Menjadi Sumando Rang Ladang Cakiah

Hidup itu sangat tidak bisa diprediksi. Baru kenal awal tahun yang lalu dengan bantuan seseorang, akhir tahun ini saya menikahi seorang gadis minang yang besar dan tinggal di Jakarta. Tidak ada yang menyangka perjalanan saya dan istri bisa ke pelaminan hari sabtu yang lalu.

Kisah kami tidak seperti kisah cinta yang ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy dalam novel fenomenalnya Ayat-Ayat Cinta. Kami hanya diberi nomor telpon masing-masing untuk berkenalan pertama kalinya, lalu bertemu untuk saling melihat dan setelah itu tidak lagi berjumpa hingga mendekati tanggal pernikahan kami.

Saya dan istri mempunyai ketakutan dan kekhawatiran, ada rasa ragu untuk melanjutkan tahap perkenalan menuju pernikahan tersebut. Bermodal pesan nabi S.A.W. yaitu segala perbuatan diawali dengan niat, dan Allah Subhanahu Wa Taala akan menolong orang-orang yang akan menikah, kami mendapat bantuan yang tidak disangka-sangka. Sebelumnya saya hanya mendengar kisah-kisah luar biasa pertolongan Allah pada mereka yang akan menikah dari teman-teman kantor yang sudah menikah, dan kali ini saya yang merasakannya. Pertolongan Allah itu memang akan dipercepat untuk mereka yang akan menikah. Pertolongan Allah kepada saya ketika menikah yang saya sadari adalah kecukupan dalam finansial. Tidak besar tapi cukup. Saya bisa membawa istri jalan-jalan dan makan-makan menikmati masa cuti nikah dan akhir tahun. Padahal sebelum penghulu men-sah-kan hubungan saya dan istri, saya dalam kegalauan yang luar biasa karena saya tidak mempunyai uang di dompet dan tanggal gajian masih jauh. Akan sangat memalukan bagi saya jika saat resepsi berakhir dan hari baru yang dijelang istri saya malah kelaparan. Tapi itu pertolongan Allah yang saya rasakan. Allah memberikan rezeki yang cukup hingga saat bonus yang saya harapkan dari perusahaan tidak keluar, saya masih bisa menikmati bulan madu dengan kekasih saya secara sederhana.

Saya ingat pesan nabi S.A.W. di hadist lain yang menyatakan menikahlah maka kamu akan kaya. Mungkin saya tidak akan langsung kaya dalam artian setelah menikah tiba-tiba dapat uang banyak, mobil, rumah mewah dan lain-lain yang jatuh dari langit, tetapi pasti kaya itu akan saya dapati dalam menikah. Sebagaimana hadist Beliau S.A.W. sebelumnya (salah satu orang yang akan ditolong Allah adalah orang yang akan menikah) yang telah saya