Skip to main content

Membuat Website Sendiri Dengan Memanfaatkan Situs Hosting Gratis

Membuat website sendiri dengan memanfaatkan situs hosting gratis adalah pilihan yang paling realistis bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet.
Dengan banyaknya pengguna internet baik melalui komputer maupun smartphone saat ini pilihan ini merupakan pilihan yang sangat realistis.
Apalagi jika anda karyawan atau mahasiswa yang tinggal di kota besar seperti Jakarta.
Keadaan jalan yang selalu dalam kondisi macet membuat anda kehilangan waktu untuk menjalankan usaha sampingan.

Sejak 2008 sudah banyak orang yang memanfaatkan situs-situs seperti wordpress.com, blogger.com, tumblr.com dan yang lainnya dalam membuat toko online untuk usaha sampingan.
Beberapa dari orang-orang tersebut ada yang masih berjalan usahanya dan ada yang berhenti sama sekali.
Membuat website gratis dengan memanfaatkan hosting gratis sebagai awal mempunyai kelebihan dalam menghemat anggaran belanja modal anda.
Setidaknya anda dapat menghemat lima ratus ratus ribu rupiah untuk sewa hosting dan domain.
Tapi perlu diingat walaupun situs-situs tersebut dapat digunakan secara gratis anda tetap mengeluarkan modal seperti pulsa internet atau beli minuman ditempat yang menyediakan wifi gratis.
Hal yang harus anda perhatikan juga adalah aturan penggunaan dari hosting yang memberikan batasan-batasan yang tidak bisa ditawar-tawar bagi para penggunanya.
Saya sendiri telah menggunakan berbagai platform untuk membuat website sendiri semenjak mengenal dunia internet.
Saya memulai perjalanan dalam membuat website pribadi dengan situs multiply.com.
Saya aktif disitus tersebut hingga multiply.com bertransformasi menjadi sebuah situs ecommerce yang menargetkan pasar UMKM di Asia Tenggara.
Saat perpindahan fungsi dari multiply.com yang tidak lagi memberi ruang untuk website pribadi saya pun mengenal blogger.com dan wordpress.com.
Saya memindahkan seluruh artikel di multiply ke situs baru ini.
Cukup lama saya mempelajari fitur-fitur dari blogger dan wordpress.com hingga saya pun bisa menggunakan keduanya.
Khusus untuk blogger.com saya bisa belajar lebih jauh bagaimana struktur sebuah website.
Setelah memahami cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat di wordpress.com saya akhirnya memutuskan untuk mencoba untuk menyewa hosting dan set up website sendiri.
Platform blogging yang saya gunakan pun bermacam-macam mulai dari joomla hingga wordpress. Terakhir untuk website terbaru saya platform wordpress yang saya gunakan.

Membuat website sendiri dengan situs Multiply.com


Sangat disayangkan situs multiply.com kini telah hilang dari peredaran. Saya sendiri merasakan betapa bermanfaatnya situs ini bagi saya sendiri dalam merintis karir sebagai blogger. Dari informasi yang saya dapatkan terakhir kali, situs multiply.com ditutup dan diganti menjadi situs e-commerce olx.

Membuat akun di situs multiply.com sangat mudah dan tidak hanya itu. Di situs multiply.com inilah saya belajar mengenai cascading style sheet atau yang lebih dikenal dengan css. Multiply memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk membuat tampilan website menjadi lebih personal alias sesuai dengan selera pengguna sendiri.

Di situs multiply.com ini saya juga baru menemukan banyak pedagang online, mulai dari buku hingga cemilan. Semua didapat dari sebuah fitur yang bernama market. Di fitur ini member bisa menjual atau membeli barang-barang yang mereka inginkan. Mirip-mirim FJB Kaskus lah kalau menurut saya tapi bedanya multiply memberikan proteksi terhadap fitur ini. Tidak semua pengguna multiply dapat menampilkan fitur market ini, walaupun begitu masih ada aja pengguna yang dapat membobol dan memberikan informasi bagaimana menampilkan fitur tersebut. Selain itu multiply.com juga mempunyai kategori Resep yang sesuai dengan namanya berguna untuk saling tukar resep antar member.

Setelah selesai kuliah saya tidak mengelola website ini dengan baik. Hingga saat multiply akan dibubarkan baru saya kembali dan mengimpor semua postingan yang pernah saya terbitkan.

Membuat website sendiri dengan wordpress.com


Setelah multiply.com tutup saya membuka akun di situs wordpress.com. Membuat website sendiri dengan wordpress.com cukup mudah dilakukan. Seorang calon pengguna wordpress cukup melakukan registrasi di https://wordpress.com.
Baca:

Saya mengetahui situs wordpress.com ini dari seorang blogger yang bernama fatih syuhud. Blogger yang menggunakan wordpress sebagai platform websitenya tidak pelit dalam membagi ilmu tentang wordpress. Mulai dari cara menggunakan dashboard, fungsi-fungsi yang terdapat di dalamnya hingga bagaimana cara menggunakan halaman posting saya dapatkan dari beliau.

Sekarang saya telah menggunakan wordpress untuk dua situs saya. Kemudahan dalam mengelola website menjadi alasan saya untuk menggunakan platform ini di kedua website saya tersebut. Silahkan berkunjung jika ada kesempatan di www.pencaricerah.com dan di www.sutanmudo.com.

Membuat website sendiri dengan dengan blogger


Meski mudah digunakan jika menggunakan platform wordpress gratisan dari wordpress.com, saya merasakan kesulitan untuk mencari penghasilan tambahan. Metode monetisasi yang saya pilih adalah google adsense. Program adsense sendiri mengharuskan webmaster/admin website untuk menyematkan format iklan dalam bentuk skrip java di setiap postingan website.

Wordpress dalam aturan penggunaannya menyebutkan bahwa kode javascript, seperti google adsense, tidak akan bisa berjalan dalam sistem mereka. Jadi jika anda memaksakan agar kode adsense tersebut dalam website wordpress gratis maka ketika tampil yang muncul bukan iklan tetapi kode javascript yang tidak dapat dikonversi menjadi kotak slot iklan.

Dari kesulitan tersebut akhirnya saya menemukan situs blogger.com. Di situs penyedia website gratis ini saya dapat menggunakan semua kode javascript. Maka setelah membuat konten yang relevan selama beberapa bulan saya pun mendaftar di google adsense dan mendapatkan kode iklan adsense.

Hingga saat ini website www.kandrawilko.info yang sudah diberikan google adsense malah belum menghasilkan. Berbeda dengan website pencari cerah yang mendapatkan kesempatan monetisasi dengan WordAds dari Wordpress.com.
Baca: http://www.pencaricerah.com/2012/05/21/wordads-on-pencaricerah-com

Kenapa saya membuat artikel ini?

Saya ingin menegaskan jika anda mempunyai keahlian berbagilah dengan orang lain. Mulailah dengan membuat website sendiri yang tidak perlu menambah cost rumah tangga. Jika anda tekun dalam membuat tulisan-tulisan informatif dan inspiratif maka rejeki itu akan datang kepada anda. Website adalah media yang paling mudah agar anda dikenal oleh orang banyak, dan beberapa orang telah membuktikan dengan bekerja dua jam di depan komputer ia bisa mendapatkan penghasilan lebih daripada seorang pekerja kantor.

Comments

  1. Menurut saya, definisi membuat website sendiri itu lebih tepatnya ke membuat HTML atau coding sendiri.
    Kalau web seperti multiply, bloger atau wordpress, itu web nya sudah jadi. Tinggal pakai aja. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.