Skip to main content

Cara Membuat Konten Toko Online Utk Menjual Baju Gamis Wanita

Berhubung akan dekat bulan Ramadhan saya ingin berbagi tulisan tentang cara membuat konten toko online untuk menjual baju gamis wanita.

Semoga tulisan untuk teman-teman buatblogger.net umkm/ukm bisa memanfaatkan tulisan ini dalam beradaptasi dengan revolusi industri digital yang sedang berjalan kencang.

Menulis konten untuk toko online berbeda dengan menulis untuk blog. Jika blog bertujuan agar banyak mendapatkan engagement pengunjung seperti membaca artikel yang ditulis hingga paragraf terakhir, dibagikan oleh pengunjung melalui media sosial, atau mendapatkan klik iklan dari pengunjung maka tujuan dari toko online adalah bagaimana website ecommerce tersebut tidak hanya mendapatkan user tetapi juga meningkatkan penjualan dari barang yang dijual.

Contoh yang saya ambil sekarang adalah gamis wanita.

Kenapa harus gamis wanita?

Pertama, dengan dekatnya bulan Ramadhan dan juga akan diikuti oleh Hari Raya Idul Fitri, secara tidak langsung produk pakaian khusus wanita muslim ini akan banyak dicari oleh konsumen.

Kedua, wanita merupakan makhluk yang sangat memperhatikan penampilan dibandingkan dengan laki-laki.

Ketiga, sudah kebiasaan masyarakat muslim di Indonesia jika bulan Ramadhan memberikan spirit keagamaan yang lebih kental dan banyak teman-teman wanita saya menjadikan bulan suci tersebut sebagai bulan untuk memperbaiki diri dimulai dengan merubah kebiasaan dalam berpakaian.

Untuk teman-teman yang baru membuat website e-commerce (entah itu menggunakan weebly, wix, easystore, wordpress + woocommerce, atau blogspot) merancang sebuah katalog khusus gamis wanita sangat dibutuhkan.

Pertanyaannya:
  1. Apakah cukup foto dan deskripsi produk yang ditampilkan sekarang untuk membuat seorang pengunjung akhirnya membeli produk gamis yang ditawarkan?
  2. Bagaimana tampilan katalog produk yang membuat calon konsumen tidak lagi mencari informasi gamis ke tempat lain tetapi langsung membeli di web e-commerce yang kita miliki?
Untuk menjawab kedua pertanyaan diatas kita sebaiknya memposisikan diri sebagai calon pembeli.

Contoh:

Ketika kita akan membeli gamis dan melihat model gamis yang dipajang di website toko online yang kita miliki, apakah kita akan langsung membeli gamis tersebut?

Tentunya kita akan melihat model yang menggunakan gamis yang dijual. Lalu memperkirakan ukuran baju yang dipakai model gamis dengan ukuran tubuh kita sendiri.

Lalu...

Apakah kita akan menggunakan ukuran yang sama, lebih kecil atau lebih besar?

Perawakan kita berbeda satu sama lain.

Model yang berada di katalog mataharimall.com mungkin saja lebih tinggi, lebih ramping. Berbeda dengan orang biasa yang mungkin tubuhnya kecil.

Dengan memberikan tips memilih gamis untuk wanita bertubuh kecil tepat dibawah katalog produk wanita maka kemungkinan besar pengunjung anda akan berkonversi menjadi pembeli.

Coba anda perhatikan di katalog gamis wanita di link mataharimall.com yang saya berikan tadi.

Tidak hanya gambar produk, judul dan harga yang tertera disana. Tepat dibawah katalog produk gamis wanita tersebut terdapat tips untuk membeli gamis dari ecommerce tersebut.

Anda juga bisa meniru gaya atau strategi penjualan dari mataharimall tersebut, mungkin untuk membedakan konten yang ada di web ecommerce anda dengan mataharimall.com coba anda berikan tips memilih gamis yang tepat untuk wanita bertubuh mungil.

