Matched Content di website Juragan Cipir
Dalam informasi resmi google, Matched Content adalah sebuah tool yang dapat dipergunakan oleh publisher adsense untuk mempromosikan artikel yang berada di dalam websitenya sendiri kepada visitor. Tujuannya agar website yang dikelola oleh publisher adsense tersebut dapat meningkatkan trafficnya, selain itu waktu yang dihabiskan dalam website juga akan meningkat. Matched Content juga akan meningkatkan loyalitas dari pengunjung, ad impression dan juga penghasilan iklan.

Sayangnya tidak semua website yang terdaftar di adsense yang mendapat tool dari google adsense ini. Ada persyaratan yang harus dilalui sebuah website agar fitur Matched Content ini dapat digunakan. Syarat penting yang diisyaratkan pada semua publisher adsense yang akan menggunakan tool Matched Content ini adalah volume traffic, dan juga jumlah halaman unik.

Saya mencoba mencek apakah akun adsense saya bisa menggunakan tool ini. Caranya dengan
  1. klik icon kemudian pilih setting
  2. pada sidebar, dibawah "Account/Akun", klik Manajemen Situs / Sites management
  3. Dibawah tab owned / pemilikan, cek tabel yang memiliki kolom matched content
Website saya ini sepertinya tidak termasuk dalam kategori, karena tombol aktivasi matched content yang katanya sudah build in ternyata tidak terlihat didalam tabel. Mungkin kalau bertanya langsung ke juragan cipir saya bisa dapetin informasinya supaya matched content saya aktif dan saya tidak repot-repot untuk bikin script java related post yang ribet.

Comments