Skip to main content

Domain Gratis untuk Blog: Cara Mendapatkan Domain Gratis Ala BuatBlogger.Net

Cara mendapatkan domain gratis untuk mulai bisnis kamu di 2018 – Domain atau alamat web/blog teman-teman merupakan identitas, brand, dan aset kita dalam menjalankan bisnis online. Meskipun domain bisa didapat dengan 10 ribu rupiah tetapi masih banyak teman-teman blogger yang saya perhatikan masih menggunakan domain gratis dari freenom.

Saya sudah membahas kekurangan menggunakan layanan domain gratis penyedia tersebut, dan saya juga telah membagikan pengalaman salah seorang pengguna dari penyedia. Namun saya tidak bisa memaksa teman-teman untuk menghindari menggunakan layanan tersebut jika tidak mendapatkan opsi lain. Pesan saya ingat tidak ada yang namanya menggunakan domain gratis selamanya tanpa syarat (link).

Blog saya sendiri, www.buatblogger.net, merupakan domain gratis yang saya dapatkan dari promosi web host Indonesia, exabytes.co.id. Hingga bulan lalu saya sedang mempertimbangkan untuk mendapatkan keuntungan dari domain gratis ini dengan menjualnya. Tetapi dengan belajar dari masa lalu saya akhirnya optimis bisa memperpanjang menggunakan domain gratis terbaik (menurut saya) dari program GROW exabytes.

Saya membagikan cara mendapatkan domain gratis sekarang karena saya harus membuktikan dulu teori yang saya punya. Teori yang tidak punya bukti langsung tidak akan memberikan manfaat kepada teman-teman yang membaca.

Penasaran bagaimana saya mendapatkan domain gratis untuk mulai bisnis dengan www.buatblogger.net?

Cekidot.

Hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah mencari penyedia domain gratis untuk blog yang teman-teman kelola. Sebagai pebisnis pemula saya menganggap membuat blog seperti membuat startup. Kita harus menggunakan uang sendiri dulu kemudian baru mencari investor untuk pengembangan blog dan bisnis yang kita jalanai.

Berburu Domain di Penyedia Domain Gratis Exabytes

Seperti teman-teman saya mengalami kendala dalam membeli domain baru ditahun 2017. Jimmy Ahyari, internet marketer Indonesia asal kendari, pernah berkata beli domain seperti beli tanah. Itu akan menjadi investasi masa depan yang menguntungkan.

Karena gaji saya sebagai karyawan sudah terkuras untuk menafkahi keluarga, saya harus mencari cara agar untuk bisnis online yang saya rintis di tahun 2017 (dan selanjutnya insya Allah) tidak mengganggu keuangan keluarga.

Jadi seperti teman-teman sekalian saya juga mencari penyedia domain gratis. Hasil pencarian saya berujung pada sebuah berita advertorial dari portal berita cnn Indonesia. Di artikel tersebut dibahas kalau ada situs penyedia hosting Indonesia yang memiliki program khusus untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia bisa go digital. Program tersebut memiliki memberikan para pelaku bisnis UKM sebuah domain plus email hosting yang dapat digunakan tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Program GROW nama kampanye dari situs penyedia web hosting exabytes.co.id tersebut. Program ini menurut pengelola bukan saingan dari program kominfo. Tahun 2016 kalau tidak salah KOMINFO juga membuat program dengan sasaran yang sama dengan nama satu juta domain id gratis. Pelaku usaha kecil menengah yang mendaftar di program 1juta.id tersebut akan mendapatkan hosting gratis dengan domain .id gratis atau domain .co.id gratis.

Maka saya pun mencari tahu seperti apa syarat dan ketentuan program GROW agar saya bisa memulai bisnis online dengan modal yang sangat kecil (baca: tidak mengeluarkan uang untuk beli domain sama sekali).

