Skip to main content

Cara mendapatkan domain .com gratis selamanya Ga PHP

Cara mendapatkan domain .com gratis selamanya bagaimana ya? Jika itu pertanyaan teman-teman saat ini maka mungkin saya punya jawabannya.

Hanya saja pertanyaan saya mau tidak teman-teman sedikit berkorban?

Memiliki pertimbangan untuk menggunakan domain .com merupakan keputusan terbaik yang teman-teman lakukan.

Kenapa?

Karena umumnya website di dunia menggunakan gTld tersebut sebagai alamat website mereka. Menurut situs verisign pendaftaran domain .com sudah mencapai 120 juta sejak pertama kali diperkenalkan tahun 1985.

Saking populernya mungkin saja teman-teman tidak akan mendapatkan nama domain .com yang diinginkan. Oleh karena itu kita bisa juga memilih gTLD populer lainnya seperti .NET, .Biz, atau .ID.

Kalau saya pribadi jika domain populer sudah dimiliki oleh orang saya lebih suka menggunakan domain .id. Selain karena alasan nasionalisme (domain .id merupakan ccTLD milik Indonesia) penggunaan domain yang dikelola oleh PANDI tersebut masih sedikit yang menggunakannya.

Oke sebelum saya menjelaskan cara mendapatkan domain .com gratis selamanya untuk teman-teman gunakan, saya ingin berbagi sebuah kisah yang merupakan pengalaman saya pribadi dalam mencari domain yang cocok untuk blog-blog yang saya kelola.

Mungkin teman-teman pernah membaca kalau memilih nama domain untuk digunakan di blog atau website itu mesti hati-hati. Domain tidak hanya merupakan alamat website/blog dimana orang lain akan mengunjungi konten-konten yang kita terbitkan. Tetapi domain juga merupakan identitas kita di dunia maya.

Sebelum saya memiliki ide untuk menggunakan alamat www.buatblogger.net, saya awalnya memilih untuk menggunakan nama sendiri untuk alamat blog. Keren juga rasanya kalau bisa menggunakan alamat kandra.com. Tetapi ternyata kandra.com itu sudah didaftarkan oleh pekerja seni asal amerika yang kebetulan miliki nama yang sama dengan saya.

Setelah itu saya lanjut mencoba mendaftarkan domain .net. Sayang, seseorang juga sudah mendaftarkan domain kandra.net di internet. Alhasil saya pun menggunakan nama panjang untuk domain blog saya pertama kali. Padahal kalau menurut saran dari internet marketer baik lokal maupun bule, nama domain dengan panjang karakter lima sampai enam lebih baik digunakan dibandingkan nama lengkap saya.

Sampai akhirnya PANDI berdiri dan mengelola pendaftaran nama domain untuk Indonesia. Saya akhirnya mendapatkan alamat blog yang sesuai dengan keinginan saya, kandra.id.

Jadi pesan saya pada teman-teman: Saat membuat domain .com untuk blog atau website, Jangan sampai nama domain tersebut keduluan orang lain. Bagaimana kalau keduluan orang lain?

Ini saya rasakan saat mempunyai ide domain untuk blog buat blogger ini. Awalnya saat saya iseng-iseng menggunakan search analytics (menu di google search console) saya menemukan kata kunci dengan tingkat pencarian hingga seribu per bulan. Bagi saya ini merupakan rejeki. Saya bisa membuat blog baru dengan kata kunci yang sangat banyak pencariannya. Ketika saya coba cek di exabytes domain yang beralamatkan www.buatblogger.com tersebut ternyata sudah didaftarkan oleh orang lain, dan jika saya ingin menggunakan domain tersebut saya harus memberikan mahar sebesar 2,195 USD.

Gilak. Mana saya punya duit segitu.

Akhirnya dibulan Agustus 2017, ketika mencari promo domain murah, saya menemukan penawaran dari web hosting bernama Exabytes Indonesia berupa domain .NET plus Email Hosting. Saya coba daftarkan alamat blogspot di program tersebut dan ternyata pengajuan mendapatkan domain gratis kepada exabytes.co.id diterima. Jadilah saya menggunakan domain .net gratis ini selama tahun 2017/2018.

Jadi tak ada akar rotan pun jadi.

Sekarang saya infokan bagaimana cara mendapatkan domain .com gratis selamanya dari exabytes.

