Aturan Main Mesin Pencari Dalam Menetapkan Hasil Penelusuran

Bertarung untuk menjadi nomor satu dalam hasil penelusuran mesin pencari bisa dibilang sungguh berat. Mesin pencari merupakan pasar dimana penjual dan pembeli saling bertemu. Sebagai sebuah pasar maka tentu ada peraturan yang harus diperhatikan oleh para pengguna. Pengelola pasar dalam dunia internet adalah pemilik dari mesin pencari. Bagi pengelola pasar banyaknya transaksi yang berada didalam pasar tentu menjadi sebuah aset tersendiri, maka dari itu untuk menjaga situasi kondusif dari pasar yang dikelola oleh pemilik mesin pencari ada beberapa aturan yang harus diperhatikan baik bagi penjual maupun bagi pembeli. (Biasanya pengelola mesin pencari lebih menitik beratkan pada kenyamanan pembeli daripada penjual).
pengawas pasar mesin pencari
hansip google-danilopontone.it/


Berikut peraturan dari salah satu pengelola pasar yang paling banyak digunakan di dunia yang saya dapatkan dari blog sharinginpo:
  1. Jangan membuat judul yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan konten dari blog atau website.
  2. Jangan menggunakan judul default atau samar (contoh "untitled" atau "halaman 1")
  3. Menggunakan satu judul tag di semua halaman situs atau kelompok besar halaman
  4. Menggunakan judul sangat panjang yang tidak membantu pengguna
  5. Memasukkan kata kunci yang tidak dibutuhkan dalam tag judul Anda
  6. Menulis deskripsi meta tag yang tidak ada hubungannya dengan konten pada halaman
  7. Menggunakan deskripsi umum seperti “Ini adalah halaman web” atau “Page tentang sekolah “
  8. Mengisi deskripsi hanya dengan kata kunci/terlalu banyak
  9. Copy dan paste seluruh isi dokumen ke dalam meta tag deskripsi
  10. Menggunakan meta tag deskripsi tunggal di semua halaman situs Anda atau kelompok besar halaman
  11. Menggunakan URL panjang dengan parameter dan ID sesi yang tidak perlu
  12. Memilih nama halaman generik seperti “page1.html”
  13. Menggunakan kata kunci yang berlebihan seperti “celana-dalam-celana-dalam-celana-dalam.htm”
  14. Memiliki subdirektori yang dalam seperti “… / dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6 /page.html “
  15. Menggunakan nama direktori yang tidak ada hubungannya dengan konten di dalamnya
  16. Memiliki halaman dari subdomain dan direktori root (misalnya “domain.com /page.htm “dan” sub.domain.com / page.htm “)
  17. WWW dan non-WWW keduanya dapat di akses dan dipakai untuk struktur link  internal
  18. Menggunakan kapitalisasi yang aneh dalam URL (umumnya URL menggunakan huruf kecil dan ingat bahwa itulah yg terbaik)
  19. Menciptakan navigasi dan link yang rumit misalnya menghubungkan setiap halaman ke semua halaman yang lain.
  20. Halaman pergi ke laut  (dibutuhkan dua puluh klik untuk mendapatkan konten)
  21. Memiliki navigasi yang didasarkan sepenuhnya pada menu drop-down dengan gambar atau animasi
  22. Membiarkan halaman sitemap HTML out of date dengan link rusak
  23. Menciptakan halaman sitemap HTML yang hanya berisi daftar tanpa mengorganisir mereka.
  24. Membiarkan halaman 404 diindeks di search engine (pastikan bahwa webserver dikonfigurasi untuk memberikan 404 status HTTP  halaman yang diminta tidak ada)
  25. Hanya memberikan pesan samar seperti “Tidak ditemukan”, “404″, atau tidak ada halaman 404 sama sekali ketika sebuah halaman tidak di temukan.
  26. Menggunakan desain halaman  404 yang tidak konsisten dengan sisa situs Anda
  27. Menulis teks dengan ceroboh dengan ejaan dan kesalahan tata bahasa yang banyak
  28. Embedding teks dalam gambar untuk konten tekstual (pengguna mungkin ingin menyalin dan paste teks dan mesin pencari tidak bisa membacanya)
  29. Konten yang besar tanpa paragraf, subheading, atau pemisahan tata letak
  30. Mengulangi (atau bahkan menyalin) konten yang sudah ada yang akan membawa nilai ekstra untuk  pengguna
Peraturan-peraturan tersebut baru dari satu pengelola pasar yaitu google.com, sedangkan blogger di dunia tidak hanya menggunakan satu pasar tapi beberapa diantara lain yahoo.com, bing.com, baidu.com, dan lain sebagainya. 
    Seperti yang saya singgung diatas bahwa pengelola pasar membutuhkan ketaatan dari para penjual agar para pembeli nantinya merasa nyaman dengan pasar yang bersangkutan. Mungkin bagi para penjual merasa keberatan dengan peraturan yang diterapkan oleh pengelola tapi jika berada di posisi pengelola tentu saja para penjual akan membuat peraturan yang sama. Jika pembeli tidak merasa nyaman dengan pasar yang mereka temui tentu saja mereka akan mencari pasar yang lain. Persaingan antar pasar mesin pencari pun terjadi disini. Jadi solusi bagi penjual, ikuti peraturan pembuat pasar.

    Seorang teman pernah mengeluhkan hal ini kepada saya ketika bertukar pikiran mengenai peluang bisnis online. Kebetulan teman tersebut memang dulunya aktif bergerilya di dunia online dengan melakukan black hat seo, hasilnya pun sangat mencengangkan. Seratus dolar sehari dari google adsense bisa ia dapatkan namun tentu saja pemilik pasar, dalam hal ini google, selalu mengawasi para penjual nakal seperti teman saya tersebut. Akibatnya pada saat mau PO akunnya di-banned. 

    Kisah ini menjadi pelajaran bagi saya sebagaimana ketegaran sayap militer Hamas dalam berjuang untuk kemerdekaan negara Palestina. Saya mempunyai dua akun google adsense dan hanya satu akun yang hingga saat ini berhasil mengumpulkan hasil lebih dari sepuluh dolar (padahal untuk PO minimum harus 100 dolar). Kenapa saya bangga dengan hasil yang tidak sampai pada minimum PO tersebut? Karena saya melakukannya by the rules yang telah ditetapkan oleh pemilik pasar. Saya yakin buah dari kesabaran tersebut ada dan tentu saja akan sangat manis terasa. 

    Hari ini saya mencoba kembali meriview beberapa kata kunci yang mempunyai RKT bagus di blog saya yang khusus berbahasa inggris dan berkonten manchester united. Setelah saya melihat hasil ulasan singkat orang awam dengan menggunakan alat gratisan webmaster tools dan google adword keyword planner, akhirnya saya bersiap untuk mengoptimasi sebuah postingan agar terlihat lebih profesional dan dengan harapan dapat termasuk pada web yang diakui sebagai referensi pada mesin pencari.

    Jadi sekian dulu postingan ini mari bersama berusaha dengan saling mengingatkan dan bersabar. Jangan pernah menyerah.