Tidak cukup membaca syarat dan ketentuan mendapatkan domain dan email hosting gratis dari program GROW. Saya juga memanfaatkan fasilitas chatting yang terdapat di website tersebut untuk saya memahami dengan benar apa hak dan kewajiban saya dalam mengikuti program tersebut.

Singkat cerita setelah 30 menit bertanya-tanya dengan customer service exabytes, saya mendaftar di program GROW exabytes.co.id.

Domain yang saya daftarkan merupakan kueri yang memiliki cost per clik (bayar per klik) medium dan juga memiliki volume pencarian yang juga cukup besar. Setidaknya itu data yang saya dapatkan dari tool keyword everywhere. Untuk blognya sendiri saya menggunakan koleksi blog yang saya daftarkan di blogger.com.

Blog yang saya daftarkan untuk mendapatkan domain .net gratis (yup .NET, soalnya .COM dan .ID sudah kehabisan promo) berada di situs blogger.com. Blog ini sudah saya gunakan untuk membantu pebisnis online pemula yang memanfaatkan blogspot sebagai media promosi dan juga menjual produk dari tahun 2015. Sudah lama saya sendiri tidak mengupdate artikel-artikel didalamnya. Kategori yang saya ambil terlalu luas dan umum yaitu blogging. Dan banyak blog-blog lain yang lebih kompeten membahas tips maupun trik untuk memanfaatkan blog dalam menghasilkan uang selain blog saya tersebut.

Singkat cerita setelah saya mendaftarkan diri di program GROW dengan kueri yang saya dapatkan dan juga blog lama yang saya miliki, exabytes memberikan domain www.buatblogger.net. Tidak tunggu lama saya pun mengganti alamat blog di blogger dengan alamat baru yang saya dapatkan secara gratis dari exabytes.

Setelah mendapatkan domain gratis .NET dan email hosting saya pun berpikir bagaimana cara saya mempertahankan domain gratis terbaik yang pernah saya dapatkan ini.

3 Cara Monetisasi Yang Saya Lakukan Untuk Mempertahankan Domain Yang Didapat Gratis dari Program Grow

Google Adsense

Pilihan pertama tentu saja menggunakan google adsense. Program penayangan iklan dari jaringan periklanan google ini menjadi pilihan pertama saya.

Teman-teman juga bukan?

Awalnya saya menggunakan kode adsense yang sudah saya dapatkan. Saya belum terpikirkan untuk menambah akun adsense untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Hasil dari menayangkan iklan adsense di blog dengan domain baru ini mencengangkan saya. Meski masih jauh dari harapan tetapi pendapatannya lebih besar dibandingkan dengan website saya yang lain.

Ilustrasinya begini. Blog saya yang sudah lebih dulu disetujui oleh google adsense memiliki rasio klik tayang (RKT)0.3%. Itu blog dengan niche gado-gado (multi niche kalau kata orang bule). Dengan blog yang menggunakan keyword on domain (KOD) yang didapat dari search analytics web master ditambah data keyword everywhere, RKT iklan yang saya dapatkan mencapai 2% per hari.

Berarti domain baru ini jauh lebih potensial dibandingkan domain lama yang saya miliki.

Maka dengan menggunakan alamat gmail miliki istri (setelah mendapatkan ijin tentunya) saya daftarkan www.buatblogger.net ke program adsense. Saya tidak butuh waktu lama untuk disetujui menjadi publisher adsense. Hanya selang sehari setelah mendaftarkan blog custom domain, google menyetujui permintaan saya sebagai rekan mereka dalam menayangkan iklan.

Januari yang lalu saya daftarkan dan hingga saat artikel ini saya terbitkan RKT tayang iklan saya sesuai dengan rencana. Hanya saja kalau saya hanya fokus menggunakan satu program saja, saya tidak yakin bisa menebus domain gratis yang sudah saya terima.

Jadi saya mencoba menggabungkan berbagai metode monetisasi yang saya ketahui selain menjadi penayang iklan.