  1. Daftar di situs exabytes.co.id
  2. Klik icon orang di sudut kanan atas pada situs tersebut
  3. Tekan daftar
  4. Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang valid
  5. Pada kolom Tambahan Informasi, pilih Blog. Lalu isi nomor telpon yang dapat dihubungi
  6. Pada pertanyaan How did you find us, pilih other
  7. Isi kolom password yang akan digunakan
  8. Beri tanda centang pada Syarat dan Layanan jika teman-teman sudah membaca persyaratan penggunaan layanan exabytes. Lalu cek kembali data diri yang telah diberikan pada kolom informasi pribadi diatas.
  9. Klik tombol register
  10. Setelah itu teman-teman cek email konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan oleh situs exabytes. (Saran: Jika tidak ditemukan di INBOX, coba cari di folder SPAM).
  11. Klik link konfirmasi yang diberikan oleh exabytes.co.id di email yang telah teman-teman terima.
  12. Kemudian Login dengan menggunakan email yang sudah didaftarkan dan juga password yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  13. Di member area exabytes.co.id, pilih tombol menu > web hosting > hosting pribadi & usaha kecil
  14. Pilih paket hosting yang akan digunakan. Email hosting (GROW) atau Hosting Ebiz. (Saya memilih menggunakan paket ebiz plus di exabytes untuk ternak blog yang disisipi kode adsense.)
  15. Setelah memilih paket hosting yang diinginkan tekan tombol pesan sekarang.
  16. Pilih register domain baru dan cek ketersediaan domain lalu tekan tombol continue.
  17. Pilih durasi tagihan untuk hosting. (Saya pribadi memilih 1 tahun)
  18. Lalu klik tombol continue. Kalau teman-teman memesan hosting exabytes sekarang teman-teman bisa mendapatkan domain .com gratis dan juga potongan harga hosting 50% melalui link saya berikut.
  19. Lakukan pembayaran dengan metode yang teman-teman inginkan. Exabytes Indonesia memiliki beragam cara pembayaran mulai dari virtual account, pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, pembayaran lewat alfamart grup (pilihan saya saat beli domain .com untuk anak), Doku Wallet dan ipay88. Rekomendasi dari exabytes agar domain langsung aktif beserta hostingnya adalah menggunakan virtual account atau membayar dengan kartu kredit.
  20. Setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi dengan mengirimkan bukti pembayaran ke email billing@exabytes.co.id

Wah kemahalan gan. Ga sanggup saya..

Beneran mahal?

Mari kita hitung bersama. Anggaplah anda menggunakan layanan ebiz plus sebesar 900 ribu setahun dan sudah mendapatkan domain gratis .com. Jika dibagi 365 hari maka layanan hosting plus domain gratis yang diberikan exabytes per hari nya hanya membebankan kita sebesar 2,500 rupiah.

Bandingkan harga itu dengan rokok yang agan konsumsi (Kalau agan yang baca perokok aktif ya). Lebih murah bukan. Sebatang rokok mild yang diketeng lebih mahal dibandingkan domain .com yang bisa menjadi investasi teman-teman di masa depan.

Dan...

Nilai investasi dari membeli domain .com dan juga hosting yang agan ANGGAP MAHAL itu lebih besar dibandingkan konsumsi rokok yang selama ini agan konsumsi. Coba lihat harga jual domain buatblogger.com yang dijual oleh Huge Domain. 2195 USD !! Kalau kurs dolar sekarang 14 ribu, maka kita (yang punya domain .com buatblogger) bisa mendapatkan kurang lebih 30 juta rupiah.

Harga diatas lebih besar lagi jika domain yang agan gunakan menjadi populer dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan adsense, penjualan produk barang/layanan afiliasi, dan lain sebagainya.

Tidak percaya?

Coba saja teman-teman berkunjung ke situs jual beli domain / website di flippa.com. Teman-teman akan termotivasi untuk mendapatkan domain .com sendiri untuk ngeblog atau membuat webapp.

tapi...

Kalau teman-teman tetap cari cara mendapatkan domain gratis selamanya, yang pasti cuma dapet gunain domain .TK, .ML, .GQ, .GA, .CF (bukan kepemilikan penuh loh, baca tulisan saya tentang domain gratis) saya tidak melarang. Hanya saja pesan saya baca peraturannya baik-baik. Kalau teman-teman siap untuk memulai bisnis online atau mengembangkan bisnis online saat ini. Segera pesan domain .com gratis dan hosting di exabytes.co.id

Sumber:

Comments

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.