Skip to main content

Template WordPress, Dimana mendapatkannya?

Template wordpress adalah istilah yang biasa digunakan oleh teman-teman blogger yang menggunakan cms wordpress sebagai media untuk aktifitas blogging. Template ini digunakan agar tampilan website baik yang dihosting di wordpress.com maupun yang selfhosted terlihat lebih menarik dan atraktif.


Template yang saya pakai sekarang diberi judul Twenty Ten. Template ini saya gunakan karena beberapa alasan.




  1. Saya menginginkan template dengan desain yang sederhana

  2. Template ini memiliki keleluasaan untuk menggunakan widget yang saya butuhkan

  3. Saya menginginkan warna hitam dan putih agar pengunjung lebih fokus pada konten saya

  4. Saya punya kekurangan dalam desain template dan tidak mau terlalu lama dalam mengotak atik template yang disediakan kecuali sedikit saja.


Template Wordpress Gratis dari Wordpress.com


Jika anda masih menggunakan hosting gratis maupun berbayar dari wordpress.com anda dapat memilih template untuk website anda di link https://theme.wordpress.com.


Khusus bagi yang menggunakan fasilitas hosting berbayar dari wordpress.com anda juga bisa memodifikasi template yang telah anda miliki dengan masuk ke menu appearance > customize. Dalam menu customize tersebut hanya kode css template yang dapat anda otak-atik, untuk kode html maupun javascript tidak dapat anda modifikasi.



Template Wordpress Gratis dari Wordpress.org


Bagi anda yang memilih untuk hosting sendiri dengan cms wordpress, maka untuk template website anda dapat diunduh dari https://theme.wordpress.org.


Template yang anda unduh untuk website wordpress selfhosted dapat anda otak-atik sesuka anda. Saya sendiri menggunakan theme Twenty Ten dan menambahkan breadcrumb agar pengunjung lebih mudah untuk menjelajahi setiap artikel yang saya terbitkan.


Template Wordpress



Template Wordpress Premium


Selain dua link yang telah saya sampaikan diatas ada beberapa situs yang menyediakan jasa pembuatan template wordpress. Perbedaan antara situs penyedia template yang telah saya sampaikan dan situs yang menyediakan template wordpress premium adalah cara menggunakannya. Kalau dua link wordpress yang telah saya sampaikan diatas anda dapat menggunakannya secara gratis sedangkan template wordpress yang terdapat di situs-situs berikut anda harus membayar.




  1. Theme Forest

  2. Template Monster

  3. Elegant Themes

  4. Woo Themes


Keempat situs yang saya berikan diatas mempunyai kelebihannya masing-masing. Theme Forest, misalnya, merupakan situs kumpulan dari template wordpress yang dibuat oleh berbagai macam developer dari seluruh dunia dan mempunyai kisaran harga 29 dolar hingga 64 dolar. Sayangnya jika anda butuh support dari author template dari situs ini anda diharuskan untuk menambah biaya sekitar $17.70.


Jika anda membeli template wordpress premium dari Template Monster anda akan mendapatkan harga yang sama untuk semua template yaitu 75 dolar amerika. Kelebihan dari membeli template wordpress di Template Monster adalah anda mendapatkan pengembalian uang jika template tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan pada bagian overview. Sedangkan untuk maintainance template, saya tidak mengetahuinya mungkin saja ada penambahan biaya juga tapi bagaimana mekanismenya tidak jelas disampaikan dalam situs ini.


Elegant Themes lain lagi. Situs ini menawarkan berbagai template wordpress akan tetapi untuk informasi harga situs ini lebih memilih orang-orang yang benar-benar serius. Hal ini ditandai dengan pengunjung website yang ingin mengetahui harga beli template wordpress dari situs Elegant Themes diharuskan untuk mendaftarkan diri melalui email. jadi kesan yang diberikan oleh situs ini anda sebagai pengguna adalah klien yang eksklusif.


Terakhir situs penyedia template wordpress premium adalah Woo Themes. Harga beli dari satu template yang saya kira cukup mahal, $399, dibarengi dengan support yang cukup menjanjikan. Support yang akan anda dapatkan dengan biaya yang cukup mahal itu berupa 1 Tahun akses semua theme terbaru dari Woo Themes, 1 Tahun akses support, 1 Tahun Regular Theme Updates, Themes yang dibeli dapat digunakan di seluruh domain.



Kesimpulan Saya Tentang Template Wordpress


Template wordpress yang anda pilih untuk untuk website anda merupakan ciri khas anda sendiri yang membuat anda berbeda dari website lainnya. Menggunakan template wordpress gratis maupun template wordpress premium adalah pilihan pribadi anda, tergantung kebutuhan dan kemampuan anda sendiri. Jika anda mempunyai modal sebaiknya template wordpress premium yang anda gunakan untuk tampilan website anda. Tapi jika anda mempunyai kemampuan untuk koding lebih baik memaksimalkan template wordpress yang dapat diunduh dengan gratis dengan cara modifikasi.

Comments

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.