Cek dan Memperbaiki Broken Link

Oke edisi perbaikan blog kembali lagi.

Setelah berhenti melihat statistik blog, saya cek ada berapa broken link yang terdapat dalam kandrawilko.info.

Saya menggunakan layanan dari brokenlinkcheck.com karena situs ini yang muncul pertama di halaman google search result dan juga layanannya gratis. Dari penelusuran situs tersebut saya mendapatkan 76 pesan bahwa ada beberapa broken link yang terdapat pada blog kandrawilko.info ini.

Pertama broken link dari hosting blogger yang sudah tidak saya gunakan dan isinya saya gabungkan pada hosting yang sekarang. Jadi kalau ada yang nemu link pencaricerah2.blogspot.com diharapkan bantuannya untuk berikan informasinya di kolom komentar.

Link lainnya yang saya temui adalah link ke situs Oki Setiana Dewi di postingan tentang Teuku Wisnu. Sepertinya dengan kesibukannya berdakwah di televisi, ustadzah yang satu ini melupakan situsnya yang sudah ada.

Kira-kira solusinya seperti apa untuk link yang broken ini?
(Update)
Nah, saya sudah tahu jawabannya. Caranya ada beberapa yang saya dapatkan. Pertama dengan menelusuri satu per satu postingan yang ada dan memperbaiki link-link yang sudah berpindah. Yang kedua adalah dengan menggunakan perintah robot.txt agar mesin penelusur dari google, bing, ataupun yahoo tidak meraba-raba broken link yang terdapat di blog ini.

Untuk langkah kedua sepertinya akan cukup memakan waktu pengerjaannya karena saya harus paham dulu bagaimana cara kerja dari mesin crawler yang jika saya melakukan kesalahan, status index di google search console akan menjadi drop lagi. Dan saya akan say goodbye pada monetizing dengan google adsense.