Skip to main content

20 Cara Mendapatkan Free Advertising Websites

Free advertising websites adalah sebuah kata kunci yang mempunyai nilai bid dan kompetisi yang cukup tinggi setelah saya melakukan sebuah eksperimen dengan menggunakan google adwords keyword planner. Dari Februari 2014 sampai Bulan Januari 2015 pencarian untuk daftar situs iklan gratis ini hanya dicari sebanyak 10 kali per bulan.  
hasil adwords keyword planner

Bagi pebisnis yang skala kecil atau UKM, mendapatkan sebuah situs iklan gratis adalah berkah tersendiri, apalagi jika situs tersebut juga mempunyai jaringan yang luas. Di Indonesia kita mengenal beberapa situs iklan gratis ini seperti olx.co.id (dulu tokobagus.com), berniaga.com, dan juga kaskus fjb yang melegenda. Beberapa tahun yang lalu para pengusaha UKM akan terbantu dengan situs-situs iklan gratis yang telah saya sebutkan diatas, tapi seiring dengan berkembangnya perekonomian di Indonesia, persaingan untuk mendapatkan tempat paling depan di situs iklan gratis seperti yang telah saya sebutkan diatas semakin ketat. Pada beberapa situs iklan gratis untuk mendapatkan tempat tepat berada di beranda situs atau homepage pengiklan diharuskan untuk membayar layanan lebih. Ibaratnya jika toko online seperti tokobagus.com itu adalah pasar, maka untuk sewa tempat berjualan pada lokasi strategis (dalam hal ini saya asumsikan homepage) pengiklan harus membayar sejumlah uang sebagai jasa atau sewa lahan. 
  
Bagi blogger yang merintis bisnis online seperti saya, mencari free advertising websites saat ini dirasakan cukup sulit. Rasanya iklan baris gratis sekarang hampir seperti menitipkan iklan di koran. Ada biaya yang harus dipersiapkan untuk mempromosikan situs yang dimiliki/produk yang dijual. Biaya ini dapat dikurangi atau bahkan tidak menjadi beban seorang blogger jika melakukan hal-hal berikut ini:
  1. Meningkatkan kenampakan situs dalam mesin pencari.
  2. Letakkan URL blog/situs dimana saja
  3. Daftarkan URL anda di Yellow Pages, Direktori Blog/Websites, Daftar Khusus, Organisasi Industri yang dapat anda temukan.
  4. Bergabung dengan komunitas online
  5. Siapkan mailing list
  6. Dapatkan perhatian media setempat
  7. Terbitkan laporan tentang industri / informasi lain


Free Advertising Websites For Business







Comments