Skip to main content

Kontroversi Kredit Tanpa Agunan Syariah


kredit tanpa agunan bjb syariah
iB Maslahah dari bjbsyariah
Kontroversi Kredit Tanpa Agunan Syariah telah muncul sejak tahun 2011 yang lalu. Wakil Sekjen MUI waktu itu Kanny Hidaya berpendapat adanya kemudahan pemberian kredit oleh perbankan syariah kepada calon debitur prinsipnya boleh saja hanya saja kegiatan pinjam meminjam yang dilakukan oleh bank syariah pasti bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hal inilah yang membuat Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia membutuhkan kajian yang mendalam sebelum memberikan izin kepada bank syariah untuk menjual kredit tanpa agunan.



Dalam Islam transaksi pinjam meminjam seharusnya bisa saja langsung dilakukan karena prinsip antara orang yang meminjam dan orang yang meminjamkan dana adalah saling percaya antara satu sama lain. Berkaitan dengan produk kredit tanpa agunan syariah yang dijual oleh bank syariah, Kanny Hidayah berpendapat jika bank syariah bisa langsung membuat produk tersebut berdasarkan prinsip saling percaya dan juga prinsip tidak memakan harta dengan cara yang batil. Namun karena Bank Indonesia mewajibkan setiap lembaga perbankan yang menyalurkan kredit untuk menerapkan prinsip kehati-hatian maka dalam menjual produk kredit setiap calon debitur diharuskan memiliki jaminan agar bank tidak mengalami kredit macet. 


Saat ini bank syariah bjb telah menjual produk kredit tanpa agunan syariah namun dengan syarat yang cukup ketat. Seorang calon debitur yang akan meminjam uang kepada bank bjb syariah diharuskan mempunyai status karyawan atau seseorang yang mempunyai penghasilan atau pendapatan yang tetap. Selain itu pihak bank harus mengkover jiwa dan juga kredit dari debitur dengan mengasuransikannya dalam produk asuransi PHK dan asuransi pembiayaan. Produk kredit tanpa agunan syariah dari bjbsyariah ini dikenal dengan nama iB Maslahah.



Ustadz Kanny Hidayah menjelaskan prinsip pembiayaan tanpa agunan syariah seperti iB Maslahah bjb syariah setidaknya menggunakan akad qardh. Selain itu bank syariah dapat menggunakan konsep tawaruq yaitu barang atau underlying hanya bersifat perantara dimana hasil akhir transaksi adalah uang. Contoh Bank membeli barang berupa komoditas yang diperjual belikan dipasar terstruktur semisal tembaga/nikel melalui broker A sebesar 1 juta rupiah. Barang tersebut kemudian dijual Bank ke debitur dengan harga 1.2 juta yang dalam perjanjian jual belinya debitur akan membeli dengan cara mencicil dengan jangka waktu dan besaran cicilan tertentu. Setelah selesai cicilan dalam jangka waktu yang ditentukan nasabah kemudian menjual kembali barang yang dibeli dari Bank (berupa tembaga/nikel) ke penjual yang telah ditetapkan oleh Bank sebesar 1 juta. Dengan alur ini baik bank maupun debitur melakukan transaksi dipasar komoditas dimana alur transaksi telah diatur sedemikian rupa. Bank dapat langsung memberikan kredit tanpa agunan kepada debitur, dan debitur tidak perlu memberikan jaminan. 



Konsep tawaruq ini meskipun telah digunakan di negara Malaysia dan juga di negara Timur Tengah tapi masih mempunyai kontroversi diantara ulama. Sebagian ulama berpendapat pasar dimana transaksi telah diatur bertentangan dengan prinsip syariah. Selain itu transaksi model ini dapat mengakibatkan buble economy dan penyaluran kredit tidak menyentuh sektor riil.


Meskipun kontroversi kredit tanpa agunan syariah masih berlangsung baik bank maupun calon debitur sepertinya masih saling membutuhkan.

Comments

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.