Cara Menjelaskan SEO kepada Orang Awam

Cara menjelaskan SEO kepada orang awam baik secara pengertian maupun konsepnya membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Kita diharuskan untuk bisa menyampaikan semua yang kita ketahui tentang SEO kepada orang awam dengan bahasa yang bisa mereka mengerti.

Pekerjaan kita akan dipermudah jika orang yang akan kita informasikan cara kerja seo itu aktif menggunakan internet untuk mencari informasi. Akan tetapi jika "murid" yang akan diajarkan SEO tersebut sama sekali tidak pernah menggunakan internet apalagi mengenal apa itu google? Pekerjaan kita akan semakin berat.

Pekerjaan kita dalam menjelaskan cara kerja SEO sama saja seperti kita menjadi guru dengan murid orang yang telah berusia jauh lebih tua (dibandingkan kita) di kelas kejar paket A/B/C...

... atau mengajar les privat bahasa Inggris untuk pekerja kantor yang belum pernah belajar khusus untuk bahasa internasional tersebut.

Pertama kali yang harus kita lakukan saat menjelaskan seo kepada orang awam tidak bisa mulai dengan membahas definisi dari SEO secara langsung. Kita harus menjelaskan bagaimana saat ini orang mencari informasi dengan cepat dengan gawai yang mereka gunakan. Jika memungkinkan kita harus menginformasikan bagaimana cara menggunakan google atau mesin pencari dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Ini cara saya belajar seo

Karena biasanya orang awam kesulitan dalam menyerap teori maka langkah selanjutnya (setelah memberi tahu tren masyarakat dalam mencari informasi saat ini) adalah mencontohkan secara riil pencarian informasi melalui gawai tersebut.

Dengan kata lain kita harus memberikan praktek langsung dimana peserta aktif dalam melakukannya.

Jadi pada saat kita akan menjelaskan SEO jangan lupa sediakan jaringan WiFi atau pastikan para murid kita mempunyai paket data untuk mengakses internet melalui gawai yang mereka miliki.

Mulailah dengan memberikan contoh terhadap praktek yang biasa dilakukan sehari-hari. Biasanya orang-orang tua yang memiliki posisi dan pengambil keputusan tidak terlalu mengenal gawai yang mereka miliki.

Hape canggih tapi fitur yang digunakan hanya WhatsApp, pesan teks biasa dan telpon. Mungkin beberapa ada yang memiliki media sosial tapi biasanya hanya digunakan untuk memposting kegiatan pribadi beserta keluarga mereka.

Jadi mulai dengan bisnis mereka.

Kalau bisnis mereka seputar otomotif maka ajak mereka berposisi sebagai konsumen. Berikan contoh permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dan bagaimana situs pencarian seperti google membantu konsumen tersebut menemukan website perusahaan mereka.

Lihat reaksi mereka.

Jika mereka sudah paham bagaimana konsumen mendapatkan permasalahan dan menemukan solusi, barulah jelaskan bagaimana kerja dari google dalam menampilkan informasi yang akurat.

Pada titik ini para pemegang keputusan tersebut tidak terlalu mengerti tetapi mereka sudah mendapat informasi awal tentang cara menggunakan search engine.

Barulah kita mulai bagaimana cara menggunakan google sebagai channel marketing bagi perusahaan tersebut.

Mulailah kita menjelaskan apa itu SEO on page dan apa itu SEO off page. Apa beda antara keduanya dan kenapa para pemilik bisnis harus mulai untuk mengetahui pentingnya SEO bagi strategi pemasaran digital mereka.

Dalam menjelaskan SEO on page mungkin kita harus memberikan informasi kalau hal ini bisa dilakukan oleh tim mereka yang bertanggung jawab terhadap website.

Kita harus menjelaskan dimana poin-poin krusial yang harus diperbaiki dalam website perusahaan tersebut. Jelaskan pula pentingnya memiliki blog bagi perusahaan untuk mendapatkan trafik murah dari google.

Karena seo off page pastilah membutuhkan biaya yang sangat besar. Berikan mereka gambaran mahalnya SEO off page tersebut dibandingkan dengan SEO on page. Beri mereka kesempatan untuk melihat berapa besar bayar per klik iklan yang sedang anda buat. Atau juga budget Facebook ads yang anda miliki.

Jika para peserta menanyakan cara memasarkan dengan SEO off page yang lebih terjangkau berikan mereka contoh blog walking atau guest blogging. Berikan informasi lengkap bagaimana website mereka bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dari aktifitas tersebut.