Misalkan saja Anda bisa menganjurkan agar wanita yang bertubuh mungil agar menghindari motif yang ramai. Berikan alasannya kenapa wanita yang tubuhnya kecil harus menghindari motif yang banyak tersebut. Contoh:
"motif yang berlebihan atau terkesan ramai akan membuat tubuh Anda terlihat semakin kecil. Tak hanya semakin kecil, jika Anda memiliki postur tubuh yang sedikit gempal, motif pada baju gamis wanita yang ramai akan membuat penggunanya menjadi terlihat semakin gemuk. Oleh karena itu gunakan yang bermotif kecil atau polos agar terlihat lebih simple."
Anda juga bisa menyarankan agar wanita yang bertubuh mungil tidak asal mengkombinasikan warna. Mengkombinasikan baju gamis dengan pakaian lain yang berwarna senada dapat membuat penggunanya terkesan lebih elegan dan modern.

Atau…

Sarankan warna yang kira-kira cocok untuk mereka.
“Pilih model gamis warna monochrome atau solid. Warna-warna berlebihan seperti kuning menyala akan membuat Anda terlihat mencolok dan tidak cocok saat mengenakan gamis tersebut. Warna monochrome seperti hitam, putih atau abu-abu akan lebih sesuai untuk tubuh kamu yang mungil. Selain itu kamu bisa menggunakan warna-warna solid seperti navy, merah dan lainnya. Layer yang bertumpuk pada gamis bisa mengesankan seseorang terlihat elegan dan modern. Tetapi untuk wanita yang bertubuh kecil kesan yang didapat justru sebaliknya."
Calon konsumen anda yang bertubuh mungil kemungkinan besar akan terlihat lebih pendek. Agar calon konsumen anda membeli produk gamis yang anda tawarkan berikan saran agar menghindari baju gamis dengan layer yang bertumpuk. Sarankan agar menggunakan gamis dengan layer yang sederhana dan simpel.

Untuk ukuran busana, anda bisa sarankan agar menggunakan gamis yang panjangnya hingga sedikit dibawah mata kaki agar pembeli gamis nantinya terlihat lebih tinggi ketika menggunakan produk Anda.

Menurut anda apakah saran anda akan diterima oleh calon pembeli?

Belum tentu. Pembeli adalah raja, mereka bisa menerima saran dari kita atau tidak.

Namun minimal anda telah memberikan saran terbaik berdasarkan kapasitas anda sebagai pemilik produk.

Kata kang dewa yang mengutip salah seorang pakar copywriting, orang membeli manfaat bukan hanya membeli gamis wanita.

Terakhir:

Memberikan tips sederhana seperti yang saya sampaikan diatas tidak hanya berguna untuk pembeli anda tapi juga untuk persaingan dengan kompetitor di situs pencari seperti google, bing, yahoo dan lain-lain.

Sebarkan kata-kata yang terkait dengan memilih gamis wanita secara natural di bawah katalog produk anda agar setiap kata kunci turunan yang terkait dengan gamis wanita bisa memberikan calon pembeli potensial di web ecommerce.

Tapi harap diingat juga harus hati-hati.

Jangan sampai terlalu memaksakan menggunakan keyword turunan hingga ketika robot crawler google yang merayapi situs anda (untuk mengumpulkan informasi) menganggap anda memampatkan kata kunci untuk memanipulasi hasil pencarian situs tersebut.

Sampai disini dulu pembahasan cara membuat konten menjual baju gamis wanita. Jika tulisan ini bermanfaat bagi kerabat atau teman anda yang sedang jualan gamis, kirimkan artikel ini kepada mereka melalui tombol medsos dibawah atau melalui email.

Jika ada yang butuh bantuan untuk membuat artikel promosi produk silahkan hubungi saya.

Comments

  1. Hemm, sebuah pemaparan dengan gaya bahasa yang epik dan mudah dimengerti. Saya suka sekali tulisan ini. Good Job …👍

    ReplyDelete

Post a Comment