Kebetulan saya pernah membaca panduan internet marketing mas Darmawan. Di artikel beliau menyinggung kalau jangan menjadikan google adsense sebagai metode monetisasi yang utama. Di artikel tersebut Darmawan menggambarkan mirisnya penghasilan blogger Indonesia yang hanya mengandalkan google Adsense.

Saya coba menyampaikan kembali konteks pendapat pemilik panduanim.com tersebut. Anggaplah www.buatblogger.net mendapatkan kunjungan per hari mencapai 1000 UV (unique visitor). Dari 1000 pengunjung tersebut perangkat yang digunakan bermacam-macam dan juga peramban yang digunakan beragam juga. Iklan adsense mendapatkan tayangan (maksudnya iklan benar-benar dilihat pengunjung) hanya 1%.

Kenapa 1%? Karena mungkin beberapa pengunjung memilih untuk memfilter iklan yang tampil di blog. Jadi kita mendapatkan 10 pengunjung yang tidak memblokir tampilnya iklan. Dari 10 pengunjung tersebut anggaplah 1 yang klik iklan dengan sadar dan mengunjungi web pengiklan. Jadi kita mendapatkan RKT iklan 0.01%. Jika iklannya mempunyai keyword bpk tinggi (contoh: satu kali di klik nilainya 1 juta rupiah), 0.01% tersebut bakal bisa membuat kita PO dari program Adsense.

Tapi itu sangat jarang didapatkan. Terlebih dengan mirisnya cost per thousand impressions (Bayar per seribu) yang didapat oleh blog-blog dengan bahasa Indonesia sebagai pengantar. Teman-teman pasti sudah tahu keluhan para publisher adsense tentang ini.

Makanya sekarang saya lihat marak program kerja sama saling bw plus klik ads. Meskipun menjanjikan tapi saya juga melihat aktifitas ini rawan melanggar aturan dari program adsense itu sendiri. Karena beberapa pertimbangan saya memutuskan untuk tidak ikut-ikutan.

Sebagian besar blogger yang menggunakan cara terlarang tersebut bahkan sudah mengalami suspended dari adsense. Sebagian kecil lainnya malah lebih parah, dibanned permanent oleh google.

Akibat terakhir ini yang menjadi pertimbangan saya tidak ikut-ikutan untuk bw dan ngasih cendol.

Meskipun naïf, saya memilih mengikuti saran google. Buatlah bisnis jangka panjang. Google sudah berada di dalam bisnis online ini sangat lama dan sebagai pemula saya lebih baik mengikuti saran perusahaan pencarian tersebut.

Jadi saya ikut sarannya mas darmawan. Selain sebagai penayang iklan saya juga mencoba untuk menjual produk langsung atau menjadi makelar penjualan produk orang lain.

Dropshipping dan Afiliasi: Penyelamat Saat Hilal Adsense Belum Terlihat

Ada dua program monetisasi yang saya gunakan selain adsense. Pertama saya menjadi dropship seller untuk sebuah produk buku dan yang kedua saya mendaftarkan diri di beberapa program afiliasi web hosting. Teman-teman mungkin bisa memahami keputusan saya.

Karena domain dan artikel terkait dengan aktifitas blogging, maka produk-produk yang saya ikut jual juga tidak jauh dari kategori tersebut.

Selama beberapa bulan saya mencoba untuk membuat artikel-artikel yang berhubungan dengan blogging sembari melakukan promosi ke grup-grup blogger (baik di Gplus, facebook dan lain sebagainya). Baru tiga atau empat bulan setelah saya mengambil keputusan ini keputusan saya ternyata berdampak positif.

