Persiapan Ramadhan...

Bismillahirrahmanirrahim
Tak terasa tiga hari lagi umat islam akan menunaikan ikrarnya sebagai muslim dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa berarti menahan lapar dan haus dari mulai terbit matahari hingga terbenamnya ia pada waktu yang telah ditentukan. Tapi tentu saja pengertian barusan hanya pengertian orang awam. Bagi orang mukmin berpuasa berarti harus menahan segala hawa nafsunya. Tidak hanya pengekangan terhadap hawa nafsu yang dilakukan pada bulan ini, namun juga peningkatan kuantitas dan kualitas ibadah. Dengan melakukan hal tersebut maka Insya Allah kita akan mendapatkan derajat muttaqin, orang yang bertaqwa.

Standar taqwa tidak terpatok pada standar manusia, karena Allah yang menghitung perbuatan melalui malaikat yang ditugaskan. Namun ada baiknya kalau kita telah membuat standar sendiri yang akhirnya kita akan mengetahui apakah selama bulan puasa kita telah meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita dibanding hari-hari sebelumnya.

Untuk diriku sendiri aku mempunyai beberapa target:
  1. Meningkatkan kualitas shalat; tepat waktu, dan shalat sunnah (dhuha dan qiyamulail)
  2. Meningkatkan intensitas membaca Al-quran dan hapalan.
  3. Menghapal hadist Arbain
  4. Menjadi lebih sabar dan baik sangka terhadap Allah
  5. Menghilangkan kebiasaan merokok
Lima hal tersebut diatas yang menjadi standar bagi diri ini untuk diperbaiki pada bulan rahmat tersebut. Semoga dipermudah oleh Allah.

Lepas dari itu setiap kegiatan kita mestilah harus diiringi niat ikhlas karena Allah, karena walaupun kita telah berusaha sekuatnya untuk ikhlas, setan sering menggelincirkan niat kita. Dan amalan-amalan yang telah kita lakukan tertolak, Naudzubillahi min dzalik.

Akhirulkalam selamat menunaikan ibadah puasa...