Domain Gratis Terbaik: Penyedia, Fitur, dan Cara Mendapatkan

banner domain gratis program exabytes.co.id

Domain Gratis Terbaik - Siapa sih yang bisa nolak sesuatu yang gratisan? Jujur saja saya ga bisa. Mungkin teman-teman juga sama. Apalagi penyedia domain gratis memberikan domain gratis terbaik untuk kita. Sampai-sampai banyak yang nyari cara mendapatkan domain gratis selamanya tanpa syarat.

Tapi realitanya tidak mungkin kita menggunakan domain gratis selamanya tanpa syarat untuk blog yang bertujuan untuk bisnis.

Biasanya sebuah penyedia domain gratis memberikan paling tidak 2 syarat untuk blogger:

Jadi mau tidak mau kita harus memilih. Menggunakan domain yang didapatkan secara gratis untuk jangka waktu setahun atau langsung membeli layanan hosting yang disediakan oleh penyedia domain gratis.

Kalau saya sih lebih memilih untuk opsi pertama.

Kalau teman-teman serius untuk menjalankan bisnis online berbasis blog saya sangat menyarankan memilih opsi yang sama.

Dengan strategi monetisasi yang tepat bukan tidak mungkin domain gratis yang kita dapatkan bisa dipertahankan selamanya. Minimal selama kita masih kuat ngeblog.

Domain .com gratis: Kisah Hakim dan Hyperwebenable


Sebelum saya melanjutkan cara mendapatkan domain .net gratis dari web hosting indonesia, exabytes.co.id, saya ingin berbagi dulu sebuah pengalaman yang dialami oleh blogger lawas yang saya kenal. Pengalaman blogger ini bisa disebut sebagai titik balik pemikiran saya yang dulu berpikir bisa bisnis online dengan modal gratisan.

Gimmick marketing menawarkan domain gratis terbaik yang dapat kita peroleh dari sebuah perusahaan web hosting bukan hal baru di bisnis registrasi domain tld dan penginangan website. Ketika saya baru mengenal dunia blogging di tahun 2008 strategi pemasaran berupa memberikan domain free sudah banyak digunakan oleh situs-situs penyedia layanan web hosting luar negeri. Salah satu perusahaan web hosting yang memberikan domain gratis untuk blogger adalah situs yang beralamatkan di hyperwebenable.com. sumber 1

Seperti yang saya sampaikan di paragraf pertama tadi, siapa sih yang bisa nolak kalau ada penyedia domain gratis yang menawarkan domain untuk kita, blogger, gunakan? Begitu juga sesepuh blogger yang berasal dari Bandung ini. Beliau mendapatkan informasi jika sebuah perusahaan web hosting luar negeri akan memberikan domain gratis kepada blog yang memiliki persyaratan tertentu, salah satunya pasti traffic website tersebut.

Strategi pemasaran dari hyperwebenable.com adalah menerima referal. Para referal ini akan diberikan kompensasi berupa domain gratis yang dapat digunakan untuk custom domain dari blog mereka. Syarat utama untuk diterima sebagai referal dari hyperwebenable pastinya adalah trafik website yang tinggi. Kalau dari pengalaman kang hakim, blogger bandung pemilik hakimtea.com, traffik blog yang ia miliki berkisar pada 100 pengunjung per hari.

Pertama pastinya harus mengisi form yang disediakan oleh website tersebut lalu mendaftarkan domain yang kita inginkan. Kang hakim menginginkan domain untuk blognya beralamatkan hakimtea.com tetapi situs tersebut malah menyarankan kang hakim untuk menggunakan alamat lain yaitu www.newblogtips.com.

Karena kang hakim merasa nama domain yang disarankan tidak sesuai dengan keinginan, kang hakim pun nego ke admin web host tersebut. Jadi tawar menawar pun terjadi.

Setelah memberikan statistik blog yang ia miliki, hyperwebenable pun mengabulkan domain untuk kang hakim. Setelah disetujui permintaan domain gratis diberikan kepada beliau, kang hakim pun bersuka cita dengan membahas layanan dari web tersebut. Sumber 2

Hingga tahun 2012, saya dikejutkan dengan email dan postingan dari kang hakim yang menggalang dana untuk keberlangsungan blognya, hakimtea.com. Menurut informasi terakhir yang saya dapatkan situs hyperwebenable menutup layanannya dan para user yang sudah register di situs tersebut harus memindahkan domain mereka ke tempat lain.

Permintaan bantuan oleh kang hakim akhirnya dijawab oleh teman-teman blogger dan blog beliau yang beralamatkan di hakimtea.com bisa ditransfer ke web hosting lain dan dapat diakses hingga hari ini. sumber 3

Kenapa saya mengangkat kisah diatas?

