Mengenal dan Memahami Post Setting

Kemarin saya telah membahas fitur dasar halaman posting yang berguna untuk membuat konten di blogger.com. Sekarang kita lanjutkan pembahasan fitur dasar halaman posting yang lain. Mungkin anda telah memulai menulis atau membuat konten dan mulai langsung menerbitkan postingan pertama anda, jika sudah saya mohon maaf karena baru sekarang saya membahas elemen lain pada halaman posting. Jika belum sebaiknya kenali dulu elemen yang penting ini. Dengan mengenal dan memahami post setting maka konten yang anda posting tidak hanya akan terbit tapi juga akan ditemukan oleh orang lain.

Mari kita mulai mengenal dan memahami post setting di blogger ini.
Ada beberapa elemen yang akan anda temui di samping kanan halaman posting. Kebetulan saya men-set bahasa blog saya ke bahasa inggris. Jadi kita mulai dengan mengenal dalam bahasa Inggris.

Fitur Post Setting di Blogger

  1. Labels

    Dalam bahasa Indonesia labels berarti penanda. Dalam blogger.com berarti penanda postingan anda. Jika anda menulis tentang mobil, maka label yang disarankan adalah "mobil" atau jika blog anda akan secara umum membahas tentang mobil, disarankan agar labels ini anda tulis dengan merek mobilnya. Contoh "Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Ferari dan lain-lain".


  2. Schedule

    Dalam bahasa indonesia berarti Jadwal. Dengan fitur ini anda dapat mengatur jadwal postingan anda. Misal anda mempunyai target tulisan anda akan muncul di saat hari raya kurban, anda lihat di kalender hari raya kurban berada pada tanggal 24 September 2015, maka anda tinggal setting pada tanggal tersebut. Jika anda ingin langsung posting begitu konten selesai dibuat maka langsung saja anda abaikan fitur ini lalu tekan tombol terbitkan (Publish).


  3. Permalink

    Fitur ini berguna untuk membentuk url pada address bar. Pada tahap lanjut nanti akan saya sampaikan bagaimana pentingnya permalink yang harus anda setting.


  4. Location

    Fitur ini akan mentargetkan postingan anda pada suatu daerah/region. Jika anda ingin menargetkan visitor dari amerika atau hanya dari Indonesia sebaiknya anda lakukan beberapa settingan pada fitur ini.


  5. Search Description

    Fitur ini merupakan salah satu langkah anda agar orang-orang di seluruh dunia mengetahui bahwa anda mempunyai blog dan konten blog tersebut bermanfaat. Cara kerjanya akan saya sampaikan pada postingan berikut.


  6. Options

    Fitur ini memberikan pilihan apakah postingan anda akan diperbolehkan untuk dikomentari, kolom komentarnya diformat seperti apa, dan interpretasi line break untuk enter. Kita akan lanjutkan pada postingan berikut dan juga rekomendasinya.


  7. Custom Robots Tags

    Fitur ini untuk mengatur robot google yang merayapi blog anda. Jika anda bingung, jangan sedih. Saya pun sangat bingung pada awalnya dan nanti akan saya sampaikan cara pemanfaatkan custom robots Tags ini.



Demikian dulu pengenalan dan memahami post setting pada halaman posting blogger.com, saya akan kembali untuk membereskan pekerjaan rumah saya yang lain. Jangan lupa jika ada pertanyaan, saran atau tanggapan lainnya silahkan gunakan kotak komentar.