Skip to main content

Buon Compleanno, King Alex!

Alesandro Del Piero seorang pemain yang akan selalu dikenang oleh para fans dari klub sepak bola Juventus. Pemain ini telah menunjukkan kesetiaannya kepada Bianconneri bahwa ia akan selalu membantu klub untuk mencapai prestasi. Ketika pemain seperti Ibrahimovic, Almiron, Thiago dan lain-lain keluar saat skandal calciopoli memaksa Juventus untuk melepaskan 2 gelar Liga Italia dan turun ke kasta dua Liga Italia, Del Piero tetap bertahan dan menjadi inspirasi bagi setiap pemain yang tinggal untuk kembali membuat reputasi si Nyonya Tua yang hilang.

Lahir di Conegliano Veneto, Italia, tanggal 9 November 1974 Del Pierro mengawali bermain sepakbola dengan posisi sebagai kiper. Pilihan yang dianggap oleh ibunya posisi yang paling aman untuk Del Pierro kecil namun ia tak lama bermain di posisi tersebut karena kakak laki-lakinya Stefano, melihat kemampuannya dalam menyerang (sumber Bola.net)

skill terkenal Alessandro Del Piero adalah tendangan bebasnya yang 90% akurat

Di musim 2001/02, La Vecchia Signora tertinggal satu poin oleh rival abadinya, Internazionale.

Ketika melawan Udinese di laga terakhir, Juve diwajibkan untuk menang jika ingin menjadi juara Serie A pada waktu itu.

Hal ini juga berlaku pada Inter yang berhadapan dengan Lazio di laga terakhir mereka. Demi menghindari pengaturan skor, kedua laga tersebut dijadwalkan bersamaan.

Juventus berhasil memenangkan pertandingan tersebut, sedangkan Inter dikalahkan Lazio. Sepasang gol dari Alessandro Del Piero berhasil mengantarkan Bianconeri menjuarai Serie A pada musim 2001/02.

Saat tertinggal 0-1 dari Mexico, Alessandro Del Piero dipaksa melihat rekan-rekannya berjuang dari bangku cadangan. Gli Azzurri hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke fase knock-out Piala Dunia 2002.

Pada menit ke-78, Giovanni Trapattoni akhirnya memasukkan King Alex. Satu menit kemudian, Del Piero berhasil menyambut umpan silang Vincenzo Montella dan menceploskan bola ke tiang jauh gawang.

Gol Del Piero berhasil menyelamatkan muka Italia di pentas bergengsi antar dunia tersebut dan meloloskan Italia ke fase knock-out.

Kalah 2-1 di leg pertama, Juventus menjamu Real Madrid (yang saat itu diperkuat Zinedine Zidane & Luis Figo) di Delle Alpi.

Namun, Tridente Bianconeri saat itu, Pavel Nedved, Alessandro Del Piero dan David Trezeguet berhasil menumbangkan Los Blanco dengan skor telak, 3-1 (4-3).

Selama karirnya, pertandingan ini akan selalu di ingat Alessandro Del Piero. Pasalnya, dua peluang emas King Alex gagal dikonversinya menjadi sebuah gol.

Saat itu, format Piala Eropa masih memakai sistem Golden Goal. Gol dari David Trezeguet di babak tambahan berhasil menyingkirkan Italia sebagai runner-up.

Alessandro Del Piero mencetak hat-trick di laga tersebut dan berhasil membuat suporter tuan rumah, AS Monaco terdiam.

Di laga tersebut, Del Piero mencetak gol volley yang hingga saat ini masuk di dalam daftar 50 gol terbaik Liga Champions sepanjang masa.

70.000 suporter Juventus menghadiri laga terakhir King Alex di Olimpico Roma ketika melawan Napoli.

Meski saat itu La Vecchia Signora tidak menjuarai Coppa Italia, namun para Juventini memberikan apresiasi yang luar biasa kepada sang kapten, Alessandro Del Piero.

Alessandro Del Piero telah memainkan empat final Liga Champions selama karir sepak bolanya.

Namun, pertandingan tersebut adalah debut pertama King Alex di final Liga Champions, dan dia berhasil membawa pulang trofi bergengsi itu ke Delle Alpi.

Membawa misi balas dendam pasca kegagalan Italia di Piala Eropa 2000, Gli Azzuri berhasil membungkam Timnas Prancis lewat adu pinalti.

Selain sundulan terkenal Zinedine Zidane terhadap Marco Materazzi, Alessandro Del Piero berkontribusi besar membantu Timnas Italia menjuarai trofi keempatnya di ajang bergengsi tersebut.

engan demikian secara otomatis ia telah mencatatkan dirinya dalam lembaran sejarah Juventus sejajar dengan legenda lainnya seperti Gaetano Scirea atau Giampiero Boniperti.

Mari kita simak sepuluh fakta menarik Il Pinturicchio yang akan genap berusia 34 tahun 9 November mendatang.

10. Del Piero lahir di Conegliano Veneto dari pasangan Gino dan Bruna.

9. Kakaknya, Stefano, yang juga sempat menjadi pemain sepakbola di Sampdoria kini menjadi agennya.

8. Gol pertamanya bagi Juventus dicetak saat melawan Reggiana pada pertandingan keduanya.

7. Del Piero memegang rekor sebagai pemain yang paling banyak tampil dan juga yang paling banyak mencetak gol bagi Juventus.

6. Pasangan Del Piero dan istrinya Sonia Amoruso telah dikaruniai seorang putra yang diberi nama Tobias.

5. Selain sepakbola, Del Piero juga menyukai bola basket NBA dan menyukai permainan Steve Nash dari tim Phoenix Suns. Nash sendiri mengatakan kalau Del Piero adalah idolanya.



4. Hattrick pertama Del Piero dalam seragam Bianconeridicetaknya saat ia tampil sebagai pemain inti untuk pertama kalinya waktu melawan Parma.

3. Ia sempat menjadi pemain dengan pendapatan tertinggi di tahun 2000 hasil kombinasi dari gaji, bonus pertandingan, dan bayaran membintangi iklan produk.

2. Dari semua gelar domestik dan internasional, hanya Piala Eropa yang tak pernah dimenangkannya bersama tim Azzurri.

1. Oasis merupakan salah satu band favorit Del Piero dan ia berteman baik dengan vokalis/gitaris Noel Gallagher. Gallagher dianggap oleh Del Piero sebagai maskot keberuntungan timnas Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006. Del Piero juga sempat muncul di video klip lagu Oasis terbaru Lord Don't Slow Me Down.

Comments