Seperti yang saya sampaikan di awal tadi. Pengalaman dari rekan yang lebih dulu berkecimpung di dunia blogging harus kita jadikan pelajaran. Kita sebagai blogger yang punya modal kecil mesti benar-benar belajar dari mereka yang lebih dahulu memulai dapat uang dari ngeblog. Kisah hakimtea.com mengajarkan saya agar saya mempunyai rencana cadangan jika sewaktu-waktu web host yang memberikan domain gratis terbaik untuk saya, tiba-tiba menghentikan layanannya.

Daftar Domain Gratis Terbaik Saya di Exabytes.co.id


Kita pastinya tahu kalau domain tidak hanya sekedar alamat website/blog. Domain juga merupakan brand dan identitas kita di dunia maya. Makanya blogger-blogger yang sudah berpengalaman sering mewanti-wanti kalau memilih domain untuk blog atau website yang kita miliki jangan asal-asalan.

Masalahnya domain yang kita inginkan tidak selalu tersedia. Jika ada yang menawarkan domain yang ingin kita tersebut bisa jadi harga beli domain tersebut malah sangat mahal. Ini yang saya rasakan ketika memiliki ide untuk menggunakan nama depan saya, kandra, untuk domain blog saya. Kandra.com, kandra.net, bahkan kandra.info pun sudah dimiliki orang lain.

Pilihan lain untuk saya adalah domain yang menggambarkan konten yang terdapat di blog. Karena kebanyakan tulisan di blog ini berkisar tentang blogging saya mencoba untuk mencari nama yang cocok. Alamat yang saya dapatkan dari blogger.com sebenarnya sudah cukup memuaskan, belajarbloggingdengan.blogspot.com. Karena saya ingin ternak blog untuk adsense, saya memutuskan untuk mencari nama domain yang sesuai.

Jadi saya kembali membuka tulisan riset kata kunci. Saya jadi ingat kalau browser Chrome yang saya gunakan sudah saya tambahkan dengan tool Keyword Everywhere. Dengan bekal tool tersebut saya mencoba mencari tahu keywords apa yang mempunyai rata-rata pencarian terbanyak per bulannya dan berhubungan dengan kategori blogging. Alih-alih menggunakan Google Keyword Planner, saya coba mencari kata kunci yang sudah masuk ke blog saya yang lain di Google Search Console.

Hasilnya saya menemukan kalau kata kunci buat blogger memenuhi kriteria yang saya tetapkan diatas. Menurut data dari Keyword Everywhere, frasa buat blogger memiliki pencarian lebih kurang 12 ribu per bulan. Untuk Cost per Click iklan kalau mengikuti program adsense, nilainya cukup kecil. Hanya 0.7 USD per klik.

Jadi setelah mendapatkan domain yang menurut saya cukup potensial, maka selanjutnya yang saya perlukan adalah mendaftarkan frasa tersebut untuk menjadi domain. Disinilah saya akhirnya menemukan promo domain gratis dari Exabytes.

Program GROW: Domain Email Hosting Gratis Terbaik


Tahun sebelumnya, 2016, saya juga pernah mendapatkan domain gratis dari program satu juta domain id KOMINFO. Hanya saja domain gratis yang saya dapatkan tersebut tidak sesuai dengan keinginan saya. Mungkin karena saya tidak punya persiapan untuk menentukan nama domain seperti saya mengikuti program GROW exabytes.

Pernah mendengar tidak membuat rencana berarti mempersiapkan kegagalan? Itu yang terjadi pada saya saat mengikuti program satu juta domain KOMINFO. Domain .id gratis yang saya dapatkan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut akhirnya saya lepas karena tidak memberikan efek jangka panjang kepada bisnis yang saya siapkan.

Terkait dengan mengikuti program bagi-bagi domain gratis dari exabytes saya kembali menekankan pentingnya mengambil pelajaran dari kejadian masa lampau. Domain yang diberikan gratis dari penyedia web hosting indonesia (mustahil) digunakan secara gratis selamanya:

  • Saya coba posisikan diri di perusahaan web hosting tersebut. Sebagai sebuah bisnis perusahaan yang membuat program domain gratis untuk teman-teman, pastinya mereka ingin di satu hari nanti teman-teman menggunakan layanan hosting mereka. Atau paling tidak merekomendasikan layanan mereka kepada para pengunjung dan pembaca blog teman-teman yang membutuhkan.

  • Apakah saya bisa memberikan atau memenuhi ekspektasi dari penyedia hosting murah gratis domain tersebut?

  • apa keuntungan yang akan dapat saya berikan untuk perusahaan setelah memberikan domain free untuk blog saya

  • Apakah sudah seimbang tidak biaya domain yang ditanggung perusahaan dengan profit atau penjualan produk hosting melalui blog saya


Jadi ketika saya ikut program GROW exabtytes saya sudah mempersiapkan dana untuk renewal domain dan juga email hostingnya.

Program GROW exabytes memang berbeda dengan program pemasaran dari web hosting Indonesia lainnya. Sepengetahuan saya selama ini perusahaan web hosting akan menggratiskan domain kepada seorang pengguna jika pengguna layanan tersebut membeli paket layanan hosting mereka. Atau...

