Skip to main content

Memilih jurusan di Universitas

Memilih jurusan di Universitas itu salah satu langkah yang menentukan karir atau pekerjaan anda nantinya. Salah memilih jurusan bisa jadi akan membuat cita-cita anda akan tidak tercapai.









Memilih Jurusan di Universitas
ilustrasi


Tiga Tipikal Orang Memilih Jurusan di Universitas


Saya ingin memulai pembahasan tentang memilih jurusan di Universitas dengan membahas tipikal orang yang memilih jurusan di universitas. Pembagian tipikal orang yang memilih jurusan ini hanya sebuah pengamatan pribadi dari teman-teman kuliah saya saat kita lagi berdiskusi tentang kenapa memilih jurusan bahasa dan sastra Inggris di Universitas Negeri Padang.




  1. Tipikal pertama yang saya temui adalah tipikal orang yang memilih jurusan di universitas mengikuti tren. Menurut saya tipikal orang yang milih jurusan berdasarkan tren yang sedang terjadi adalah orang yang bingung. Tipikal orang seperti ini butuh menggali lagi potensi yang ada dalam dirinya. Salah pilih jurusan akan membuat prestasi akademisnya jeblok dan pasti untuk memperbaiki nilai akademis itu akan sulit dan butuh waktu juga motivasi dari diri sendiri yang kuat.


    Teman saya sewaktu kuliah mengalami hal ini. Awalnya teman saya ini memilih jurusan sastra inggris. Jurusan saya ini cukup laku untuk dijual, karena program yang ia ikuti bukanlah program reguler, karena saking banyaknya peminat jurusan ini di Sumatera Barat. Sayangnya prestasi yang ia dapatkan tidak seperti yang ia harapkan. Ia mendapati kesulitan dalam mengikuti perkuliahan hingga ia mengambil keputusan cepat dengan berganti jurusan ke ekonomi. Di sinilah minat beserta bakatnya terasah, hingga ia menjadi juragan kecil saat kuliah dengan membuka usaha salon motor dan mobil.

  2. Tipikal yang kedua adalah orang yang memilih jurusan karena memang dia sendiri pengen. Bingung juga saya memilih diksi yang tepat.

  3. Tipikal ketiga adalah orang yang memilih jurusan di universitas setelah mendapatkan berbagai wejangan dari keluarga khususnya orang tua. Orang terdekat yang saya maksud adalah orang tua, teman dekat, atau senior sekolah yang sukses.


Saya sangat tidak sukses di mata pelajaran eksak. Setiap ada ulangan atau pekerjaan rumah apakah itu matematika, kimia, fisika, kimia, atau biologi nilai saya pasti jelek. Saya bukannya tidak belajar, tapi kemampuan saya hanya sampai disitu. Orang tua saya tentu tidak senang dengan pencapaian saya ini tapi mereka dapat menerima dan juga membimbing saya ke arah yang lebih baik.

Saya menyukai bahasa. Semenjak kecil saya suka menonton dan mendengarkan film, musik berbahasa asing. Nilai pelajaran bahasa inggris saya tidak begitu bagus tapi masih lebih baik daripada mata pelajaran eksakta. Kedua orang tua saya mengetahui minat saya ini, khususnya bunda, dan mereka membimbing saya untuk terus mendalami minat saya terhadap bahasa asing (baca: Inggris) dengan mendaftarkan saya pada lembaga pendidikan bahasa Inggris yang terkenal di kota saya.

Comments

Post a Comment

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.