Cek Keyword Website Anda Yang Memiliki BPK Tinggi Dengan Google Keyword Rank Checker Berikut

hpk (highest paying keywords) google adsenseBeberapa publisher adsense sering mengeluhkan BPK (Bayar per Klik atau Cost per Click) yang rendah. Akibatnya impian mendapatkan gaji dari google adsense per bulan harus ditunda hingga bertahun-tahun. Seperti pengalaman saya.

Sudah enam tahun lebih sebagai publisher Adsense saya belum pernah sekalipun merasakan Pay Out dari program monetisasi dari google. Kadang mendengar dan membaca ada publisher adsense yang bisa PO dalam waktu delapan bulan saya merasa jadi pecundang.

Saya coba untuk mencari tahu dimana kesalahan saya sebagai publisher. Kok yang lain bisa PO dalam 8 bulan sedangkan saya mesti nunggu bertahun-tahun.

Dari penelusuran saya di beberapa blog tutorial dan juga pengalaman yang dibagikan beberapa publisher adsense, agar bisa mendapatkan bayaran dari Adsense dengan traffic yang kecil saya harus membuat sebuah konten yang bisa dibayar mahal.

Jawabannya adalah mencari HPK (High Paying Keywords) yang ada di blog sendiri. Kalau dari infografis wordstream keyword yang bakal dibayar mahal oleh advertiser itu terdiri dari beberapa kategori Asuransi, Teknologi, Keuangan, dan beberapa topik lainnya. Kalau bikin blog baru dengan niche yang menargetkan HPK tersebut tenaga dan pikiran pasti bakal tersedot habis. Apalagi kalau mengelola blog sendirian.

Jadi cara yang paling mudah lakukan untuk mengejar ketertinggalan saya dengan publisher lain adalah dengan mencari tahu HPK di blog saya saat ini. Untuk mengetahui HPK yang ada di blog saya melakukan cek keyword website dengan beberapa Google Keyword Rank Checker berikut:

Tool Cek Keyword Website Untuk Cek HPK di blog

#1 Google Search Console

Mungkin teman-teman sudah pada tahu, kalau fitur yang paling berharga di Google Webmaster Tools adalah search analytics. Fitur ini akan memberikan informasi kepada kita, pemilik blog/website, tentang kata kunci atau kueri yang digunakan oleh seseorang saat berkunjung ke blog melalui google search.

Dalam fitur google search analytics tersebut tidak hanya kueri berupa keywords akan kita dapatkan, kita juga bisa mengetahui laman post atau laman statis mana yang paling popular di periode yang tertentu.

Kalau Anda pernah berkunjung ke blognya Neil Patel, pastinya anda akan disarankan untuk menyediakan waktu dalam memonitor Google Search Console.

Saya sendiri mencoba untuk sisihkan waktu minimal satu kali dalam seminggu untuk cek rangking website buatblogger.net (dan blog lainnya juga) di google. Eh boong deng, saya tiap hari cek rangking di GWT. Hehehe…

Cara cek keyword website di Google search console:

  1. masuk ke akun search console
  2. klik property website yang akan dioptimasi
  3. di pinggir kanan pilih search analytics maka teman-teman akan mendapatkan statistik seperti gambar dibawah 

kueri kata kunci yang didapat oleh buatblogger.net

Dari google webmaster tool saya melihat potensi yang ada di keyword domain gratis selamanya tanpa syarat. Ada dua kali pengunjung datang ke blog saya dengan keyword tersebut. Sekarang bagaimana cara mengetahui cpc untuk keyword tersebut dibayar mahal oleh pengiklan?

Kita semua sudah tahu kalau tool adwords keyword planner bisa digunakan untuk mengetahui berapa besar paying keyword untuk kata kunci yang didapat. Khusus untuk keyword diatas berikut cpc yang didapat blog buatblogger.net untuk kata kunci tersebut diatas.
Kelemahan dari menggunakan google adword keyword tool adalah kita tidak bisa mengetahui

  • tingkat kompetisi keyword di mesin pencari
  • siapa saja kompetitor untuk keyword yang dibidik
  • tidak mengetahui trend pencarian untuk keyword yang bersangkutan
Untuk mengurangi kekurangan-kekurangan diatas, maka dua tools ini harus dipergunakan.

#2 Semrush Pro


Salah satu Keyword checker yang paling enak digunakan adalah tool milik semrush. Dengan tool semrush seseorang bisa melakukan analisa terhadap competitor, keywords, anchor text, dan hal-hal detail lainnya dengan menekan satu tombol. Sayangnya tool ini cukup mahal untuk digunakan secara terus-menerus. Untuk penggunaan per bulan, biayanya hampir 100 us dolar per bulan.

Dari hasil semrush untuk keyword domain com gratis yang BPK 12 ribuan rupiah, volume pencarian hanya 10 kali per bulan. Tapi penelusuran saya ini hanya dilakukan di mode guest di tool tersebut, jadi saya tidak bisa melakukan riset keywords khusus untuk database google dengan TLD .ID.

Dengan rata-rata pencarian per bulan yang kecil tersebut, kompetisi untuk keyword domain com gratis ternyata cukup tinggi (45%).