Kita diharuskan untuk nge-like facebook fanpage dari perusahaan web hosting tersebut dan juga mendapatkan link untuk dibagikan di timeline medsos agar layanan mereka dikenal oleh teman-teman kita.

Masalahnya domain gratis yang dijanjikan tidak hanya sekedar menebar link di media sosial kita sendiri. Seseorang harus membeli paket hosting di perusahaan baru setelah pembelian paket hosting dikonfirmasi domain gratis akan diberikan. Program seperti ini ada, dan saya tidak beruntung untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan domain free tersebut karena teman-teman saya bukanlah blogger atau berminat dengan membuat website.

Dengan mengikuti program GROW exabytes saya hanya butuh mengisi formulir pendaftaran dan juga mengisi alamat blog saya, belajarbloggingdengan.blogspot.com. Setelah itu saya mengisi kolom domain gratis yang saya inginkan. Teman-teman pasti tahu nama domain yang saya daftarkan bukan?

Perbedaan lain antara program GROW exabytes dengan kampanye pemasaran yang hampir sama adalah memberikan hosting email yang juga dapat digunakan secara percuma. Jadi kalau kampanye pemasaran perusahaan lain hanya memberikan domain gratis, exabytes memberikan domain dan juga hosting email gratis di tahun pertama.

Bagi blogger yang selama ini membaca artikel tentang internet marketing tentu tahu manfaat besar dari menggunakan email dengan domain sendiri.

Langkah-Langkah Mendapatkan Domain Gratis dari EXABYTES


Sehubungan dengan promo domain .id gratis seperti yang saya sampaikan diatas sudah habis berikut promo domain com gratisnya, maka saat ini yang tersisa adalah domain net. Menggunakan domain net sebagai alamat domain masih worthed untuk digunakan karena para pemasar internet marketing menyarankan setidaknya tiga domain TLD yang harus digunakan, .COM, .NET, dan .BIZ. Karena program Grow memberikan domain .net gratis, jadi maksimalkan saja.

Satu email untuk super admin yang mengelola 4 akun email lain. 4 email lain ini bisa dibreakdown untuk:

  1. kerjasama antar pedagang (cross selling atau bundling)

  2. email khusus untuk pembeli di marketplace

  3. email khusus untuk pembeli di sosmed

  4. email khusus untuk pembeli di website/blog


Persyaratan untuk mendapatkan domain gratis di program Grow dari web host exabytes.co.id yaitu:

  1. Blog yang akan teman-teman daftarkan HARUS sudah aktif sebelum tanggal 1 Januari 2017

  2. Mengisi form pendaftaran yang tersedia di link exabytes dengan memberikan data identitas yang valid

  3. Nama domain yang diajukan sesuai dengan Blog yang telah terbit


Saya ingin fokuskan ke poin nomor tiga (3). Blog saya sendiri mendapatkan alamat belajarbloggingdengan.blogspot.com, maka domain yang saya ajukan ke exabytes harus mendekati alamat blog sebelumnya.

  1. Langkah pertama untuk mendapatkan domain gratis dari exabytes melalui program grow adalah dengan mendaftarkan diri melalui link berikut


  2. Selanjutnya, masukkan domain yang diinginkan pada kotak pencarian dan klik tombol cek. Jika domainnya tersedia, lanjutkan ke langkah berikutnya

  3. Daftarkan alamat blogspot teman-teman pada kolom tambahan informasi yang diperlukan. setelah itu klik tombol lanjutkan.

  4. Pada step Konfigurasi, klik tombol hijau lanjutkan

  5. Di proses konfirmasi pemesanan, pastikan nama domain .net yang teman-teman pilih dan juga total tagihan yang muncul adalah 0 (baca: nol). Setelah memastikan dua hal tersebut baru klik tombol bayar.

  6. Langkah terakhir adalah Check Out. Isi formulir yang tersedia dengan lengkap sebelum menekan tombol complete order.

  7. Setelah sistem exabytes grow menyelesaikan proses pendaftaran, maka teman-teman tinggal pantengin email konfirmasi dari exabytes.


Setelah 7 langkah pendaftaran program GROW diatas, exabytes akan menerima email selamat datang yang berisikan informasi login ke member area. Segera login ke member area exabytes dan pastikan kalau tagihan yang diterima NOL.

Teman-teman juga akan melihat status dari domain gratis yang didaftarkan masih dalam status pending. Pada menunggu domain aktif, jangan sampai lupa untuk cek email terus. Karena nanti ICANN akan mengirimkan email kepada teman-teman untuk konfirmasi kepemilikan domain yang didaftarkan melalui exabytes melalui program GROW.

Saya sendiri mendapatkan konfirmasi domain .net aktif dalam jangka waktu kurang lebih 1 x 24 jam setelah mendapatkan email dari ICANN.

Setelah verifikasi tersebut langkah selanjutnya adalah ikuti cara mengganti domain blogspot menjadi .net gratis yang sudah kamu dapatkan.

Sumber:

4 comments: