Google Search Console: Cara Mendaftar dan Menggunakan Alat Webmaster


Google Search merupakan sebuah situs pencarian informasi yang masih sangat popular digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Meskipun sekarang sudah ada Yandex, Baidu, Yahoo, maupun Bing mesin pencari besutan Larry Page dan Sergey Brin tersebut masih belum terkalahkan oleh para kompetitornya.

Oleh karena banyaknya manusia yang menggunakan google sebagai media untuk mencari informasi yang dibutuhkan, maka setiap bisnis berlomba-lomba untuk berada di halaman pertama google (pun halaman pertama mesin pencari lainnya). Logikanya ketika seseorang mencari informasi, entah berdasarkan kata kunci yang diketik maupun berdasarkan suara, google akan memberikan hasil yang menurutnya paling relevan kepada si pencari (baca: pengguna google).

Agar produk atau bisnis yang kita jalani sekarang bisa berkembang dengan bantuan google, mau tidak mau kita harus menggunakan alat yang diberikan oleh google ini. Bahkan jika Anda menggunakan kompetitor Google sekalipun.

Jangan khawatir, alat webmaster yang diberikan oleh google dapat digunakan tanpa harus membayar alias gratis. Jadi jangan lewatkan pembahasan buatblogger.net kali ini yaitu cara menggunakan google search console.

Apa itu Google Search Console (GSC)?

Google Search Console adalah layanan yang diberikan oleh google agar pengelola website dan blog dapat mengetahui bagaimana performa website atau blog yang dikelola di mesin pencari google. Sebelum dirubah nama menjadi search console, alat pemantau performa di mesin pencarian google tersebut dikenal dengan nama Google Webmaster Tool atau disingkat GWT.

Perubahan nama dari Webmaster Tool menjadi Search Console dilakukan google pada bulan Mei 2015. Hal ini dilakukan oleh google karena pengguna tool tersebut bervariasi: marketing, seo, desainer, pemilik bisnis, pengembang aplikasi dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan google search console, kita sebagai blogger akan dapat mengetahui
  • jumlah pengunjung blog/website/aplikasi
  • cara pengunjung menemukan blog/website/aplikasi kita
  • perangkat yang digunakan pengunjung saat mengakses blog/website
  • laman mana dari blog kita yang paling sering dikunjungi
  • menemukan kesalahan pada web
  • mendaftarkan peta situs
  • membuat dan memonitor robot.txt 
Untuk mendapatkan bantuan dari google agar pengunjung menemukan blog bisnis kita melalui situs pencarian mereka, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan situs tersebut ke layanan tersebut.

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console (Webmaster Tools)

Setelah mendapatkan penjelasan tentang pentingnya menggunakan google search console pilihan berada ditangan teman-teman. Mau daftarkan website di produk google ini atau tidak. Kalau teman-teman tidak menemukan tool webmaster yang memiliki manfaat yang sama dengan Search Console maka inilah saatnya untuk mendaftar.

Cara mendaftarkan website ke Google Search Console sangat mudah.
  1. ketikkan link berikut https://www.google.com/webmasters/tools/home pada address bar browser yang digunakan
  2. masuk dengan alamat email google Anda
  3. Setelah masuk ke dashboard GSC (Google Search Console) cari tombol add property. Letaknya ada di pojok kanan atas 
    mendaftar di google search console
    mendaftarkan website di google search console
  4. Ketika muncul jendela pop up (seperti gambar dibawah) masukkan alamat blog atau website ecommerce Anda. 
  5. Setelah klik tombol continue, maka anda akan melanjutkan ke halaman untuk verifikasi website yang anda miliki.
Note: 
  • Kalau website Anda bisa diakses melalui http atau https, maka daftarkan kedua alamat tersebut ke google search console. Untuk blog yang masih menggunakan subdomain blogspot, daftarkan dua alamat sekaligus: http://www.subdomain.blogspot.com dan https://www.subdomain.blogspot.com.
  • Begitu pula kalau web Anda bisa diakses dari www maupun non-www. Daftarkan kedua alamat tersebut. 

2 Cara Verifikasi Website/Blog di Google Search Console Yang Sangat Saya Rekomendasikan

Setelah anda klik tombol continue di google search console, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah untuk memverifikasi situs yang didaftarkan tadi. Verifikasi situs digunakan agar google bisa mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik dari situs yang sudah didaftarkan ke Google Search Console tersebut.

Sejauh ini buatblogger.net menemukan setidaknya ada 2 cara yang banyak digunakan untuk melakukan verifikasi situs yang didaftarkan ke google search console.

1. Verifikasi Situs Melalui Meta Tag.

Untuk melakukan verifikasi situs melalui meta tag, setidaknya teman-teman pengguna blogger harus bisa atau memiliki otoritas untuk masuk ke fitur edit Theme HTML. Biasanya pengguna blog yang memiliki status Pemilik/Admin memiliki otoritas ini, sedangkan kalau pengguna blog berstatus penulis/kontributor otoritas ini tidak akan dimiliki.

