Skip to main content

Bagikan, DP Motor Pembiayaan Syariah Turun

Pemerintah berencana akan mengatur pembiayaan motor syariah dengan mengeluarkan kebijakan mengatur Downpayment pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor syariah.

Tujuan dari pemberian batasan DP untuk kepemilikan bermotor syariah ini adalah agar pertumbuhan perekonomian syariah di Indonesia dapat diatur agar tumbuh dan dapat dikontrol.

Kebijakan yang akan diterapkan oleh pemerintah, yaitu mengatur DP untuk kredit pemilikan kendaraan bermotor secara syariah seperti biasa menimbulkan pro dan kontra.

langsung ke kabar terbaru atau

[caption id="attachment_2147" align="aligncenter" width="420"]dp-motor-baru motor siap di dp[/caption]

 


Seperti yang telah diketahui sebelumnya pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor konvensional telah ditetapkan dengan minimal down payment (DP) sebesar 30% dari harga OTR (On The Road) kendaraan.

Jadi jika sebelumnya dengan DP Rp. 500 ribu kita bisa memiliki kendaraan bermotor (roda dua) untuk ke depannya hal ini akan sulit ditemui oleh mereka yang membutuhkan.

Para pelaku ekonomi khususnya lembaga pembiayaan atau leasing menyisiati kebijakan ini dengan mengurangi kredit konvensional dan beralih kepada pengucuran kredit secara syariah.

Karena sebelumnya pemberian kredit secara syariah belumlah diatur seketat yang terjadi pada lembaga kredit konvensional.

Setelah diberlakukannya uang muka minimum untuk kredit kendaraan bermotor yaitu sebesar 30% dari harga kendaraan bermotor (OTR) pelaku industri otomotif mengeluh karena beranggapan bahwa kebijakan pembatasan DP untuk kredit kendaraan bermotor ini akan mengurangi penjualan kendaraan bermotor yang sedang tumbuh.

Ketakutan ini tidak hanya terjadi untuk lembaga pembiayaan, asuransi pun bersiap-siap untuk merasakan penurunan premi yang cukup signifikan.

Jika lembaga keuangan konvensional berteriak karena potensi pengurangan keuntungan akibat kebijakan pemerintah dalam pembatasan uang muka ini maka lembaga keuangan syariah setengah berharap bahwa pertumbuhan dalam keputusan pemerintah ini. Lembaga keuangan syariah berharap untuk dapat meningkatkan jumlah pembiayaan kendaraan bermotor dengan adanya peralihan konsumen.

Namun sepertinya lembaga keuangan syariah harus bersabar untuk mendapatkan kesempatan memperbesar pangsa pasarnya karena menurut laporan dari JPNN,  pembiayaan syariah masih sepi peminat.

Sebabnya adalah pembiayaan syariah harus diikuti dengan perlindungan asuransi yang juga harus dilakukan dengan prinsip syariah.

Menurut Kepala Wilayah Jatim-Bali PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation( AI-DSO) Hariya Albertus, permintaan pembiayaan syariah dari konsumen masih sedikit dikarena aturan pembiayaan syariah yang cukup ketat. Ia mencontohkan bahwa untuk klaim asuransi syariah konsumen harus menghindari kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan prinsip syariah agar klaim asuransi tidak ditolak.

Jika di wilayah Jatim - Bali pembiayaan syariah tidak favorit karena ketatnya aturan pembiayaan syariah maka secara nasional pembiayaan syariah dirasakan begitu tumbuh.

Pertumbuhan pembiayaan syariah ini dapat dirasakan oleh perusahaan asuransi yang rata-rata perolehan premi meningkat pesat bahkan melebihi perolehan premi asuransi konvensional dalam bidang yang sama (kendaraan bermotor).

Setelah pergantian tahun sepertinya bulan madu pembiayaan syariah yang sempat meningkat maka akan sedikit menurun dengan dikeluarkannya PMK Nomor 220/PMK.010/2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 43/PMK.010/2012 Tentang Uang Muka Pembiayaan Konsumen Untuk Kendaraan Bermotor Pada Perusahaan Pembiayaan.

Dalam PMK ini uang muka atau downpayment untuk pemilikan kendaraan bermotor ditetapkan sebesar 20% sampai 25% dari harga jual kendaraan saat itu.

Keluarnya peraturan untuk pembiayaan kendaraan bermotor syariah ini mempunyai tujuan,salah satunya, untuk memberikan kesetaraan pengaturan sehingga tidak terjadi regulatory arbitrage antara pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah.

