Telusuran Lainnya Dari WWW Cara Praktis Temukan Keyword Tersembunyi

Telusuran lainnya dari merupakan sebuah fitur pencarian yang terdapat dibawah nama domain / judul situs kita saat seseorang menelusuri situs kita melalui google search. Hal ini juga merupakan tanda kalau website kita mendapatkan hadiah ekslusif dari google yang bernama: sitelink.

Apa itu sitelink?
Menurut keterangan google (https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=en) sitelink merupakan hasil pencarian yang diberikan oleh google saat seorang pengguna mencari informasi dan google menemukan informasi yang dicari pengguna tersebut sangat relevan dengan konten yang terdapat di dalam blog kita. Jadi sitelink membantu pengguna untuk langsung menuju informasi yang diinginkan dengan menggunakan navigasi yang disediakan oleh google tersebut.

Dengan kata lain, sistem google menganalisa struktur URL website kita dan memberikan jalan pintas untuk menghemat waktu pengguna dalam menemukan informasi yang dibutuhkan.

Dalam artikel terpisah Brian Dean maupun Darmawan menyarankan agar kita, menggunakan fitur telusuran lainnya dari www (nama situs) untuk mendapatkan keyword yang tidak pernah digunakan oleh orang sebelumnya. Memanfaatkan keyword yang belum pernah digunakan orang ini sangat penting untuk blog yang baru terbit maupun blog yang membutuhkan optimasi. Mendapatkan keyword seperti yang saya sebutkan tadi agak susah ditemukan kalau kita hanya menggunakan tool yang sudah banyak digunakan orang seperti keyword planner, keyword everywhere atau seoquake.

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google
Kalau sitelink itu otomatis apakah tidak ada cara membuat agar google memberikan kita sitelink? Saya tidak tahu trik yang pas agar blog anda mendapatkan hadiah berharga ini. Menurut informasi umum yang diberikan oleh google pada link diatas agar blog kita mendapatkan fitur exclusive sitelink google pastikan hal-hal berikut ada di blog kita.
1. memastikan kalau URL yang dibutuhkan tidak dicekal dengan perintah robot.txt
2. pencarian yang dilakukan oleh pengguna harus relevan dengan konten yang terdapat didalam blog kita

Sitelink google saat ini diberikan secara otomatis. Agar memudahkan google saat memberikan internal link untuk gunakan anchor text dan alt text yang informatif, compact dan hindari mengulangi teks yang sama.

Dalam artikel belajar SEO blogspot saya meringkas bagaimana google menginginkan url yang disukai dan juga keterangan yang diminta. Silahkan teman-teman kunjungi artikel saya tersebut. Untuk lebih jelasnya.

Jika ada yang kurang jelas silahkan hubungi saya di laman kontak atau melalui kolom disqus dibawah.