Skip to main content

Theme Child Wordpress: Solusi Mengurangi Penggunaan Resource Blog

Resource limit is reached.
Bagi pengguna shared hosting dan menggunakan CMS Wordpress, menemukan pesan tersebut ketika mengakses blog.Saya sendiri baru pertama kali menemukan pesan tersebut ketika sedang memoderasi komentar yang masuk ke pencaricerah.com.
Dari beberapa artikel yang saya baca perihal pesan error limit is reached tersebut saya mengetahui kalau aplikasi yang terinstal di blog telah menguras sumber daya hosting.
Kira-kira aplikasi apa saja yang membuat blog saya ini menghabiskan sumber daya yang diberikan oleh hosting?Pertanyaan ini saya ajukan kepada tim IT exabytes ketika melaporkan kejadian ini.
Sayang jawaban pasti yang saya inginkan tidak diberikan oleh tim teknikal web hosting saya saat ini.
Ketika saya memposting permasalahan ini di gplus blogging dan writing, salah seorang teman mengatakan kalau kemungkinan besar plugin jetpack yang membuat resource hosting saya sampai melebihi batas.
Agar mengurangi kemungkinan kejadian serupa terulang, saya mencoba untuk mengurangi menggunakan plugin yang saya gunakan.
Salah satu solusi yang saya baca adalah dengan membuat function.php sendiri yang berbeda dengan function.php core template wordpress yang saya gunakan.
Jadilah saya akhirnya membuat tema anak Twentyseventeen, dengan tujuan menampilkan iklan adsense auto ads untuk amp dan juga menghilangkan iklan wordpress powered by wordpress.

Mengganti Kredit Link Powered By Wordpress ke Pencaricerah.com Allrights Reserved © 2018

Saya menemukan panduan resmi untuk menghilangkan kredit link wordpress di make.wordpress.com. Mengkuti panduan tersebut saya buat childtheme twentyseventeen dengan cara membuat folder baru di wp-content\theme\.
Ingat ya teman-teman di path yang saya sebutkan diatas bukan didalam folder dari tema twentyseventeen. Kalau teman-teman membuat sub-folder tema anak dari tema twentyseventeen didalam parent theme, hasilnya bakal error.
Satu lagi. Kalau memungkinkan gunakan InstantWP atau XAMPP untuk mengikuti panduan membuat tema anak. Jadi perubahan yang kita lakukan tidak mengganggu kenyamanan pembaca/pengunjung.
Di folder tema anak twentyseventeen kita harus menambahkan dua file yaitu style.css dan function.php. Menurut panduan di website resmi diatas, dua file yang kita buat di folder tema anak akan mengganti tampilan dan fitur bawaan theme twentyseventeen.
Agar aplikasi wordpress bisa membaca kalau kita menggunakan tema anak, kita harus mebuat template header didalam file style.css didalam folder tema anak. Template header untuk tema anak twentyseventeen yang saya guna sebagai berikut:
/*
Theme Name: Pencari Cerah .COM
Description: Custom Theme twentyseventeen
Author: Kandra
Author URI: https://kandra.id
Template: twentyseventeen
Version: 1
*/
Jika template header tersebut tidak ada, kita akan menemukan pesan error di wp-admin/themes.php. Bunyinya kalau kita bikin template sendiri tambahkan index.php atau kalau kita bikin theme anak tambahkan template header.
Setelah menambahkan template header di file style.css, saya menyalin kode css di tema parent twentyseventeen ke file style.css tema anak. Kita bisa menggunakan kode css sendiri di file tersebut, hanya saja untuk awal-awal membuat theme child twentyseventeen saya memilih untuk tidak repot utak-atik kode tampilan dulu. Takut kehilangan fokus.
Untuk menghilangkan kredit link wordpress kita tidak harus menggunakan function.php. Yang kita butuhkan adalah menyalin file footer.php di folder tema parent ke folder tema anak.
Di file footer.php ini tempat kredit link dipanggil untuk tampil di laman depan blog kita. Ketika saya membuka file footer.php yang baru saja di salin, saya menemukan kode berikut
get_template_part( 'template-parts/footer/site', 'info' );
Kode diatas memanggil bagian dari kode footer yang berada di folder sub-folder template-parts untuk footer.
Selain kode diatas didalam sub-sub-folder footer terdapat dua file yaitu site-info.php dan footer-widgets.php. Untuk menghilangkan kredit link wordpress kita harus membuka file site-info.php dan temukan kode dibawah ini:

?>
<div class="site-info">
<a href="<?php echo esc_url( __( 'https://wordpress.org/', 'twentyseventeen' ) ); ?>"><?php printf( __( 'Proudly powered by %s', 'twentyseventeen' ), 'WordPress' ); ?></a>
</div><!-- .site-info -->

Setelah menemukan kode diatas, kita tinggal menghapus kode get_template_part( 'template-parts/footer/site', 'info' ); dan menggantinya dengan kode yang didapat dari site-info.php.
Salin kode tersebut kemudian tempelkan di file footer.php yang berada di tema anak.
PERHATIAN: jangan sampai kurang menyalin kode yang dibutuhkan, karena kesalahan sedikit saja akan menyebabkan munculnya pesan error dan tampilan yang kita inginkan tidak muncul.
Saya memilih untuk tidak menggunakan link di bagian kredit link wordpress yang saya ganti.
?>

<div class="site-info">
Pencaricerah.com Allrights Reserved &copy; <?php echo date('Y'); ?>
</div><!-- .site-info -->

Hasilnya bisa teman-teman lihat. Bagian kredit link saya sudah berubah menjadi lebih branded. Pencaricerah.com Allrights Reserved © 2018.

function.php

Setelah file style.css kita ada maka langkah selanjutnya kita membuat perintah agar kode css di tema anak yang fungsi agar kode css yang terdapat di tema anak bisa menggantikan kode css dari parent theme.
Kode berikut ini harus berada di file function.php yang terdapat di folder tema anak wordpress

function pencaricerah_enqueue_styles(){
$parent_style = 'twentyseventeen';
wp_enqueue_style( $parent_style , get_template_directory_uri() . '/style.css');
wp_enqueue_style( 'child-style' , get_template_directory_uri() . '/style.css' ,
array( $parent_style )
);
}
add_action( 'wp_enqueue_scripts' , 'pencaricerah_enqueue_styles' );

Bagaimana cara menghilangkan Powered by Wordpress di footer dan menggantinya dengan Pencaricerah.COM Allrights Reserved ©2018?
Caranya salin file footer.php di parent theme ke folder tema anak.Buka file footer.php yang sudah dikopi tersebut dan cari kode dibawah ini:
get_template_part( 'template-parts/footer/site', 'info' );
Kode diatas merupakan kode yang menampilkan iklan wordpress. perintah get_template_part mengambil kode yang berada di folder template-parts/footer/site-info.php.

?>
<div class="site-info">
<a href="<?php echo esc_url( __( 'https://wordpress.org/', 'twentyseventeen' ) ); ?>"><?php printf( __( 'Proudly powered by %s', 'twentyseventeen' ), 'WordPress' ); ?></a>
</div><!-- .site-info -->
Untuk mengganti Powered by kita harus menghapus get_template_part( 'template-parts/footer/site', 'info' ); dan menggantikannya dengan kode yang terdapat di file site-info.php diatas.PERHATIAN: jangan sampai kurang menyalin kode yang dibutuhkan, karena kesalahan sedikit saja akan menyebabkan munculnya pesan error dan tampilan yang kita inginkan tidak muncul.
Selanjutnya kita hapus seluruh kode di tag <a>
<a href="<?php echo esc_url( __( 'https://wordpress.org/', 'twentyseventeen' ) ); ?>"><?php printf( __( 'Proudly powered by %s', 'twentyseventeen' ), 'WordPress' ); ?></a>

Lalu menggantinya dengan
<div class="site-info">
Copyright &copy; <?php echo date('Y'); ?>
</div><!-- .site-info -->

Kalau teman-teman ingin link aktif, modifikasi saja kode awal yang tadi kita hapus.


Comments