Update Algoritma Google Terbaru Desember 2017

Update algoritma google terbaru bulan Desember 2017 hati-hati bagi yang suka open bw dan cendol.

Apalagi yang ngasih link serps dengan kata kuncinya di media sosial seperti facebook, gplus, dan lain sebagainya.

Bagi blogger yang suka blog walking dan ngasih cendol saya sarankan untuk menghentikan promosi blog dengan link serps ke facebook sekarang juga!

Kenapa?

Baru-baru ini searchenginejournal mendapatkan konfirmasi dari google jika situs pencarian tersebut telah melakukan pembaharuan algoritma. Pembaruan algoritma di mesin pencari google tidak terlalu signifikan. Hanya perbaikan minor kalau kata google tapi efeknya sudah dirasakan oleh website-website di Amerika Serikat dan Inggris.

Barry Swartz yang menyadari adanya perubahan di mesin pencarian mencoba untuk menganalisa apa yang membuat peringkat website berubah untuk kata kunci yang di dapat dari serps. Setelah mensurvey lebih kurang 100 website yang terdampak pada perubahan algoritma google, kolumnis seroundtable tersebut mengambil kesimpulan website yang terkena efek dari algoritma terbaru ini adalah website yang menggunakan teknik permutasi keyword dan website yang menggunakan metode doorway untuk meningkatkan trafik website dan juga peringkat di mesin pencari.

Apa itu teknik permutasi keyword dan metode doorway?

Akan lebih baikbjika kita menggunakan contoh. Anggap saja website kita menargetkan keyword obyek wisata, permutasi keyword obyek wisata di Bandung, obyek wisata di Semarang dan lain-lain.

Doorway menurut google...

Kw objek wisata di Lampung, web posisi 8 di serps google. Anda salin link serps google tersebut kemudian mempromosikannya ke media sosial.

Tujuan kita agar kunjungan yg seharusnya terhitung dari referensi media sosial malah menjadi kunjungan dari mesin pencari. Yang harusnya referal jadi organik.

Google sepertinya mendeteksi hal ini.

Oke lanjut dulu bahas tentang update algoritma google di bulan Desember ini.

Onskull, petinggi semrush, mengamini analisa awal Barry diatas. Ia menambahkan jika perubahan di serps yang paling terasa adalah pada hasil pencarian mobile di kategori industri seperti travel, e-commerce, auto dan kendaraan, hukum dan pemerintahan, referensi, hobi dan waktu luang, sains, internet dan telekomunikasi, pekerjaan dan pendidikan, rumah dan kebun.

Penyebab perubahan yang cukup signifikan ini menurut CTO kissmetrics yang dikutip oleh kontributor search engine journal, Mitchell Robbins, dikarenakan beberapa website tidak memperhatikan struktur website khususnya pada pengaplikasian schema.

Sumber:
https://searchengineland.com/google-confirms-mid-december-search-ranking-algorithm-update-288682