Penjualan buku bertemakan copywriting yang saya bantu jual melalui blog dan juga facebook mendapatkan penjualan perdana. Kata para pebisnis kawakan, penjualan perdana itu menentukan kelangsungan bisnis. Saya merasakan hal tersebut. Empat bulan promosi baik blog maupun facebook dan saya hampir putus asa, setelah penjualan perdana motivasi saya pun meningkat. Paling tidak dalam setiap bulan saya mendapatkan 3 sampai 4 kali pesanan baru untuk buku khusus tersebut.

Menggunakan metode dropship ini saya tidak benar-benar menggunakan blog www.buatblogger.net untuk menjual. Saya menggunakan blog hanya untuk mendapatkan calon pembeli. Untuk transaksinya sendiri saya membuat akun di beberapa marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee. Jadi alurnya seperti berikut:

Pengunjung datang ke blog saya membaca review dari buku tentang copywriting > pengunjung yang tertarik klik link menuju akun saya di marketplace (tokopedia, bukalapak, dan shopee) > transaksi berlangsung disitu (proses pesan, lacak pengiriman, dan pembayaran).

Karena saya terkendala dalam SDM (mengelola blog sendiri), teknikal (latar belakang pendidikan bukan IT), dan dana (domain aja gratis hehehe…) maka saya putuskan untuk tidak membuat toko online sendiri yang membutuhkan pengetahuan yang lebih kompleks dibandingkan dengan blog. Saya memilih untuk menggunakan ecommerce yang sudah banyak dikunjungi dan juga digunakan orang agar struktur toko online seperti landing page, script transaksi, dan metode pembayaran bisa numpang di tempat tersebut.

Profit penjualan buku dengan dropship tersebut lebih besar dibandingkan penghasilan sehari yang saya dapatkan dari 1 klik adsense atau bayar per seribu lamannya.

Kedua dari beberapa link afiliasi yang saya tebar di artikel-artikel yang terdapat di www.buatblogger.net alhamdulilah mendapatkan hasil yang memuaskan. Periodenya pun cukup panjang. Lebih lama dibandingkan dengan penjualan dropship buku. Tapi jangan ditanya komisinya. Saat ini mungkin hasilnya tidak sebanding dengan penghasilan adsense saya sebulan. Sekali penjualan saya mendapatkan 100 ribu rupiah dibandingkan dengan penghasilan adsense saya saat ini yang baru mencapai 36 ribu rupiah (sampai tulisan ini diterbitkan).

Unexpected Biz Opportunity: Job Review

Tak lama setelah saya menjalankan ketiga program monetisasi tersebut, tiba-tiba saya mendapatkan email penawaran kerja sama dari salah satu perusahaan web hosting terkenal Indonesia ke email buatblogger. Saya tanyakan bagaimana alur kerjasama yang ditawarkan kepada karyawan web host yang mengirimkan saya email. Setelah saya mendapatkan jawaban dengan sangat jelas, dan saya sanggup untuk melakukannya jadilah saya memberikan review terhadap web host tersebut. Hasilnya 200 ribu sudah berada di rekening saya saat ini.

Saya memilih uang dibandingkan hosting gratis karena pertimbangan bisnis dan teknis. Dari segi bisnis pastinya hosting gratis memiliki periode. Saya ditawarkan paket hosting gratis untuk bisnis selama enam bulan. Berdasarkan pengalaman saya memulai bisnis dropship, afiliasi, dan menayangkan iklan adsense. Saya tidak optimis bisa mengumpulkan uang untuk menebus modal gratis tadi tanpa mengorbankan jatah keluarga. Jadi lebih baik saya terima uangnya.

Dari sisi teknis juga. Memiliki hosting sendiri pastinya akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan layanan blogger. Tetapi dengan sempitnya waktu saya akan lebih banyak belajar dibandingkan menghasilkan uang. Dan kembali efeknya akan mengorbankan jatah keluarga. Opsi yang tidak saya ambil saat ini.