Oke kita lanjut.

Agar google diinformasikan kalau alamat blog atau situs yang didaftarkan ke Search Console adalah benar milik teman-teman, maka teman-teman dapat melakukan verifikasi situs dengan cara menambahkan meta tag ke dalam template blog. Kalau belum tahu bagaimana cara menambahkan tag meta verifikasi google search, silahkan baca tulisan tentang template khususnya cara merubah template blogspot Anda.

Teman-teman cari kode berikut pada tab Alternative Methods 
<meta content='tbxgvpN0pCv2_faFtzF6ODG6ghtfXs6U2ImhTARbf0g' name='google-site-verification'/>

Note: kode yang dihasilkan oleh google search Console untuk blog yang didaftarkan berbeda-beda. Jadi tidak persis sama dengan yang saya contohkan.

Setelah mendapatkan meta tag google-site-verification dari search console, langkah selanjutnya adalah meletakan kode tersebut tepat diatas tag html </head>. Seperti terlihat gambar dibawah ini.

Berikut contoh menginstal verifikasi meta tag search console pada gambar:
cara meletakkan kode verifikasi google search console
Setelah kode meta tag dari GSC diletakkan diatas tag </head> tekan tombol save. Lalu balik lagi ke laman google search console klik tombol verifikasi. 

2. Verifikasi Domain. Secara pribadi saya memilih verifikasi domain untuk buatblogger.net. Ide dasarnya agar sewaktu-waktu saya ganti template blog dan lupa mengintal verifikasi dari search console, data penelusuran di Google Search Console tetap ada. Jadi saya selalu bisa memonitor kinerja keyword blog buatblogger.net di google.

3. Meng-upload file html verifikasi. Khusus untuk metode ketiga ini khusus untuk teman-teman blogger yang mempunyai hosting sendiri. Kalau masih hosting di blogspot, wordpress.com, dan situs penyedia layanan blogging lainnya cara verifikasi search console ini tidak bisa dilakukan.

Warning: Setelah verifikasi selesai, jangan menghapus kode tersebut.

Agar Google Search Console bisa mengeluarkan informasi yang krusial untuk pengembangan blog/website/aplikasi seluler, jangan lupa untuk menambahkan peta situs.

Cara Mendaftarkan Peta Situs Website di Google Search Console

Peta situs merupakan sebuah file yang memberikan informasi tentang konten yang tersedia di dalam website / aplikasi seluler. Dengan memberikan peta situs / sitemap ke Search Console, kita sudah memudahkan web crawler atau robot perayap google untuk menyerap semua informasi yang terdapat di dalam website kita.

Sedikit penambahan dari saya berdasarkan beberapa pertanyaan yang saya dapatkan dari artikel mengatasi sitemap error. Bedakan peta situs yang Anda daftarkan untuk perayapan google dengan peta situs untuk pengunjung manusia. Sebagian kecil dari blogger pemula menganggap kalau peta situs untuk robot google sama dengan peta situs untuk pengunjung manusia. Apalagi yang menggunakan blogspot.

Peta situs sebagaimana yang disampaikan dalam panduan seo google harus dibuat dengan seksama. Peta situs akan membantu pengunjung kalau artikel yang sedang ia baca termasuk dalam sebuah kategori yang sudah ditetapkan oleh penulisnya. Jika si penulis membuat sebuah artikel khusus yang membahas kategori tertentu dan pengunjung ingin mengetahui lebih lanjut tentang topik tersebut, maka sipengunjung akan mudah mencari tulisan-tulisan tentang kategori yang dimaksud dalam peta situs.

Peta situs yang didaftarkan ke google search console merupakan peta situs yang dipahami oleh robot.txt. Biasanya peta situs yang dipahami oleh robot txt ini memiliki akhiran atau ekstensi .xml (baca: dot xml). Selain dari ekstensi tersebut, sepengetahuan saya, peta situs yang didaftarkan tidak akan diterima sebagai peta situs yang valid.

Untuk pengguna blogger.com, ada dua peta situs yang dapat didaftarkan ke search console:
  • namablog.blogspot.com/atom.xml
  • namablog.blogspot.com/sitemap.xml
Apa perbedaan antara keduanya? Nanti akan kita bahas. Sekarang coba daftarkan dulu peta situs Anda.

Langkah #1 Siapkan Peta Situs / Sitemap sesuai dengan yang saya sampaikan diatas.
Langkah #2 Temukan sub menu Peta Situs atau Sitemaps di menu Crawl/Perayapan.
gambar dari moz.com/blog

Langkah #3 tekan tombol Add/Test Sitemap yang berwarna merah.
Langkah #4 ketikkan sitemap.xml di box yang tersedia. Kemudian tekan tombol biru Submit Sitemap (langkah ini khusus untuk blogger.com dan wordpress.com atau wordpress.org dengan plugin jetpack).

