Dashboard WP

Sore ini saya membuka email di google dan betapa terkejutnya saya ketika melihat sebuah pesan dari saudara rezki.

ia menanyakan tentang fitur-fitur wordpress kepada saya. Betapa terkejutnya saya karena postingan tersebut hanya saya copas dari mas fatih yang notabene lebih mengenal wordpress dari pada saya.

ada beberapa hal yang ia tanyakan yaitu tentang membuat readmore, spamblok, blogroll, banner di sidebar, yang lain silahkan liat disini.

Terang saja saya terkejut karena baru kali ini seseorang bertanya tentang wordpress kepada saya. Seolah-olah saya adalah orang yang telah amat mengenal wordpress. Aduh terima kasih mas atas atensinya, tapi saya juga baru belajar kok untuk mengenal fitur-fitur wp ini.

Apalagi saya juga baru aja mempunyai blog yang selfhosted sendiri di webhost (sama-sama gratisan kah, kalo saya iya. btw, kunjungi ya jitak neh. hehehehe)

lanjut...

saya hanya bisa menjawab beberapa pertanyaan mas yaitu yang terkait dengan readmore, blogroll dan akismet (spam block).

Menurut tulisan beberapa blogger senior yang saya baca, membuat readmore pada platform wp lebih mudah daripada blogger.

Caranya...

Setelah kita selesai menulis kita tinggal mengubah mode visual menjadi html.

 

[caption id="attachment_186" align="alignnone" width="300" caption="how to make readmore on wordpress"]how to make readmore on wordpress[/caption]

Pada mode html ini terdapat beberapa pilihan yang salah satunya adalah more.

Untuk membuat postingan ada readmore-nya, kita tinggal mengklik pilihan more tersebut setelah paragraf/kalimat yang kita inginkan.

[gallery link="file" columns="2"]

Blogroll

Membuat blogroll atau tampilan link blog atau situs teman-teman kita atau situs yang sering dikunjungi malah lebih mudah lagi. Pada Dashboard anda pilih taut atau link. Kemudian anda klik tambah baru dan isilah nama teman tersebut atau nama blognya lengkap dengan alamatnya. (ctt: alamatnya harus dimulai dengan http://namasitus.com)

Blocking Spam

Sedangkan akismet atau spam block, adalah fitur yang telah tersedia dalam wordpress. fitur ini dapat ditemukan pada tampilan (appearance) >> widget.

Pada kondisi mas rezki akismet sudah ada dalam instalasi wordpress. Yang diperlukan hanya mengaktifkannya. Cara mengaktifkannya gampang banget yaitu kita tinggal memasukkan key aktivasinya.

Saya tidak tahu dimana letak key aktivasinya dalam wordpress yang hosting sendiri, untuk mengaktifkan akismet pada situs saya di khandrautama.co.cc saya menggunakan key yang ada pada blog saya ini.

Setelah key dimasukkan akismet langsung aktif akan tetapi tidak terlihat pada halaman depan situs. Bagi yang ingin memunculkannya anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

Pada dashboard masuklah pada menu tampilan (appearance) lalu pilih widget. Maka akan tampil widget-widget yang terinstal secara default pada situs anda tersebut. Carilah widget akismet ini lalu tambahkan pada sidebar yang anda inginkan.

 

nah kira-kira segitu deh jawaban yang saya tahu. namanya juga newbie. Ada yang maw menambahkan.