Skip to main content

cara mengatur keuangan keluarga

Cara mengatur keuangan keluarga merupakan topik yang sering saya cari akhir-akhir ini.

Sebagai kepala keluarga saya tidak mau membebani istri sendirian untuk mengatur keuangan keluarga. Secara pribadi saya pun bertanggung jawab untuk mencari cara mengatur keuangan keluarga.

Saya sendiri memiliki kekurangan dalam mengatur keuangan sendiri. Menabung gaji ketika masih single saja saya selalu mendapat halangan. Tapi saat ini setelah mempunyai keluarga yang harus saya pimpin dan saya menjadi tauladan, mau tidak mau saya harus belajar.

Ada banyak cara mengatur keuangan keluarga yang saya temui di hasil pencarian google. Mulai dari yang sangat praktis dan sederhana hingga yang berbelit-belit dan membutuhkan saya beberapa waktu agar memahami bagaimana penerapan manajemen uang untuk keluarga tersebut.

Dari pencarian yang saya lakukan artikel yang paling menarik yang saya temukan adalah artikel dari situs www.ayahbunda.co.id/keluarga-keuangan/cara-sederhana-mengelola-keuangan-keluarga, Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan, memberikan cara mengatur keuangan keluarga sebagai berikut:

1. Mengetahui isi tabungan, jumlah tagihan listrik, servis mobil/motor, belanja, biaya periksa dokter, hutang kartu kredit, pinjaman bank (cicilan rumah/motor/mobil).

2. Menyusun rencana keuangan atau anggaran belanja keluarga dan disiplin dengan anggaran yang telah direncanakan tersebut.

3. Buat daftar kebutuhan dan keinginan sehingga pengelola keuangan tidak terdorong untuk membelanjakan anggaran.

4. Hindari Hutang.

5. Minimalkan belanja konsumtif (seperti kongkow di warung kopi bareng teman-teman setelah jam kantor).

6. Tetapkan tujuan finansial bersama (cita-cita finansial)

7. Menabung

8. Berinvestasi

Dari beberapa list yang telah diberikan di situs ayah bunda tersebut saya baru melakukan cara nomor empat, menghindari hutang.

Saya sendiri masih mempunyai cicilan hutang kartu kredit yang saya gunakan untuk investasi saya jangka panjang. Menurut perhitungan saya sendiri hutang kartu kredit ini akan habis tahun depan bertepatan dengan prediksi kelahiran anak pertama saya.

Cukup pusing sebenarnya yang saya alami tapi saya optimis kalau cara mengatur keuangan keluarga yang saya lakukan sekarang akan membuat saya bisa menabung. Minimal untuk biaya kelahiran anak pertama saya nantinya keluarga kecil saya tidak terlalu terbebani.

Dengan asuransi kesehatan yang mengkover persalinan istri menurut perhitungan saya tahun depan adalah tahun yang tepat untuk menetapkan cita-cita finansial kami yang baru dan lebih visioner.

Comments

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.