Setelah Anda Sitemap blog didaftarkan maka tunggulah lebih kurang 2 sampai 7 hari agar google mengumpulkan data-data blog Anda dari hasil penelusuran. Kenapa butuh waktu selama itu? Saya pun tidak terlalu paham dengan alasannya. Tapi rentang waktu ini sama dengan masa yang dibutuhkan Google Analytics untuk mengumpulkan data metric website.

Cara Menggunakan Google Search Console Untuk Memperkuat Strategi SEO Website di SERPs

Seperti yang telah disampaikan diawal, manfaat menggunakan alat webmaster google ini sangat banyak. Bahkan 5 orang ini HARUS menggunakan GSC:
  1. Karyawan yang bertanggung jawab terhadap kinerja website (dept. IT biasanya)
  2. Pemasar Internet dan juga SEO spesialis (Dept. Digital Marketing atau Ecommerce)
  3. Blogger atau admin sebuah website
  4. Para Pengembang Web (Web Developer) 
  5. Para Pengembang Aplikasi Seluler
Kelima orang diatas setidaknya harus mengetahui cara menggunakan Google Console sebelum mereka menganalisa performa website lebih jauh dengan Google Analytics. Artikel ini saya khususkan untuk blogger yang masih baru dan hanya berhenti pada mendaftarkan blog yang dikelola di GSC.

Jadi agar blog yang kita kelola sukses: mendapat banyak pengunjung, artikel banyak dibagikan orang, setiap bulan bisa mendapatkan uang dari hasil monetisasi artikel/konten di blog, ada empat hal yang akan dilaporkan google kepada kita. 

Keempat hal tersebut adalah;
  • Tampilan di penelusuran / Search Appearance
  • Trafik pencarian / Search Traffic
  • Google Index
  • Perayapan / Crawl
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang Search Traffic. Dalam beberapa artikel tentang seo yang saya baca dari beberapa internet marketer bule, menu search traffic ini merupakan kunci agar website yang kita kelola menjadi banyak pengunjungnya. Khususnya yang kita bahas adalah Search Analytics.

Sub Menu Search Analytics digunakan untuk menganalisa performa website di Google Search. Kita bisa mem-break down data yang diberikan oleh search console untuk tujuan yang kita inginkan. Berikut gambaran dari search analytics sebagai contoh untuk Anda.

Dari gambar diatas dapat kita ketahui selama 28 hari terakhir, buatblogger.net mendapatkan 30 pengunjung yang berasal dari web. Dengan keywords apa saja buatblogger.net mendapatkan pembaca? 

Jawabannya dapat dilihat dari Queries. Namun mohon maaf untuk kueri tidak bisa saya tampilkan disini. Silahkan teman-temab blogger cek queri masing-masing. 

Selain Kueri atau keywords yang digunakan seseorang untuk menemukan website, kita juga bisa mengetahui laman mana yang paling banyak ditampilkan di mesin telusur dengan melakukan perubahan dari kueri ke pages.
Dengan menggabungkan kueri dan top page, blog atau website teman-teman bisa lebih banyak lagi tampilnya di penelusuran. Caranya: 
  • pilih salah satu laman yang sering dikunjungi oleh pembaca dari mesin pencari, 
  • saat laman sudah terlihat, maka teman-teman akan menemukan data yang kosong
  • setelah itu pilih kueri
Hasilnya teman-teman akan mengetahui keyword yang digunakan orang untuk menemukan blog teman-teman di mesin pencari.

Jadi sebelum menggunakan tool seo lain untuk mencari keyword baru sebaiknya maksimalkan dulu data yang diterima oleh Google Search Console. Paling tidak untuk riset kata kunci teman-teman bisa menghemat waktu dan biaya. Gunakan tools seo yang lain seperti keyword everywhere atau seoquake

hanya untuk benar-benar membuat postingan yang baru atau konten yang baru.

Semoga bermanfaat ya.


Sumber:
  1. A Beginer Guide to Google Search Console - MOZ Blog
  2. Apa itu Search Console? - Bantuan Google

    2 comments:

    1. Lengkap banget mas artikelnya...Oh ya mas Kandra untuk sitemap kan ada 2 jenis apa cukup dipasang salah satu atau dua-duanya. kalau pilih salah satu sebaiknya pilih yang mana ya

      ReplyDelete
    2. Sitemap kan ada buat robot mesin pencari sama sitemap buat pengunjung manusia. Dari hal ini saya menyarankan:
      1. Di search console > sitemap.xml
      2. Di template blog > peta situs yang skrip nya yg banyak diinformasikan oleh master template blog.

      Semoga membantu mas

      ReplyDelete