Skip to main content

Berwisatalah ke Turki

By: Nandang Burhanudin
****

Jika ada negara tujuan wisata yang selalu dirindui untuk dikunjungi, Turki berada di urutan pertama. Di Turki, kita akan menemukan goresan kenang yang tak akan ditemukan di negara-negara lain.

Aspek keamanan, serasa di rumah sendiri. Hampir sulit ditemukan gerombolan geng atau makhluk menganggur di Turki. Cobalah jalan-jalan ke tempat paling dalam sekalipun. Semisal kereta bawah laut. Kita tidak menemukan sosok preman yang sangat mudah ditemukan di bandara Soehat di Jakarta.

Jangan lupa, cobalah seluruh moda transportasi darat di Turki. Kaum wanita dan Manula mendapat porsi penghormatan tersendiri di public transport. Wanita atau pria muda yang tampilannya "glamor" ataupun "urakan", akan mudah memberikan tempat duduk kepada wanita atau manula.

Coba nikmati hidangan Turki. Lupakan nasi ala Indonesia. Kita akan menemukan 100 % makanan halal di seluruh pelosok Turki. Bukan hanya halal. Seluruh RM atau restoran diawasi khusus oleh Dinas Kesehatan setempat. Tentu dengan syarat dan peraturan superketa. Jangan takut keracunan, disuguhi makanan basi, atau mendapatkan harga "tembak".

Jika wisata bersama istri atau anak perempuan. Saya tidak merasakan sedikitpun kekhawatiran. Kaum wanita bebas mengenakan pakaian jenis apapun. Termasuk bercadar, jika mau. Namun tentu, wajah wanita Indonesia berada di posisi biasa dibanding wanita-wanita Turki. He he ...

Lebih penting dari itu. Ketika jalan-jalan ke Turki. Kita membelanjakan uang untuk muslim, oleh muslim, dari muslim. Membangkitkan ekonomi Turki. Satu-satunya negara yang memberi tempat terhormat untuk 2.000.000 (dua juta) pengungsi Syiria. Hanya Turki pula yang siaga membantu Muslim di seluruh dunia.

Jangan lupa. Ketika kita memasuki antrian imigrasi Turki. Paspor Indonesia termasuk yang dihormati. Imigrasi tidak menaruh curiga atau menanyakan pertanyaan yang cenderung menohok dan menghinakan. Hal yang tidak akan kita temukan di negara-negara lain.

Jadi sekali lagi. Jika ada rezeki. Mari agendakan untuk berwisata ke Turki. Apalagi jika saat berwisata kita dipertemukan dengan saudagar-saudagar, grup-grup kebajikan, bahkan sosok-sosok agamis yang dinamis. Serasa kita menjadi kaum Muhajirin yang dimuliakan kaum Anshar. Yakin itu!

Comments

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.