Dengan dikeluarkannya pembatasan atas uang muka kredit pemilikan kendaraan bermotor baik secara syariah maupun konvensional diharapkan meningkatkan kehati-hatian dalam penyaluran pembiayaan dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Update: ^

Penjualan motor di tahun 2015 cenderung untuk menurun, menurut catatan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) angka penetrasi pasar tercatat -17% (minus tujuh belas persen).

Maka dari itu untuk meningkatkan kembali gairah penjualan kendaraan bermotor di Indonesia dp motor kembali diturunkan menjadi 15% untuk leasing konvensional dan 10% untuk leasing syariah.

Aturan ini dikeluarkan melalui surat edaran ojk nomor 19/SEOJK.05/2015 dan 20/SEOJK.05/2015 yang berlaku efektif per tanggal 31 Agustus 2015.

Tercatat telah terjadi dua kali penurunan aturan uang muka atau dp motor yang dikeluarkan oleh lembaga pengawas keuangan (dulu Bank Indonesia sebagai Regulator sebelum OJK) :

  • awalnya dp motor ditetapkan 30%

  • kemudian ditetapkan 20%

  • hingga saat ini yang berlaku dp motor 10%-15%


Sebagai konsumen berita ini tentu sangat menggembirakan tetapi tunggu dulu ada syarat lain yang diberikan oleh OJK untuk lembaga pembiayaan (baik konven maupun syariah) agar anda pelanggan leasing mendapatkan dp motor terbaru itu.

Syarat yang ditetapkan oleh OJK agar sebuah lembaga pembiayaan dapat memberikan dp motor terbaru adalah nilai NPF kurang dari atau sama dengan 5%. NPF adalah rasio aset produktif yang bermasalah atau piutang dari perusahaan.

Jika lembaga pembiayaan tempat anda ambil motor saat ini memiliki NPF lebih dari 5%, dp motor anda di lembaga tersebut tetap mengikuti aturan uang muka yang sebelumnya.

Kesimpulan:


Sebagai konsumen kita harus jeli untuk memilih lembaga pembiayaan kendaraan bermotor. Apalagi dengan adanya aturan yang memperbolehkan konsumen dapat memberikan dp motor sebesar 10% - 15%.

Semoga tulisan saya bermanfaat bagi anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli motor untuk kegiatan operasional anda.
gambar: detik.com

Comments

Artikel Viral

Panasonic Merek TV Terbaik yang Paling Mutakhir

TV merupakan salah satu media hiburan dan sarana informasi yang bisa diakses oleh siapa saja di seluruh penjuru dunia. Dengan melalui Televisi Anda tentu bisa mendapatkan informasi tentang segala sesuatu yang terjadi di luar negeri dan dalam negeri dengan mudah. Untuk itu memiliki televisi ini seakan sudah wajib sekali hukumnya bagi setiap rumah tangga.
Televisi sendiri terdapat beberapa jenis, perkembangannya selalu dipengaruhi dari waktu ke waktu. Kalau kita dulu hanya mengenal TV tabung yang hitam putih maka kita sekarang sudah bisa menikmati jenis tv yang lebih modern yakni tv led terbaik yang memiliki varian warna yang beragam dan memiliki desain yang tipis sehingga terlihat sangat elegan.
Sejak awal kemunculannya hingga sekarang, TV LED mengalami perkembangan yang cukup pesat.
Awalnya ada sebuah merek TV LED pertama di Indonesia yang mengenalkan TV LED nya dengan desain yang sangat tipis serta memiliki teknologi canggih masa kini. Sehingga tak lama kemudian banyak produsen T…

Kuliah Itu Berapa Tahun Sih? Ini Jawabannya

Saya sering mendapat pertanyaan dari pengunjung blog

"kak, kuliah itu berapa tahun?" atau

"om, Kuliah S1 sampai berapa semester?" atau

"bang, semester kuliah ada berapa?"

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Artinya kamu yang saat ini baru mulai kuliah, sudah mempersiapkan masa depan kamu dengan tidak ingin berlama-lama di kampus.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca pencaricerah.com diatas saya sedikit mengalami kesulitan.

Apa itu?

Soalnya saran yang saya berikan di tulisan kuliah itu berapa tahun? berbeda sedikit dengan pengalaman.

Jangan lewatin 7 Cara Berpakaian Untuk Mahasiswa Baru

Namun saya berharap kamu bisa belajar dari pengalaman saya yang tidak sesempurna tulisan ini.

Mungkin yang bertanya sedang menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah atau mungkin juga sedang merencanakan apa yang bisa ia lakukan disela-sela perkuliahan.

Berdasarkan pertanyaan yang beberapa kali muncul di kolom komentar beberapa post…

Tempat Magang Sastra Inggris Yang Paling Ideal, No.1 Paling Favorit

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.

Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.

Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)

Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Dala…