Jadi tanpa terlalu bertopang mendapatkan penghasilan dari adsense rincian penghasilan saya sebagai berikut:

  • Dropship buku keuntungan dari margin 195.500
  • Penjualan afiliasi web hosting 100.000
  • Job review 200.000
  • Total pendapatan saya 495.500

Untuk tetap menggunakan domain gratis plus email hosting yang saya dapatkan dari program Grow exabytes saya setidaknya harus mengeluarkan uang lebih kurang 528 ribu (udah plus pajak). Tetapi saya tidak harus mengeluarkan uang sebesar itu untuk memperpanjang domain dan layanan hosting gratisnya.

Saya juga tidak harus menjual domain gratis terbaik yang saya dapatkan saat ini dengan harga yang sangat murah. Sekarang saya hanya butuh 32.500 untuk menggenapkan pembayaran layanan yang telah diberikan sebagai modal oleh exabytes.co.id.

Langkah lain yang saya butuhkan adalah membuka rekening baru khusus untuk menerima penghasilan dari bisnis online yang saya lakukan saat ini. Seorang internet marketer asal Amerika, Pat Flynn, pernah berpesan kepada pembaca blognya Smart Passive Income tentang memisahkan rekening pribadi dengan rekening penghasilan dari blog. Bahaya kalau tercampur soalnya nanti cashflow penghasilan dari blog dan penghasilan lain (misalnya seperti saya yang pegawai kantor) bisa tercampur dan mengganggu bisnis di masa depan.

Kesimpulan

Jangan jual domain gratis yang kamu terima dari sebuah penyedia domain. Kita sudah susah membeli domain (mempertimbangkan harga, mempertimbangkan penyedia dan layanan yang kita terima) malah kita menjual bisnis kita sendiri. Kalau teman-teman tidak diterima sebagai peserta program GROW untuk mendapatkan domain dan email hosting gratis, niagahoster dan juga idcloudhost juga mempunyai program bagi-bagi domain gratis.

Hanya saja domain gratis Indonesia alias ccTLD Indonesia. Teman-teman bisa mendapatkan namadomain.co.id atau namadomain.web.id. Jadi coba saja ikut program tersebut.

Sah-sah saja kalau teman-teman ingin mendapatkan uang dari domain gratis yang diberikan oleh program sebuah penyedia web host, namun saya hanya ingin memberikan pertimbangan sendiri untuk teman-teman. Kalau kita punya tekad yang sama (memulai dari blog dan berujung menjadi start up unicorn seperti situs-situs besar sekarang) janganlah mudah menjual aset bisnis. Kalau pun terpaksa dijual Pastikan Harganya Tidak Murah! Periksa pendapatan teman-teman dan kalikan dengan potensi penghasilan pada tahun berakhir. Harga domain teman-teman bisa lebih besar dibandingkan penawaran yang diterima.

Usahakan jangan hanya terpaku dengan menggunakan Google Adsense sebagai program penghasil uang dari blog. Realistis saja. Kita sebagai partner Google saling berkompetisi. Kompetitor kita tidak hanya sesama newbie tetapi juga dengan para master yang sudah berbagi trik dan lebih dulu menjadi partner google dibanding kita. Belajar membuat artikel yang lebih baik lagi sembari jualan mungkin akan lebih memudahkan mendapatkan uang dari bisnis online dibandingkan mengharapkan pengunjung klik iklan yang tayang.

Jangan lupa buat rekening terpisah dari rekening buat jajan sehari-hari. Perhatikan cashflow bisnis agar kerja keras kita dalam membangun blog bisa berkembang lebih pesat lagi dengan penghasilan yang lebih besar juga.

Saya mohon maaf kalau cara saya berkisah membuat tulisan cara mendapatkan domain gratis untuk bisnis online menjadi sangat panjang dan bertele-tele. Semoga teman-teman bisa mendapatkan manfaatnya dan jangan lupa untuk mendaftar di formulir yang ada untuk mendapatkan tulisan-tulisan terbaru. (www.buatblogger.net)

Comments