Usaha Yang Menguntungkan Saat Ini

Apa ya usaha yang menguntungkan saat ini? Pertanyaan ini muncul dalam benak saya saat memandang bayi saya yang berumur 7 bulan. Sebagai seorang ayah yang hanya bekerja sebagai karyawan biasa yang berpendapatan kecil ada perasaan khawatir sebagai jika saya tidak bisa menjalani fungsi sebagai ayah sebagaimana mestinya.

Fokus utama saya adalah bagaimana mempersiapkan dana yang cukup agar anak saya dapat pendidikan dan kehidupan yang layak sebagaimana yang telah diajarkan oleh agama. Mulai dari mempersiapkan semua kebutuhan bayi hingga nanti ketika ia bersiap untuk kuliah doktoral. Yah impian saya ia dapat gelar Phd entah di bidang apa nantinya.

Baik orang tua saya memberi nasehat agar saya tetap tenang dan yakin jika rezeki itu sudah diatur oleh Allah. Tidak ada yang salah dari nasehat ini tetapi saya juga membaca dan mendengar kalau seorang hamba tidak berusaha maka rezeki itu pun urung turun dengan sendirinya.

Saya pernah mendengar dan membaca kisah-kisah betapa cepatnya Allah memberikan rezeki setelah usaha terbaik dilakukan. Nah, jika mengharapkan rezeki dari Allah datang secara tiba-tiba itu adalah sesuatu yang salah (menurut saya). Kisah tentang menjemput rezeki lain yang terkenal adalah betapa marahnya khilafah Umar bin Khatab ketika seorang abid (ahli ibadah) hanya berdoa meminta rezeki tanpa benar-benar berusaha mencari rezeki Allah untuk dirinya.

Kembali ke topik awal tadi, apa ya usaha yang menguntungkan saat ini? Bagaimana dengan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut?

Saya mempunyai dua orang yang menjadi contoh usaha modal kecil, pertama rekan di kantor dan yang kedua kerabat dekat saya.


Usaha Yang Menguntungkan Saat Ini Jualan Cemilan


Selain teman sekantor yang jualan benih tanaman dan juga pupuk dengan menggunakan toko online, saya juga mempunyai kerabat yang memberikan ide usaha bermodal kecil. Ia mengajak saya untuk berjualan cemilan dimana beliau adalah reseller produk tersebut. Beliau mempunyai variasi produk cemilan mulai dari makaroni, pancake durian, dan risoles isi. Dalam sebulan ia mendapatkan omzet sekitar 10 juta rupiah.