Ada empat tool penting yang harus digunakan oleh seorang webmaster untuk mengukur data dari website yang ia kelola. Tools tersebut adalah google search console, google analytics, google plus, dan google adwords. Keempat tools ini dapat anda gunakan tanpa biaya dan tentunya akan menentukan bagaimana anda membuat strategi digital marketing anda.

Setiap pembahasan tentang bagaimana cara mendapatkan/meningkatkan trafik kunjungan dari mesin pencari yang anda temukan di internet pasti menyinggung empat tools yang diberikan google tersebut. Syarat untuk mendaftar dan menggunakan tools tersebut pun sangat mudah yaitu mempunyai akun gmail. Satu akun gmail yang anda miliki dapat mengakses seluruh produk google, khususnya empat tool yang saya sebutkan tadi.

Sayangnya tidak semua perusahaan yang menggunakan tools gratis tersebut. Saya sendiri heran. Tidak bayar dan memberikan data yang bisa dianalisa oleh tim marketing atau bisnis development dan tidak dipergunakan. Saya coba berprasangka baik saja perusahaan-perusahaan ini belum tahu tools tersebut dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Pada tulisan kali ini saya mau mencoba mengulas satu per satu tools tersebut dan bagaimana memanfaatkannya untuk mencapai tujuan perusahaan atau mungkin blog anda.

Google Search Console

Google search console sebelumnya bernama google webmaster tools. Tool ini sebaiknya dipergunakan oleh webmaster perusahaan untuk mendaftarkan website perusahaan ke database google. Setelah mendaftarkan website perusahaan untuk masuk ke google maka dari search console akan memberikan kode unik untuk disisipkan ke website perusahaan.

Dengan menyematkan kode unik di website anda maka google akan mengetahui jika pemilik website adalah anda atau staf perusahaan. Dengan mengatakan ini website saya kepada google, situs pencari populer ini pun akan memberikan banyak data untuk anda analisa dalam mengembangkan website perusahaan.

Setelah anda menyematkan kode unik untuk mengkonfirmasi kepemilikian situs maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan peta situs dari website anda. Peta situs memiliki fungsi yang sama dengan peta daerah yang biasa anda gunakan untuk hiking atau camping. Bedanya peta situs untuk website itu mempunyai dua format untuk dua pengguna yang berbeda.

Peta situs pertama adalah peta situs yang berekstensi .xml. Peta situs dengan format .xml ini berguna untuk robot google. Ini istilah teknologi perayapan yang digunakan google untuk nantinya menampilkan informasi yang terdapat di website anda di halaman pencarian google (SERP = Search Engine Result Pages). Peta situs ini harus anda daftarkan di google search console. Jika anda tidak mendaftarkan peta situs tersebut kemungkinan besar google akan sulit menentukan apakah informasi di dalam website anda relevan dengan pencarian yang dilakukan oleh pengguna.

Peta situs kedua adalah navigasi yang dapat anda lihat secara kasat mata. Jika anda melihat