Skip to main content

Berhenti Melihat Statistik Blogger.com!

Berhenti melihat statistik blogger.com!
ilustrasi sendiri

Pesan ini disampaikan oleh bidadari di rumah. Begini ceritanya.

Sebagai seorang blogger yang sudah menjadi publisher adsense, melihat statistik adsense adalah sebuah rutinitas setiap hari. Tapi melihat taksiran hari ini selalu 0, sepertinya ada yang salah dengan apa yang saya lakukan selama ini. 

Selain melihat taksiran hari ini dari adsense hal yang selalu saya lakukan setiap buka blog adalah melihat statistik blog. Dan saya selalu merasa down ketika statistik tersebut tidak mencapai tujuan yang saya tetapkan di awal tahun. Pageviews blog maupun postingan saya yang tidak ada mencapai 1000 unik visitor per hari pada unik visitor adalah modal bagi seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan. Dan standar 1000 unik visitor per hari itu minimum.

Nah karena dua hal itu (adsense yang masih 0 aja tiap hari dan juga pageviews yang tidak mencapai target) saya meminta pendapat istri di rumah. Ada apa sih dengan blog saya jika dilihat oleh orang awam? 

Istri saya bukanlah seorang blogger, ia hanya seorang pegawai biasa di kantor pemerintah. Jadi pendapatnya tentang blog saya anggap cukup merepresentasikan unik visitor yang saya targetkan. Sayangnya sebagai pembanding istri saya membandingkan blog saya yang sangat sederhana ini dengan blog-blog besar seperti punya raditiya dhika dan simomot.

Diawal tulisan tadi sudah saya sampaikan apa yang ia inginkan untuk saya perbaiki. Yaitu berhenti melihat statistik di dashboard blogger. Menurut belahan jiwa saya itu, saya terlalu terfokus pada statistik dan angka-angka di blog tapi melupakan isi yang menjadi pilar dari sebuah blog. Ternyata sederhana, sesederhana pesan dari internet marketer seperti Yaro Starak yang bukunya saya baca berulang-ulang. Menulislah untuk manusia jangan menulis untuk mesin pencari, buatlah pilar hingga blog menjadi ramai dikunjungi.

Selain perintah tersebut, beberapa pendapat istri saya yang menjadi catatan untuk memperbaiki blog lainnya yaitu:

  1. judul blog yang sangat personal, ini maksudnya nama blog saya yang menggunakan nama pribadi kandrawilko.info. Tentu tidak menjual dibandingkan bestsurvivalknifeguide-nya Spencer Haws.
  2. topik blog yang tidak fokus (isinya gado-gado), namanya juga blogger amatir dan masih belajar untuk membuat sebuah konten yang isinya tidak hanya lebih baik bagi orang banyak tapi lebih bermanfaat. Mungkin satu saat saya harus mempertimbangkan membuat brand sendiri.
  3. tampilan blog yang tidak menarik dan cenderung sempit. Sepertinya saya harus kembali menggunakan template Johny Responsive yang sudah biasa saya utak-atik.

Berarti bersih-bersih blog dalam arti sebenarnya belum berhenti.

Comments

Artikel Viral

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

TEMPAT MAGANG SASTRA INGGRIS PALING IDEAL, NO 1 PALING FAVORIT

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.
Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.
Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)
Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console - Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.