Dan bisa dilihat kalau trend pencarian dengan menggunakan keyword domain com gratis dua bulan belakang ternyata sangat tinggi. Jika Anda berlangganan semrush pro, data trend pencarian kata kunci tersebut dapat dilihat hingga dua belas bulan ke belakang dan berasal dari situs google.co.id.

Artinya data yang akan Anda dapatkan sangat mendekati aslinya.


Teman-teman tidak perlu cek manual siapa saja yang menjadi top kompetitor untuk kata kunci yang mempunyai BPK terbesar yang teman-teman miliki. Semrush Pro akan langsung menunjukkan situs dan blog mana yang saat ini berada di peringkat 1 untuk keyword dengan BPK termahal tadi.

Dari gambar diatas www.tutorialku18.xyz/2017/03/cara-mendapatkan-domain-com-gratis-2017.html memiliki peluang besar untuk menghasilkan uang dari iklan yang muncul di artikel tersebut. Karena saya menggunakan database semrush google.com (global) saya tidak dapat mengetahui dengan persis rangking website Indonesia untuk keyword domain com gratis.

Setelah mengetahui siapa yang berada di peringkat teratas google, langkah selanjutnya adalah melakukan riset keyword kompetitor. Hal ini bisa dilakukan dengan merubah analisa keyword ke domain overview yang berada di sidebar kanan.

Pada kotak yang sebelumnya digunakan untuk keyword kita masukkan alamat situs yang paling atas tadi. Berikut hasil spionase terhadap situs tersebut:

Dapat kita lihat kalau situs tersebut mendapatkan traffic website dari pencarian organic. Langkah selanjutnya adalah melihat langsung seperti apa konten dengan keyword domain com gratis yang dibuat oleh situs tutorialku18 tersebut untuk kemudian kontennya kita perbaharui dan ditambahkan.

Mungkin teman-teman tidak puas dengan hasil yang saya dapatkan dari cara cek keyword website diatas. Tapi setidaknya teman-teman sudah punya gambaran kan bagaimana menggunakan tool ini untuk memaksimalkan keyword yang sudah memiliki BPK untuk mendapatkan gaji dari Adsense.

Kalau punya modal lebih sebaiknya gunakan semrush pro, karena kalau menggunakan versi guest hasil riset keywords tidak akan maksimal. Biaya untuk menggunakan layanan semrush pro paling murah adalah 99 us dolar (pastinya 100 us dolar lebih), jika punya tim akan lebih baik untuk berinvestasi dengan tool ini untuk penggunaan yang maksimal.

#3 MOZ Pro

Selain Keyword rank checker dari semrush, kita bisa menggunakan tool dengan fungsi yang sama dan disediakan oleh moz.com. Kelebihan moz.com kalau menurut saya adalah pada database kompetisi mereka dalam bahasa Indonesia. Jika dibandingkan dengan semrush, moz lebih banyak memiliki database dalam bahasa Indonesia dibandingkan dengan semrush.

Biaya langganan untuk menggunakan tool ini hampir sama dengan semrush. Untuk langganan per bulan moz pro kocek yang harus dikeluarkan adalah 99 us dolar. Free trial untuk menggunakan moz pro adalah 14 hari, jadi maksimalkan masa-masa trial Anda.

Kedua tool diatas tidak hanya akan menginformasikan jumlah CPC dari masing-masing keyword yang anda miliki di google webmaster. Tools diatas juga bisa digunakan untuk memata-matai competitor Anda.

Teman-teman bisa mendapatkan informasi tentang anchor text yang digunakan oleh competitor untuk menguasai SERP, CPC untuk keywords, backlink yang dimiliki dan tingkat kompetisi dari keyword tersebut. Tapi kalau yang pro yah, kalau gratisan pastinya ada batasan-batasannya.
Setelah mengetahui berapa CPC yang bisa didapatkan oleh blog di google webmaster, langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan di konten blog sendiri. Tentu saja perbaikan harus dilakukan jika Anda ingin ada kunjungan ke blog agar HPK yang didapatkan tersebut bisa dikonversi menjadi penghasilan tertaksir di google Adsense.

Salah satu cara untuk mengalahkan competitor blog Anda di SERP atas sebuah keyword. Anda harus memperhatikan densitas atau kepadatan keyword tersebut di dalam artikel yang Anda buat. Khusus bagi blogger mengukur kepadatan keywords di dalam artikel harus dilakukan secara manual.

Kepadatan kata kunci atau keyword density adalah berapa kali kata kunci yang dibidik muncul didalam postingan. Rumus untuk mendapatkan kepadatan keywords yang ideal (dibawah 3%) adalah

  1. (Nkr/Tkn) * 100
  2. (Nkr * Nwp/Tkn) * 100

Untuk rumus nomor satu digunakan untuk menghitung satu kata kunci. Sedangkan untuk nomor dua digunakan untuk menghitung kata kunci yang berupa frasa. Saya menyarankan agar teman-teman menggunakan rumus yang kedua, karena umumnya persaingan kata kunci saat ini berupa frasa / kalimat.