Skip to main content

Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah layanan dari google,inc yang dapat dipergunakan oleh setiap orang untuk melakukan evaluasi terhadap performa website ataupun blog yang dikelola. Google, inc bahkan mempersiapkan google analytics untuk dapat dipergunakan oleh korporasi maupun small medium enterprise.

Untuk dapat menggunakan tools google analytics anda cukup mempunyai sebuah akun gmail. Dengan akun gmail tersebut anda tidak hanya bisa menggunakan tools analytics dari google tapi juga keyword planner.

Saya sendiri selalu mendaftarkan blog saya tersebut di google analytics. Selain itu saya juga mendaftarkan blog yang saya kelola di google webmaster atau sekarang dikenal dengan google search console.

Saya akan membahas tentang google search console lain kali, dan kita lanjut untuk membahas google analytics.

Kelebihan google analytics dibanding tools analytic lainnya

Ada banyak tools analytics yang gratis dan dapat anda pergunakan untuk mengetahui data-data penting yang dihasilkan oleh situs anda, tapi tools analytics dari google ini banyak yang telah menggunakannya dan juga sudah banyak tutorial tentang menggunakan google analytics dibandingkan tools yang lain.

Saya pernah menggunakan tools analytics dari hitstat selain google analytics. Dari pengalaman saya menggunakan dua tool analytics ini saya pribadi lebih memilih google analytics daripada hitstats. Menurut saya google analytics lebih memberikan detail tentang data visitor dan aktifitas visitor di blog saya dibandingkan menggunakan tool analytics histats.

Postingan saya beberapa waktu lalu tentang topik yang lagi trend di twitter, identitas akun anonim @sangpemburu99 mendapatkan trafik yang sangat tinggi. Banyak visitor yang berasal dari google mampir ke blog saya. Tapi saya masih belum mengetahui dengan rinci bagaimana aktifitas visitor tersebut di blog saya. Aktifitas yang ingin saya ketahui antara lain:

berapa lama visitor berada di postingan tersebut? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel yang bersifat informasi tersebut?
Setelah membaca artikel yang saya berikan, apa informasi lain yang ingin diketahui dan belum saya berikan.
Apakah visitor saya menuju ke link / url sumber rujukan saya? jika iya berapa orang/persentase yang klik link tersebut? jika tidak kira-kira kenapa?
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab dengan menggunakan data yang terdapat di google analytics. Jika anda belum menggunakan google analytics mungkin sekarang saatnya untuk memulai.

Mendaftar di Google Analytics

Saya telah menyinggung tentang cara mendaftarkan blog atau website di google analytic diatas.

Syarat utamanya, saya ulangi kembali, adalah mempunyai akun email dari google. Setelah anda mendaftar di layanan email google yaitu gmail anda dapat langsung mengakses produk-produk google yang lain termasuk google analytics.

Untuk lebih detailnya silahkan lanjutkan ke link www.belajarbloggingdengan.blogspot.co.id/2015/09/mengenal-google-analytics-belajar-blogging-dengan-blogspot.html (mohon maaf link ini agak membingungkan akan saya revisi secepatnya). Blog belajar blogging dengan blogspot ini adalah catatan-catatan saya tentang dunia blogging yang akan saya kumpulkan selama ini.

Comments